Comscore Tracker

6 Fakta Enma, Kera Sakti yang Jadi Kuchiyose Hiruzen Sarutobi

Tetap setia hingga hokage ketiga mati

Rata-rata ninja punya kuchiyosenya sendiri. Alias hewan yang punya kontrak dengannya dan bisa dipanggil kapan saja untuk membantu.

Di Boruto, Konohamaru Sarutobi memanggil Enra. Itu adalah kera kecil yang sakti. Tapi sang cucu tentu terinspirasi dari kakeknya Hiruzen Sarutobi yang punya Enma. 

Enma adalah kera besar yang sakti dan bisa mengubah diri jadi tongkat. Seperti halnya Enra. Berikut fakta tentang Enma, kuchiyose sang hokage ketiga.

1. Nama Enma terinspirasi dari dewa Yama

6 Fakta Enma, Kera Sakti yang Jadi Kuchiyose Hiruzen Sarutobicrunchyroll.com/naruto-shippuden

Enma terinspirasi dari nama Jepang untuk dewa Yama. Yama adalah salah sosok hakim, yang mengadili seseorang di akhirat saat mereka mati. 

Dalam mitologi, Yama adalah yang menentukan apakah orang tersebut baik atau jahat, dan keputusan itu akan menentukan nasib sosok yang dia adili. 

2. Sudah melayani Hiruzen sejak sang Hokage Ketiga masih muda, dan menemaninya di momen akhir Hiruzen hidup

6 Fakta Enma, Kera Sakti yang Jadi Kuchiyose Hiruzen Sarutobicrunchyroll.com/naruto-shippuden

Enma sudah jadi Kuchiyose Hiruzen Sarutobi sejak masa lalu, saat Jiraiya dan kawan-kawan masih kecil. Enma juga ikut melawan Orochimaru di masa lalu.

Enma sang Raja Kera pun masih menjadi Kuchiyose Hiruzen di pertarungan akhirnya sebelum dia mati, saat melawan Orochimaru di Konoha Crush. 

3. Bisa menjadi senjata

6 Fakta Enma, Kera Sakti yang Jadi Kuchiyose Hiruzen Sarutobicrunchyroll.com/naruto-shippuden

Enma memiliki kemampuan yang unik untuk Kuchiyose. Dia bisa berubah menjadi tongkat yang dapat memanjang dan membesar, seperti tongkat Sun Wukong dalam kisah Saiyuki. Tongkat ini juga memiliki ketahanan yang luar biasa.

Yang bikin tongkat ini makin istimewa adalah kemampuannya untuk bergerak sendiri, dan juga menciptakan tongkat tiruan dalam jumlah banyak. 

Nama teknik ini adalah Henge: Kongōnyoi dan sejauh ini hanya bisa digunakan oleh Kuchiyose kera. Selain Enma, teknik ini juga bisa digunakan oleh Enra, keranya Konohamaru.

Baca Juga: 7 Prestasi Sakura, Istri Sasuke yang Dianggap Beban di Naruto

4. Pengaruh Sun Wukong terasa sekali

6 Fakta Enma, Kera Sakti yang Jadi Kuchiyose Hiruzen SarutobiEnma (crunchyroll.com/Naruto Shippuden)

Di poin dua, saya sudah menyebut kemiripan salah satu kemampuan Enma dengan senjata Sun Wukong.

Secara keseluruhan, Enma ini memang terasa memiliki banyak pengaruh Wukong. Mulai dari wujud tongkatnya, kemampuan-kemampuannya, serta fakta dasar kalau dia ini ya kera. 

5. Salah satu Kuchiyose yang menggunakan ikat kepala Konoha

6 Fakta Enma, Kera Sakti yang Jadi Kuchiyose Hiruzen Sarutobicrunchyroll.com/naruto-shippuden

Uniknya, Enma menggunakan ikat kepala Konoha. Itu tampak menunjukkan kalau dia memang benar-benar loyal pada desa dari pemanggilnya, Hiruzen.

Selain Enma, Kuchiyose lain yang mengenakan ikat kepala Konoha adalah Kame, kura-kura yang dipanggil Guy, serta anjing-anjing Ninken Kakashi. 

6. Kontrak tetap berlaku meski Hiruzen sempat mati

6 Fakta Enma, Kera Sakti yang Jadi Kuchiyose Hiruzen Sarutobicrunchyroll.com/naruto-shippuden

Jadi, kita sudah melihat Enma sudah menemani Hiruzen sejak Hiruzen muda. Enma pun ternyata masih setia setelah Hiruzen sudah mati. 

Ingat ketika Hiruzen bangkit kembali dalam wujud Edo Tensei saat menghadapi Jyuubi? Munculnya Enma pun membuktikan bahwa ia loyal pada kontraknya bersama Hiruzen bahkan setelah ia mati! Kalau kamu perhatikan, ia pun mampu menarik pedang Kusanagi dan membawanya hilang dari tangan Orochimaru!

Nah, bagaimana menurut kamu tentang Enma? Salah satu kuchiyose favorit kan?

Artikel ini sudah tayang di Duniaku dengan judul 6 Fakta Enma, Kuchiyose Hiruzen Sarutobi di Naruto! ditulis oleh Adhitya Daniel

Baca Juga: 5 Kemungkinan Alasan Hiruzen Biarkan Naruto Hidup Sendiri Sejak Kecil

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya