TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips untuk Bangun Lebih Awal dan Berenergi

Biar hidup mu lebih sehat ,dan juga berenergi

ilustrasi seorang cewek yang lagi bangun pagi (pexels.com/Alena Shekhovtcova)

Bangun pagi bisa menjadi tantangan bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang terbiasa begadang atau memiliki jadwal yang tidak teratur. Namun, kebiasaan bangun pagi memiliki banyak manfaat, mulai dari meningkatkan produktivitas hingga memberikan waktu lebih banyak untuk kegiatan yang positif.

Berikut adalah lima tips yang dapat membantu kamu  untuk bangun pagi dengan lebih mudah dan konsisten.

1. Tidur lebih awal

Kunci utama untuk bangun pagi adalah memastikan kamu  mendapatkan cukup waktu tidur. Usahakan untuk tidur lebih awal agar tubuh mendapatkan istirahat yang cukup. Idealnya, orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam tidur setiap malam.

Mulailah dengan menentukan jam tidur yang tetap dan berusahalah untuk mematuhinya setiap malam.

2. Buat rutinitas malam yang menenangkan

Sebelum tidur, lakukan aktivitas yang menenangkan untuk membantu tubuh dan pikiran bersiap tidur. Hindari penggunaan gadget atau menonton televisi setidaknya satu jam sebelum tidur karena cahaya biru dari layar dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang mengatur tidur.

Cobalah membaca buku, mendengarkan musik yang menenangkan, atau meditasi  atau istirahat tubuh dan pikiran.

3. Atur alarm di tempat yang jauh

Letakkan alarm di tempat yang jauh dari tempat tidur kamu ,Ini memaksa kamu  untuk bangun dan keluar dari tempat tidur untuk mematikannya. Sekali Anda sudah bangun, akan lebih mudah untuk tetap terjaga daripada jika alarm berada dalam jangkauan tangan.

Pilih alarm dengan suara yang cukup keras tetapi tidak terlalu mengganggu agar Anda bisa bangun dengan cara yang lebih menyenangkan.

4. Dapatkan paparan cahaya pagi

Cahaya matahari di pagi hari membantu mengatur ritme sirkadian tubuh kamu , yaitu jam biologis yang mengatur siklus tidur dan bangun. Cobalah untuk mendapatkan paparan cahaya alami segera setelah bangun tidur, baik dengan membuka tirai atau berjalan-jalan di luar ruangan.

Paparan cahaya pagi juga membantu meningkatkan produksi serotonin , yang dapat membuat kamu merasa lebih segar dan siap memulai hari.

 

 

5. Tetapkan tujuan yang menarik untuk pagi hari

Motivasi adalah faktor penting dalam membangun kebiasaan bangun pagi. Tetapkan tujuan atau aktivitas yang kamu nantikan setiap pagi, seperti olahraga, membaca, atau sarapan sehat. Dengan memiliki sesuatu yang dinanti-nantikan,  kamu  akan merasa lebih termotivasi untuk bangun pagi dan memulai hari dengan semangat.

Bangun pagi mungkin memerlukan waktu dan usaha untuk menjadi kebiasaan, tetapi dengan konsistensi dan strategi yang tepat, kamu bisa melakukannya  Mulailah dengan tidur lebih awal.

Menciptakan rutinitas malam yang menenangkan, meletakkan alarm di tempat yang jauh, mendapatkan paparan cahaya pagi, dan menetapkan tujuan yang menarik untuk pagi hari. Dengan menerapkan tips-tips ini, kamu  akan dapat bangun pagi dengan lebih mudah dan menikmati manfaat dari waktu ekstra di pagi hari.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Air Lemon Hangat Tiap Pagi

Writer

Muhammad Fadhlan Zakiyya Wibowo

hai nama saya fadhlan saya adalah seorang mahasiswa jurusan tekink mesin yang berasal dari unnes

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya