Comscore Tracker

Ini 9 Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata Asparagus bisa membuat mood kamu lebih baik

Asparagus selama ini dikenal sebagai makanan mewah. Harganya memang relatif mahal, berkisar antara Rp100 ribu - Rp 200 ribu per kilogram. Bisa jadi harganya yang cukup kompetitif ini karena asparagus yang  kaya akan nutrisi. 

Vitamin C dan E, flavonoid dan polifenol adalah jenis antioksidan yang terkandung pada makanan ini. Nah, pertanyaannya apa manfaat asparagus untuk kesehatan tubuh?

Asparagus memiliki sederet kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Dalam 90 gramnya mengandung nilai gizi Kalori: 20, Protein: 2,2 gram, Lemak: 0,2 gram, Serat: 1,8 gram.

Ada pula kandungan Vitamin A: 18 persen, Vitamin K: 57 persen, Folat: 34 persen, Vitamin C: 12 persen, Kalium: 6 persen, Fosfor: 5 persen, dan Vitamin E: 7 persen dari kebutuhan harian.

Asparagus juga memiliki sejumlah kecil mikronutrien lainnya, termasuk zat besi, seng, dan riboflavin. Selain itu, sayuran hijau juga sumber vitamin K yang sangat baik. Inilah yang membuatnya baik untuk pertumbuhan tulang. 

So, apa sih manfaat tumbuhan yang termasuk dalam keluarga bawang-bawangan ini untuk kesehatan tubuh? Yuk simak ulasan dari Halodoc.

1. Antiradang

Ini 9 Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuhilustrasi asparagus (thespruceeats.com)

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel dari efek berbahaya radikal bebas dan stres oksidatif. Stres oksidatif berkontribusi terhadap penuaan, peradangan kronis, dan banyak penyakit, termasuk kanker.

Tanaman berbentuk batangan berwarna hijau ini mengandung antioksidan tinggi. Ini termasuk vitamin E, vitamin C dan glutathione, serta berbagai flavonoid dan polifenol. Zat ini memiliki efek penurun tekanan darah, antiinflamasi, antivirus, dan antikanker.

 

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan


Serat makanan sangat penting untuk kesehatan pencernaan yang baik. Nah, kabar baiknya sayuran ini juga mengandung sejumlah serat. Keberadaan serat dapat menjaga gerak usus. 

Serat juga terkait dengan peningkatan jumlah bakteri menguntungkan.  Ini berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghasilkan nutrisi penting seperti vitamin B12 dan K2.

 

3. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat asparagus selanjutnya berkaitan dengan bobot tubuh. Santapan dengan tekstur renyah ini tergolong rendah kalori,  kaya serat, dan cepat memberikan sensasi kenyang.

Nah, hal tersebut merupakan kombinasi tepat menurunkan berat badan. Pengolahannya yang praktis juga memudahkan asparagus untuk dimasak dengan alternatif sajian.

Baca Juga: Ini 3 Cara Ampuh Mencegah Dehidrasi saat Puasa

4. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Ini 9 Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuhfreepik.com/valeria_aksakova

Mengurangi asupan garam dan meningkatkan asupan kalium dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Kalium menurunkan tekanan darah dengan dua cara. Pertama mengendurkan dinding pembuluh darah. Kedua mengeluarkan kelebihan garam melalui urine.

5. Mengurangi risiko gangguan kognitif

Sayuran hijau seperti asparagus mengandung folat. Folat dapat mengurangi risiko gangguan kognitif. Orang yang berusia 50 tahun ke atas direkomendasikan untuk mengonsumsi folat supaya pikirannya tetap tajam. 

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Asparagus mengandung vitamin E, antioksidan penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Imun tubuh yang baik dapat mencegah risiko serangan infeksi. Termasuk juga penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, demensia, kerusakan hati, dan stroke. 

Baca Juga: Kronologi Terjadinya Dua Bupati di Kabupaten Padanglawas

7. Menjaga kesehatan reproduksi

Ini 9 Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuhilustrasi asparagus (thespruceeats.com)

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan sistem reproduksi. Asparagus hijau mengandung saponin protodioscin tingkat tinggi. Protodioscin berperan dalam mendukung kesehatan reproduksi.

Nah, hal ini termasuk menjaga kesehatan ovarium, meningkatkan libido pasca menopause, dan bahkan dapat melawan sel kanker ovarium.

Tidak hanya reproduksi wanita, protodioscin juga baik untuk pria. Contohnya, meningkatkan produksi testosteron, memulihkan fungsi ereksi, dan meningkatkan libido.

8. Mencegah infeksi saluran kemih

Santapan yang biasa diolah dengan kepiting ini adalah diuretik alami. Artinya, asparagus dapat membantu membuang kelebihan cairan dan garam dari tubuh.  Ada kemungkinan mengonsumsi asparagus dapat mencegah berkembangnya infeksi saluran kemih. 

9. Membuat mood lebih baik

Ini 9 Manfaat Asparagus untuk Kesehatan TubuhPixabay/Kranich17

Asparagus kaya akan folat dan vitamin B yang bisa membuat mood menjadi lebih baik. Orang dengan depresi direkomendasikan untuk mengonsumsi folat dan vitamin B. Dua kandungan ini dibutuhkan di otak untuk mensintesis norepinefrin, serotonin, dan dopamin.

Itulah 9 manfaat dari Asparagus. Semoga bermanfaat ya buat kamu.

Baca Juga: Ini 3 Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Penderita Diabetes

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya