Comscore Tracker

3 Fakta Dibona Ni Hariara, Film Pendek Karya Anak Muda Asal Bakkara

Mengisahkan tentang pilu perempuan, adat dan warisan

Medan, IDN Times - Rumah Karya Indonesia (RKI) bersama RKI DOCS bekerjasama dengan komunitas Naiposo hariara Bakkara, Humbang Hasundutan, menggagas produksi film pendek berjudul Dibona Ni Hariara.

Produksi film ini diawali dengan workshop produksi film yang di laksanakan pada Sabtu (22/10/2022) dan Minggu (23/10/2022) lalu, menghasilkan para muda mudi desa yang siap berkolaborasi menciptakan film daerah.

Berlokasi di Bakkara, workshop dihadiri oleh muda mudi desa dan dilatih oleh profesional dari RKI DOCS. Melalui workshop ini mempersiapkan muda mudi menggagas konsep cerita dan menambah pengetahuan tantang produksi film.

Selama 2 minggu dilakukan pengembangan dan analisa naskah secara online bersama tim RKI Docs di Medan.

Tepat pada Sabtu (12/11/2022) dan Minggu (13/11/2022), para muda mudi siap bersama-sama memproduksi film pendek yang juga berkolaborasi dengan masyarakat setempat.

1. Mengangkat kisah pilu seorang perempuan tahun 1980

3 Fakta Dibona Ni Hariara, Film Pendek Karya Anak Muda Asal BakkaraProduksi film pendek berjudul Dibona Ni Hariara (Dok. Istimewa)

Film ini disutradarai oleh Indrianto Banjarnahor. salah seorang peserta workshop yang menulis naskah cerita tentang perempuan, adat dan warisan.

Indrianto mengangkat kisah pilu seorang perempuan pada tahun 1980 yang masih banyak di temukan peran perempuan dalam hak waris marga.

Eksekutif produser, Ori semloko mengungkapkan, bahwa cerita cerita lokal adalah kekuatan bagi eksistensi perfilman di sumatera utara.

"Kekuatan cerita lokal adalah kekuatan bagi pegiat film untuk mempertontonkan karyanya ke tingkat nasional bahkan internasional," ujar Ori Semloko, pada Selasa (22/11/2022).

Seluruh pemain dalam film ini diperankan oleh warga bakkara. Yemima lumbangaol terpilih sebagai pemeran utama dan juga melibatkan orangtua dari desa tersebut.

2. Ditayangkan secara premiere pada acara Gondang Naposo

3 Fakta Dibona Ni Hariara, Film Pendek Karya Anak Muda Asal BakkaraProduksi film pendek berjudul Dibona Ni Hariara (Dok. Istimewa)

Eksekutif Produser, Ojax Manalu mengungkap, bahwa film ini akan ditayangkan secara premiere pada acara Gondang Naposo desa Marbun Tonga Marbun Dolok.

"Gondang Naposo merupakan pesta muda-mudi Batak Toba sebagai sarana membina hubungan antara generasi muda. Pada kesempatan yang sama, kerja kolaborasi lintas komunitas sebagai momentum pemajuan kebudayaan dan lahirnya aktivitas kesenian di sumatera utara," ungkap Ojax.

3. Akan di ikutkan ke berbagai festival film

3 Fakta Dibona Ni Hariara, Film Pendek Karya Anak Muda Asal BakkaraProduksi film pendek berjudul Dibona Ni Hariara (Dok. Istimewa)

Produser Film, Barita Lumbanbatu, menyampaikan harapannya, semoga film ini dapat menjadi trigger (pemicu) bagi muda mudi untuk berani berkarya dan menambah wawasannya.

"Film ini juga akan di ikutkan ke berbagai festival film di tingkat nasional dan internasional. Ke depan kerja produksi seperti ini dapat menjadi konsep untuk daerah lain dalam membangun aktivitas kesenian bagi generasi muda," pungkasnya.

Baca Juga: Potret Geopark Sipinsur, Menatap Indahnya Danau Toba dari Humbahas

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya