Comscore Tracker

Jika Melewatkan Sarapan di Pagi Hari, Ini yang Bakal Kamu Rasakan!

Intip penjelasannya di sini 

Medan, IDN Times - Bagi sejumlah orang, kebiasaan sarapan sebelum beraktivitas merupakan hal yang penting. Namun, masih disayangkan menu yang dikonsumsi umumnya belum memenuhi kebutuhan sarapan bergizi yang seimbang dan mengandung serat. Sejumlah masyarakat masih menganggap sarapan hanya sekedar mengisi perut tanpa memenuhi kelengkapan gizi dan kandungan seratnya.

Bahkan beberapa di antaranya, masih ada yang melewatkan sarapan di pagi hari. Sudah kah kamu sarapan sehat setiap pagi? atau tidak sama sekali? Ini yang kamu rasakan, jika melewatkannya. Intip penjelasannya di sini!

1. Pentingnya sarapan sehat bergizi lengkap dan mengandung serat setiap hari

Jika Melewatkan Sarapan di Pagi Hari, Ini yang Bakal Kamu Rasakan!Pixabay/shixugang

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng M. Faqih, menyampaikan, pentingnya sarapan sehat bergizi lengkap dan mengandung serat setiap hari. Sarapan yang baik adalah sarapan sehat bergizi dan mengandung serat.

"Di Indonesia masih banyak masyarakat yang masih kekurangan serat, padahal serat  sangat penting, karena memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, khususnya pada saat sarapan," ujarnya.

"Sarapan dengan serat dapat membuat tubuh mendapat asupan, sehingga tidak mudah lapar dan cenderung tidak makan berlebihan. Untuk itu, sarapan yang baik merupakan awal penting untuk menjalani hari yang produktif dengan penuh semangat, menjaga berat badan yang sehat dan dapat berkonsentrasi dengan baik," tambahnya.

Baca Juga: Cocok untuk Sarapan! Cara Membuat Soto Ayam yang Lezat dan Praktis

2. Ini yang kamu rasakan jika melewatkan sarapan di pagi hari

Jika Melewatkan Sarapan di Pagi Hari, Ini yang Bakal Kamu Rasakan!foodmatters.tv

Sementara itu, menurut Prof. Hardinsyah, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia bahwa jika melewatkan sarapan (skipping breakfast) apa lagi bagi anak sekolah membuat tubuh menjadi lesu, tidak bersemangat dan ceria serta sulit berkonsentrasi sehingga membuat tidak produktif.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Pergizi Pangan Indonesia pada tahun 2012, terbukti 9 dari 10 anak usia sekolah 6-12 tahun di Indonesia juga mengalami kekurangan serat saat sarapan.

Padahal terpenuhinya kebutuhan serat saat sarapan itu penting, jangan sarapan asal kenyang saja, tetapi harus dengan menu sarapan bergizi dan berserat sebagai ciri sarapan sehat.

“Menu sarapan bergizi dan berserat menghasilkan berbagai manfaat untuk tubuh, salah satu manfaat sarapan berserat adalah baik untuk pencernaan dan juga memberikan efek kenyang lebih lama. Karena itu, mengonsumsi sarapan bergizi, berserat dan sehat setiap hari adalah modal penting agar tubuh sehat dan siap beraktivitas," jelasnya.

3. Energen sejak 2015, mengkampanyekan pentingnya kebiasaan sarapan dengan kelengkapan gizi

Jika Melewatkan Sarapan di Pagi Hari, Ini yang Bakal Kamu Rasakan!marketeers

Cynthia Ruslan, Sr. Brand Manager Energen, menyampaikan karena melihat kebiasaan itu, Energen sejak 2015, mengkampanyekan pentingnya kebiasaan sarapan dengan kelengkapan gizi. Komitmen itu juga dibuktikan dalam rangka memperingati Pekan Sarapan Nasional yang jatuh pada tanggal 14-20 Februari 2021 dan menyambut Hari Sereal pada Maret 2021.

“Sarapan yang sehat adalah sarapan yang bergizi dan kaya serat. Serat adalah salah satu sumber nutrisi penting yang mampu bantu pencernaan untuk menyerap nutrisi secara maksimal, sehingga tubuh kita sehat dan siap beraktivitas," ucapnya.

Melalui kampanye ‘Segelas Energen Sereal Kaya Serat Setiap Hari, Badan Sehat, Siap Beraktivitas’, kami mengajak penduduk Indonesia untuk menerapkan kebiasaan sarapan sehat yang bergizi lengkap dan kaya serat seperti Energen sereal yang bergizi lengkap dapat dijadikan pilihan tepat untuk sarapan sehari-hari.

Baca Juga: 6 Makanan Ini Ternyata Kurang Baik untuk Sarapan, Sudah Tahu?

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya