TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Ayam Bakar Bumbu Merah yang Enaknya Menyala Banget

Wajib dicoba, deh!

ayam bakar bumbu merah (pexels.com/Nano Erdozain)

Ayam bakar dengan olesan bumbu kecap mungkin sudah biasa. Bagaimana jika kita ubah warnanya menjadi merah? Tentu, namanya pun berubah menjadi ayam bakar bumbu merah.

Hasil akhir ayam bakar ini cukup menggoda karena ada sentuhan warna merah, lho. Kalau kamu tertarik, simak resep ayam bakar bumbu merah di bawah ini sampai selesai. Selamat mencoba, guys!

1. Bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  1. 1 1/2 kg daging ayam
  2. Kecap manis secukupnya
  3. 15 siung bawang merah
  4. 10 siung bawang putih
  5. 200 gram cabai merah besar
  6. 100 gram cabai merah kering
  7. 3 buah tomat merah
  8. 1 1/2 sendok teh garam
  9. 1 sendok teh kaldu jamur
  10. 1 sendok teh gula pasir

2. Cara membuat Ayam Bakar Bumbu Merah

  1. Potong daging ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera dan bersihkan dengan air mengalir. Hasilnya, rebuslah selama 30-40 menit hingga matang sempurna.
  2. Sambil menunggu, tumislah sebentar bawang merah dan bawang putih hingga wangi. Setelah tercium wangi, langsung saja angkat dan tiriskan. Selain itu, rebuslah sebentar cabai merah besar, cabai merah kering, dan tomat merah hingga layu.
  3. Setelah bahan-bahan tersebut layu, segera angkat dan tiriskan juga. Lalu, haluskan bahan-bahan tersebut bersama bawang merah dan bawang putih hingga lembut.
  4. Sementara itu, segera angkat daging ayam yang selesai direbus. Lalu, olesi dengan kecap manis secukupnya.
  5. Untuk bumbu merah tadi, tumislah sebentar hingga tanak bersama garam, kaldu jamur, dan gula pasir. Jika teksturnya sudah berubah, segera pindahkan ke dalam wadah yang tersedia.
  6. Sekarang, pangganglah sebentar daging ayam tadi hingga kecoklatan. Olesi juga seluruh permukaan daging dengan bumbu merah sambil dibalikkan agar matangnya merata.
  7. Jika sudah timbul bercak hitam, seger angkat dan pindahkan ke piring saji. Akhirnya, ayam bakar bumbu merah siap disajikan.

3. Tips memasak

Pastikan rebuslah hingga daging ayam benar-benar matang. Dengan begitu, waktu yang diperlukan untuk memanggang daging ayam pun sebentar saja.

Asalkan seluruh permukaan daging berwarna merah dan timbul sedikit bercak hitam. Selain itu, jangan lupa koreksi rasa bumbu merah ketika ditumis. Rasanya harus pas dan sesuai selera, ya!

 

Verified Writer

Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa. Kadang makan, masak, gerak gak jelas, dan melamun. Follow me on instagram @lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya