Comscore Tracker

3 Vitamin yang Terkandung Dalam Tomat dan Manfaatnya untuk Tubuh Kamu

Tomat bisa membantu mencegah kanker

Sering dikira sayuran, tomat adalah buah yang kaya akan nutrisi, termasuk vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Lantas, apa saja vitamin yang terkandung dalam tomat?

Selain rasanya yang enak dan cocok diolah menjadi apa saja, tomat juga kaya akan vitamin dan banyak nutrisi lainnya.

Yuk, simak lebih lanjut dalam pembahasan ini!

Baca Juga: Menyimpang dari IMB, Pemko Medan Bongkar Paksa Bangunan Rumah Mewah

1. Ada 3 jenis vitamin yang terkandung dalam tomat

3 Vitamin yang Terkandung Dalam Tomat dan Manfaatnya untuk Tubuh Kamuilustrasi tomat (pixabay.com/congerdesign)

Dilansir dalam situs Halodoc, ada beberapa vitamin yang terkandung dalam tomat, yaitu:

  • Vitamin C. Satu buah tomat berukuran sedang dapat memenuhi 28 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C adalah antioksidan penting yang bisa bantu jaga kekebalan tubuh.
  • Vitamin K1. Vitamin K1 atau phylloquinone punya fungsi penting dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang.
  • Vitamin B9 (folat). Vitamin B9 atau populer disebut folat sangat penting untuk pertumbuhan jaringan normal dan fungsi sel.

2. Berbagai nutrisi penting lain yang terkandung dalam tomas

3 Vitamin yang Terkandung Dalam Tomat dan Manfaatnya untuk Tubuh Kamualodokter.com

Itu tadi berbagai vitamin yang terkandung dalam tomat. Selain vitamin, buah ini juga memiliki banyak nutrisi penting lain. Termasuk kalium, yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan pencegahan penyakit jantung.

Kandungan air dalam tomat adalah sekitar 95 persen, sedangkan 5 persen lainnya terdiri dari karbohidrat dan serat. Karbohidrat dalam tomat berukuran sedang (123 gram) adalah sekitar 5 gram.

Sementara itu, kandungan serat dalam tomat adalah sekitar 1,5 gram, dari buah tomat yang berukuran sedang. Sebagian besar serat dalam tomat adalah jenis serta tidak larut, berupa hemiselulosa, selulosa, dan lignin.

Selain berbagai vitamin yang terkandung dalam tomat yang tadi dijelaskan, buah ini juga mengandung banyak senyawa penting, seperti:

  • Likopen. Sebuah pigmen merah dan antioksidan, likopen telah lama dipercaya bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  • Beta karoten. Ini adalah antioksidan yang sering memberi warna kuning atau oranye pada makanan. Di dalam tubuh, beta karoten diubah menjadi vitamin A.
  • Naringenin. Ditemukan di kulit tomat, flavonoid ini dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari berbagai penyakit.
  • Asam klorogenat. Merupakan senyawa antioksidan kuat, yang dapat menurunkan tekanan darah pada pengidap hipertensi.

3. Manfaat tomat bagi kesehatan tubuh

3 Vitamin yang Terkandung Dalam Tomat dan Manfaatnya untuk Tubuh Kamupixabay/Bru-nO

Berkat vitamin yang terkandung dalam tomat, dan berbagai nutrisi lainnya, tak heran jika buah ini punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan yang perlu diketahui:

1. Menjaga Kesehatan jantung
Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Kandungan kalium dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Selain itu, likopen dalam buah ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

2. Membantu Mencegah Kanker
Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali dan bisa menyebar di dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah tomat, diyakini mampu menurunkan risiko kanker. Namun, penelitian lebih lanjut mengenai ini masih diperlukan.

3. Menjaga Kesehatan Kulit
Seperti dijelaskan tadi, vitamin C adalah salah satu vitamin yang terkandung dalam tomat. Vitamin ini telah lama diyakini bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. 

Nah, itulah pembahasan mengenai vitamin yang terkandung dalam tomat, nutrisi penting lainnya, dan manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Dapat diketahui bahwa buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena kaya akan nutrisi.

Jadi, jangan lupa masukkan tomat dalam menu makan sehari-hari kamu, ya. Kalau kamu mengalami keluhan kesehatan, segera download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit favorit kamu.

Baca Juga: Biar Gak Kena Tilang, 6 Cara Aman Membawa Barang dengan Sepeda Motor

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya