Comscore Tracker

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Cara Alami

Kamu gak khawatir lagi makan apapun

Gigi sensitif adalah kondisi dimana gigi Anda menjadi terasa nyeri atau terbakar ketika terpapar dengan rangsangan seperti suhu, tekstur, atau cairan tertentu. Hal ini bisa terjadi karena lapisan email gigi yang tipis atau terkelupas, atau karena adanya kerusakan pada jaringan yang mendukung gigi.

Mengatasi gigi sensitif tidak harus selalu dengan menggunakan obat-obatan atau perawatan yang mahal. Ada beberapa cara alami yang bisa Anda coba untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi sensitif. Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda coba.

1. Gunakan sikat gigi yang lembut 

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Cara Alamiilustrasi sikat gigi (pexels.com/Castorly Stock)

Menggunakan sikat gigi yang lembut merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi serta mencegah timbulnya masalah seperti gigi sensitif, gusi yang bengkak, atau gigi yang mudah patah.

Sikat gigi yang lembut memiliki bulu sikat yang terbuat dari bahan sintetis atau nylon yang lembut dan tidak mudah rusak. Bulu sikat ini tidak akan merusak lapisan email gigi atau menyebabkan iritasi pada gusi seperti sikat gigi yang terlalu keras.

Selain itu, sikat gigi yang lembut juga lebih efektif dalam mengangkat plak dan kotoran pada gigi dan mulut. Hal ini karena bulu sikat yang lembut akan lebih mudah mencapai daerah yang sulit dijangkau seperti di antara gigi atau di belakang gigi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali atau setelah bulu sikatnya mulai rusak. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setelah sakit atau jika Anda menggunakan obat-obatan yang dapat mempengaruhi kelembutan bulu sikat.

2. Hindari makanan dan minuman yang terlalu dingin atau panas

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Cara Alamiilustrasi hidangan makan dan minum (unsplash.com/Pooja Chaudhary)

Makanan dan minuman yang terlalu dingin atau panas dapat merusak kesehatan gigi dan menyebabkan sensasi sakit yang tidak nyaman. Hal ini dapat terjadi karena makanan atau minuman yang terlalu dingin atau panas dapat menyebabkan perubahan suhu dan tekanan di dalam mulut, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi dan jaringan lunak di sekitarnya.

Untuk menghindari masalah ini, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  • Gunakan sendok atau garpu untuk makanan yang terlalu panas. Ini akan membantu mengurangi kontak langsung antara makanan dengan gigi dan jaringan lunak Anda.
  • Gunakan takar minuman. Jika Anda menggunakan cangkir atau gelas yang besar, maka Anda mungkin akan tergoda untuk mengisi dengan minuman yang terlalu dingin atau panas. Gunakan takar minuman yang kecil agar Anda tidak terlalu banyak minum minuman yang terlalu dingin atau panas dalam satu waktu.
  • Bersikap hati-hati saat menyajikan makanan atau minuman yang terlalu dingin atau panas. Jika Anda menyajikan makanan atau minuman yang terlalu dingin atau panas pada anak-anak atau orang yang lebih tua, sebaiknya bersikap hati-hati agar tidak terjadi kecelakaan.

Dengan mengikuti beberapa langkah ini, Anda dapat menghindari makanan atau minuman yang terlalu dingin atau panas yang dapat merusak kesehatan gigi Anda.

3. Gunakan air garam untuk mencuci mulut

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Cara Alamiilustrasi garam (pexels.com/Tara Winstead)

Air garam dapat digunakan sebagai solusi alami untuk membersihkan mulut dan menjaga kesehatan gigi. Garam merupakan bahan yang telah lama digunakan untuk membersihkan mulut dan gigi, karena memiliki sifat antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan mencegah infeksi.

Air garam juga dapat membantu mengurangi bau mulut dan mencegah terjadinya plak dan karang gigi. Plak adalah lapisan tipis bakteri yang menempel pada permukaan gigi, sedangkan karang gigi adalah lapisan keras yang terdiri dari kalsium dan fosfor yang menempel pada permukaan gigi. Plak dan karang gigi dapat menyebabkan gigi berlubang dan gigi berbau.

Untuk menggunakan air garam sebagai solusi pembersih mulut, campurkan satu sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga tercampur rata, lalu gunakan campuran tersebut untuk mencuci mulut selama 30 detik. Bilas mulut dengan air bersih setelahnya.

Dengan demikian, menggunakan air garam sebagai solusi alami untuk membersihkan mulut dan menjaga kesehatan gigi dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menjaga kebersihan mulut dengan cara yang alami dan efektif. Namun, sebaiknya Anda tidak terlalu sering menggunakannya dan selalu ingat untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluor untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Fluor merupakan bahan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak menggantikan pasta gigi dengan air garam, tetapi gunakan air garam sebagai tambahan dalam rutinitas mencuci gigi sehari-hari.

Baca Juga: Gigi Tidak Rapi Bisa Tingkatkan Risiko Gigi Berlubang

4. Hindari menggigit makanan yang keras

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Cara Alamiilustrasi orang makan (pixabay.com/RyanMcGuire)

Menggigit makanan yang keras dapat merusak gigi dan merusak struktur gigi. Ini dapat menyebabkan terjadinya gigi retak atau bahkan hilang. Selain itu, menggigit makanan yang keras dapat menyebabkan sakit gigi atau sakit pada sendi rahang. Untuk menghindari masalah ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi Anda.

Pertama, hindari makanan yang keras sebisa mungkin. Makanan seperti kacang-kacangan, permen karet, dan permen kristal dapat merusak gigi Anda jika Anda terlalu sering menggigitnya. Jika Anda tidak bisa menghindari makanan ini, pastikan untuk memotongnya menjadi potongan-potongan kecil sebelum Anda menggigitnya.

Kedua, gunakan teknik menggigit yang benar. Ketika Anda menggigit makanan yang keras, pastikan untuk menggigitnya dengan bagian depan gigi Anda bukan dengan gigi taring. Ini akan membantu mencegah kerusakan pada gigi Anda.

Dengan mengikuti saran-saran ini, Anda dapat menghindari masalah gigi yang disebabkan oleh menggigit makanan yang keras dan menjaga kesehatan gigi Anda secara keseluruhan.

5. Gunakan obat herbal seperti daun sirih, jahe, atau kunyit 

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Cara Alamiilustrasi daun sirih (istockphoto.com/buydeephoto)

Obat herbal seperti daun sirih, jahe, dan kunyit merupakan pilihan yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi. Daun sirih misalnya, telah lama digunakan sebagai obat sakit gigi alami. Daun sirih mengandung senyawa antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi, sekaligus mengurangi inflamasi dan nyeri yang disebabkan oleh sakit gigi.

Jahe juga merupakan obat herbal yang efektif untuk mengobati sakit gigi. Jahe mengandung zingiberene, senyawa yang memiliki sifat analgetik dan antiinflamasi. Jahe juga dapat membantu mengurangi bakteri penyebab sakit gigi dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sakit gigi.

Kunyit, selain memiliki sifat antiinflamasi, juga merupakan obat herbal yang efektif untuk mengobati sakit gigi. Kunyit mengandung curcumin, senyawa yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi, sekaligus mengurangi inflamasi dan nyeri yang disebabkan oleh sakit gigi.

6. Kunjungi dokter gigi jika rasa sakit tidak hilang dengan cara alami

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Cara Alamiilustrasi dokter gigi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Menggunjungi dokter gigi jika rasa sakit tidak hilang dengan cara alami adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Rasa sakit yang tidak hilang dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang lebih serius, seperti infeksi atau kerusakan gigi. Kunjungi dokter gigi akan membantu mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang mendasari, serta membantu mencegah masalah kesehatan yang lebih lanjut di kemudian hari.

Meskipun ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit, seperti menggunakan obat penghilang rasa sakit alami atau menggunakan teknik relaksasi untuk mengurangi stres, tidak semua masalah kesehatan gigi dapat diatasi dengan cara-cara tersebut. Jika rasa sakit tidak hilang setelah mencoba berbagai cara alami, maka kunjungi dokter gigi adalah langkah terbaik yang dapat dilakukan.

Kunjungi dokter gigi juga dapat membantu mencegah masalah kesehatan yang lebih serius di kemudian hari. Masalah gigi yang tidak diatasi dapat menyebabkan kerusakan gigi yang lebih lanjut, infeksi yang lebih parah, atau bahkan masalah kesehatan lainnya. Kunjungi dokter gigi akan membantu mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang mendasari sebelum masalah tersebut semakin parah.

Dalam menjaga kesehatan gigi, kunjungi dokter gigi secara teratur adalah langkah yang sangat penting. Kunjungi dokter gigi secara teratur akan membantu mencegah masalah kesehatan gigi sebelum mereka semakin parah, serta membantu menjaga gigi dan mulut dalam keadaan sehat. Jadi, jika Anda merasa sakit gigi yang tidak hilang dengan cara alami, segera kunjungi dokter gigi untuk mengatasi masalah tersebut. Selamat mencoba!

Baca Juga: Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, 5 Cara agar Gigi Tetap Sehat

Deyuri Farizi Photo Community Writer Deyuri Farizi

Hi! Deyuri Farizi article writer idn times here

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya