TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Siomay Ayam Keju yang Super Gurih, Camilan Favorit Sikecil

Cocok buat stok camilan di rumah, nih!

siomay ayam keju (pexels.com/Angela Roma)

Siomay adalah salah satu camilan berat khas Tionghoa yang sudah biasa beradaptasi dengan lidah orang Indonesia. Jika kamu pencinta siomay, cobalah kamu cicipi siomay ayam keju

Kreasi siomay yang satu ini benar-benar bikin candu. Cocok banget di lidah anak-anak yang juga suka keju. Penasaran? Yuk, simak resep lengkap siomay ayam keju di bawah ini!

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  1. 500 gram paha ayam fillet
  2. 200 gram tepung tapioka
  3. 1 blok keju mozzarella
  4. 2 butir putih telur
  5. 2 sendok makan bawang putih goreng
  6. 2 sendok makan saus tiram
  7. 2 sendok makan kecap asin
  8. 1 sendok makan minyak wijen 
  9. 1 1/2 sendok teh garam
  10. 2 sendok teh gula pasir
  11. 1 sendok makan kaldu jamur
  12. 6 kotak kecil es batu         

2. Cara membuat Siomay Ayam Keju

  1. Iris daging paha ayam fillet menjadi beberapa bagian sesuai selera. Sementara itu, iris juga keju mozzarella menjadi potongan dadu yang kecil. 
  2. Lalu, bagilah daging ayam menjadi 2 bagian. Bagian pertama, haluskan daging tersebut bersama tepung tapioka, putih telur, bawang putih goreng, saus tiram, dan sisa bahan lainnya kecuali keju mozzarella dan sisa daging paha ayam fillet.
  3. Jika memang sudah lembut, masukkan sisa daging paha ayam fillet dan haluskan kembali menggunakan blender daging dengan kecepatan sedang. Durasinya pun sebentar saja asalakan daging ayam masih bertekstur kasar. 
  4. Lalu, matikan blender dan campurkan adonan tadi bersama keju mozzarella secara manual. Siapkan kulit pangsit  dan hamparkan. 
  5. Ambillah adonan dengan takaran 1 sendok makan dan letakkan di atas 1 lembar kulit pangsit. Tutuplah dengan cara merekatkan secara bergelombang seperti bunga. 
  6. Kemdudian, kukuslah selama 30 menit hingga siomay pun matang. Akhirnya, siomay ayam keju siap disajikan. Keju lumernya bikin ngiler, lho!

3. Tips memasak

Beri tamburan adonan siomay dengan irisan wortel agar lebih cantik. Selain itu, olesi minyak goreng pada sisi-sisi kulit pangsit yang melengkung agar merekat sempurna. 

Jangan lupa, olesi permukaan alas panci tempat meletakkan siomay agar mudah diangkat. Bagaimana menurutmu, mudah bukan?

Verified Writer

Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa. Kadang makan, masak, gerak gak jelas, dan melamun. Follow me on instagram @lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya