Comscore Tracker

Ternyata Hewan Peliharaan Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mental

Hewan peliharaan meningkatkan motivasi hidup

Banyak yang bilang bahwa hewan peliharaan bisa bantu jaga kesehatan mental pemiliknya. Apakah benar demikian? Penelitian yang dilakukan Mental Health Foundation bersama Cats Protection pada 2011, punya jawabannya. Penelitian tersebut melibatkan lebih dari 600 responden yang memiliki kucing dan bukan pemilik kucing, dengan setengahnya memiliki masalah kesehatan mental.

Hasilnya, 87 persen dari responden yang memiliki kucing merasa hal itu berdampak positif pada kesejahteraan mereka. Sementara itu, 76 persen mengatakan bahwa mereka dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik berkat ditemani teman-teman kucing mereka. Sepertiga responden juga mengatakan bahwa mengelus kucing adalah aktivitas yang menenangkan.

Hewan peliharaan bisa menjadi sahabat yang baik. Mereka juga baik untuk kesehatan mental. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan, jika kamu memiliki hewan peliharaan seperti dilansir dari Halodoc:

1. Mengurangi Stres

Ternyata Hewan Peliharaan Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mentalmedvisit

Mengelus hewan peliharaan dapat meredakan stres, bahkan juga mampu menurunkan tekanan darah. Bagi beberapa orang, melihat ikan berenang di akuarium juga bisa membantu mengurangi stres dan membuat rileks.

Baca Juga: 8 Misteri di Istana Maimun yang Banyak Dikenal Masyarakat

2. Mendapatkan “Persahabatan”

Ternyata Hewan Peliharaan Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mentalwww.cdc.gov/healtypets

Hewan peliharaan bisa menjadi penyayang, menerima, setia, jujur, dan konsisten. Jika kamu merasa kesepian dan butuh dukungan, hewan peliharaan dapat membantu.

3. Memenuhi Kebutuhan Manusia untuk Disentuh

Ternyata Hewan Peliharaan Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mentalhttps://www.koreaboo.com/lists/kpop-idols-pets-adorable/#image

Kebanyakan orang merasa lebih baik ketika melakukan kontak fisik dengan orang lain. Jika sedang tidak memungkinkan untuk berkontak fisik dengan orang terdekat, kamu bisa mengelus hewan peliharaan kamu, dan mendapatkan sensasi serupa.

4. Meningkatkan Motivasi Hidup

Ternyata Hewan Peliharaan Bisa Bantu Jaga Kesehatan MentalSumber internet

Sebagian besar hewan peliharaan memerlukan rutinitas makan, pembersihan, dan olahraga. Ini dapat memberimu tujuan dan motivasi lebih dalam hidup, yang dapat membantu harga diri, kesejahteraan, dan kesehatan mental.

Jika kamu sedang mengalami stres atau depresi, seekor hewan peliharaan dapat membuat kamu merasa tidak sendirian dan kamu jadi merasa memiliki tanggung jawab untuk merawatnya.

5. Meningkatkan Interaksi Sosial

Ternyata Hewan Peliharaan Bisa Bantu Jaga Kesehatan MentalShiro Ang

Hewan peliharaan menciptakan peluang untuk interaksi sosial yang lebih baik, terutama jika kamu bergabung dengan klub hewan atau menghadiri pertunjukan hewan peliharaan. Pergi ke acara perkumpulan pemilik hewan peliharaan, pantai atau taman juga membantu meningkatkan jaringan sosial. 

Kamu juga bisa mendapatkan teman baru hanya dengan mengajak anjing berjalan-jalan atau menunggu di dokter hewan, misalnya.

Sebab, minat yang sama pada hewan peliharaan membantu kamu terhubung dengan orang lain.

6. Meningkatkan Kebugaran, Terutama Pemilik Anjing

Ternyata Hewan Peliharaan Bisa Bantu Jaga Kesehatan MentalPexels.com/Sam Lion

Jika kamu memiliki anjing, mereka perlu berjalan-jalan secara teratur, dan latihan ini juga baik untuk kamu. Olahraga, seperti berjalan kaki, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental dan kebahagiaan. 

Kamu juga bisa menggunakan waktu berjalan-jalan dengan anjing untuk meningkatkan kebugaran dan memanfaatkan aktivitas di luar ruangan untuk membantu kamu mengembangkan kesadaran dan relaksasi lebih lanjut.

Jika kamu takut dengan situasi sosial, atau fobia sosial, hewan peliharaan dapat membantu memperkenalkan kamu secara perlahan kepada orang lain yang juga memiliki hewan peliharaan dan meningkatkan kesehatan mental kamu.

Itulah beberapa manfaat memiliki hewan peliharaan bagi kesehatan mental. Jika kamu merasa memiliki gangguan kesehatan mental, jangan ragu untuk minta bantuan ahli. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan psikiater di rumah sakit, agar tidak perlu lama antri.

Baca Juga: Mengenal Bakhtiar Sibarani, Bupati Tapteng yang Bertabur Prestasi

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya