Comscore Tracker

Ini 5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Jauhi makanan dan minuman pantangan

Sakit tenggorokan merupakan gejala utama yang sering dikeluhkan orang yang didiagnosis dengan COVID-19 Omicron. Selama pandemi ini, sakit tenggorokan atau gatal pada tenggorokan mungkin telah lama diabaikan karena dianggap bukan masalah besar.

Namun, kenyataannya sekarang sakit tenggorokan merupakan gejala awal Omicron yang perlu diatasi segera. 

Belum ada obat yang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan akibat COVID-19 Omicron.

Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat sakit tenggorokan. Berikut beberapa cara yang dapat membantu. Yuk simak

1. Banyak Minum Cairan

Tubuh akan meradang dan memproduksi lendir berlebih saat sakit atau radang tenggorokan. Hal tersebut merupakan respon tubuh untuk mengeluarkan virus yang ada di tubuh. Dengan banyak minum cairan, dapat menjaga tubuh terhidrasi dan tenggorokan terbantu untuk lebih nyaman. 

Pengidap direkomendasikan untuk minum air dalam suhu ruang (bukan air dingin es) untuk menjaga kelembapan tenggorokan. Jika ingin tenggorokan lebih nyaman, kamu juga bisa minum air hangat yang dicampur dengan perasan lemon atau satu sendok teh madu. 

Baca Juga: 3 Vitamin yang Terkandung Dalam Tomat dan Manfaatnya untuk Tubuh Kamu

2. Perbanyak Istirahat

Ini 5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokanilustrasi tidur (pexels.com/cottonbro)

Apa pun sakit yang kamu idap, memperbanyak istirahat sangat direkomendasikan untuk proses pemulihan dari sakit. 

Hal tersebut karena saat sakit tubuh memerlukan banyak energi untuk melawan sumber penyakit. Dengan banyak istirahat, proses penyembuhan penyakit infeksi virus seperti flu akan sangat membantu. 

3. Jauhi Makanan dan Minuman Pantangan

Sebaiknya tahan dulu konsumsi makanan dan minuman yang dapat memperburuk sakit tenggorokan. Salah satu yang harus dihindari yaitu minuman beralkohol karena dapat menyebabkan dehidrasi. 

Hindari juga minuman dan makanan yang tinggi gula dalam kemasan. Selain itu, batasi atau hentikan sementara konsumsi kafein seperti kopi, teh, cokelat, soda, dan minuman berenergi. Karena seperti yang diketahui, minuman berkafein dapat membuat pengidap penyakit akan susah beristirahat. 

4. Konsumsi Makanan Bergizi dan Bernutrisi Tinggi

Ini 5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokanpexels.com

Makanan bergizi seimbang sangat diperlukan. Terutama makanan protein minim lemak jahat, sayur dan buah, serta karbohidrat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Dengan menjaga makanan bergizi lengkap dan seimbang, sistem imun tubuh akan lebih kuat. Proses pemulihan sakit pun dapat berjalan lebih cepat. 

5. Coba Juga Bahan Herbal

Ini 5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokanfreepik.com

Tidak ada salahnya juga untuk mengonsumsi bahan-bahan herbal untuk menunjang pemulihan. Misalnya jahe, kunyit, dan madu. Jahe diketahui mampu mengurangi peradangan, termasuk saat tenggorokan. Sedangkan kunyit mengandung kaya antioksidan untuk melawan penyakit parah, infeksi dan luka. Begitu juga dengan madu yang telah lama digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan. 

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi sakit tenggorokan, pastikan juga untuk selalu terhubung dengan dokter.

Baca Juga: Kesulitan Kenal Huruf, Ini Solusi untuk Anak yang Mengalami Disleksia

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya