TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jam Tidur Kacau Balau Setelah Liburan? Ini 8 Tips Agar Benar Kembali

Tenang aja, semua ada solusinya

Ilustrasi kurang tidur (Dok medicaldaily.com)

Hati-hati, kurang tidur membuatmu lemas dan malas beraktfitas di pagi hari lho. Belum lagi resiko terkena serangan jantung yang lebih besar. Itu berarti kamu harus kembali mengatur waktu tidurmu.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantumu mengembalikan rutinitas istirahatmu.

1. Lakukan hal-hal yang menenangkan

studybreaks.com

Saat mendekati waktu tidur yang diinginkan, kamu bisa mandi air hangat atau mendengarkan musik yang tenang terlebih dahulu. Itu agar tubuhmu lemas dan nyaman untuk masuk ke siklus tidur.

2. Dapatkan cahaya pagi

watchfit.com

Cahaya memberitahu waktu alami tubuhmu untuk terbangun. Untuk membantu proses ini, nyalakan lampu yang terang, membuka jendela atau jalan-jalan di pagi hari. Itu dapat mengatur ulang jadwal tidurmu.

3. Biarkan malammu gelap

videoblocks.com

Matikan lampu saat waktunya tidur serta jangan biarkan hal-hal seperti layar monitor laptop atau ponselmu menyala di sampingmu. Cahaya akan membuatmu otakmu waspada dan tetap terjaga.

4. Berolahraga

vitatalalay.com

Melatih ototmu untuk lebih kuat membantumu untuk lebih mudah tidur. Faktanya mereka yang berolahraga kurang lebih setidaknya 150 menit dalam seminggu memiliki kualitas tidur yang lebih baik di malam hari dan lebih mudah bangun di pagi hari.

5. Perhatikan apa dan kapan kamu makan

bedsheetadvisor.com

Organ-organ tubuh di dalam kita juga memiliki waktu sendiri untuk beraktifitas. Terlambat makan dalam bentuk makanan berat akan dapat mengubah ritme kerja tubuh. Makanlah kalori ketika memulai hari dan selanjutnya ringan untuk membantu tidurmu.

6. Usahakan waktu tidur siang sebentar

warriorfitnessadventure.com

Jika kamu memiliki kesempatan melakukan tidur siang, usahakan jangan terlalu lama. Paling baik adalah 20 menit hingga satu jam. Lebih dari itu, tubuhmu akan mengenalinya sebagai waktu tidur dan akan merubah siklus tidurmu.

7. Gunakan obat tidur

trustedmattress.com

Masalah tidurmu dapat diatasi dengan meminum obat tidur. Tetapi kamu perlu mengatur waktu konsumsinya. Solusi ini berguna untuk sesekali, namun tidak disarankan untuk jangka waktu lama.

Berita Terkini Lainnya