Comscore Tracker

Pengantin Baru Pengin Punya Rumah KPR? Berikut Tipnya

Pastikan bersih BI Checking ya

Rumah seringkali menjadi poin utama pembahasan bagi pasangan muda yang ingin berumahtangga. Pasangan muda bisa mewujudkan nya dengan KPR.

Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) merupakan solusi alternatif bagi yang berencana membeli rumah tapi dengan keterbatasan penghasilan.

Berikut hal yang harus dipersiapkan dan perhatikan sebelum membeli properti KPR.

1. Aman BI Checking

Pengantin Baru Pengin Punya Rumah KPR? Berikut TipnyaFreepik/snowing

Bank akan melakukan pengecekan karakter calon nasabah di BI checking. Tujuannya memastikan bahwa calon nasabah memiliki catatan kredit yang baik dan bersih. Untuk mengetahui status di BI checking, calon nasabah bisa mengajukan pengecekan informasi debitur Bank Indonesia (BI) sebagai pihak yang menyimpan semua data data debitur di Indonesia.

BI checking bisa dibantu melalui developer atau pribadi langsung ke Bank indonesia. Cukup siapkan dan bawa KTP ke BI maka akan memberikan hasil pengecekan informasi debitur.

Baca Juga: Kasus Edy Jewer Pelatih, Pemprov Sumut Jawab Somasi Pelatih Biliar

2. Lengkap Dokumen

Pengantin Baru Pengin Punya Rumah KPR? Berikut TipnyaPetugas menyiapkan dokumen paspor dan visa jamaah calon haji (JCH) di gedung Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/7/2019). Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya melayani pemberangkatan dan pemulangan sebanyak 38.150 JCH yang terdiri dari 35.076 orang asal Jawa Timur, 1.054 orang dari Bali dan 965 orang berasal dari Nusa Tenggara Timur. ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj.

Banyak persyaratan dokumen yang harus disiapkan calon nasabah untuk mengajukan KPR ke Bank. Berikut ini syarat pengajuan KPR yang harus dilampirkan :

                1. KTP suami dan istri (bila sudah menikah)

                2. Kartu Keluarga

                3. Buku Nikah

                4. Keterangan penghasilan atau slip gaji 3 tiga bulan terakhir

                5. Rekening koran

                6. NPWP Pribadi (untuk kredit di atas Rp. 100 juta)

                7. SPT PPh Pribadi (untuk kredit di atas Rp. 50 juta )

                8. Keterangan bekerja di Perusahaan (bila pekerja)

                9. Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP (bila pengusaha)

3. Lokasi

Pengantin Baru Pengin Punya Rumah KPR? Berikut TipnyaMuhammad Imran Direktur properti PT Graha Cakrawala Semesta/yurikafebrianti

Lokasi hal utama yang harus diperhatikan mencari rumah agar tidak menyesal setelah membelinya. Karna tidak semua perumahan memiliki lokasi yang strategis atau baik untuk tempat tinggal.

Direktur properti PT Graha Cakrawala Semesta Muhammad Imran mengakui lokasi yang strategis dapat memberikan nilai tambah harga jual rumah.

“Lokasi harus sangat diperhatikan, artinya pengembangan untuk ekonomi usaha dan harga tanah lebih naik dimana. Kita harus lihat tata kota yang sekarang ini ada pembangunan, misalnya hari ini kita beli Rp. 100juta dan dijual dua tahun lagi bisa Rp. 350juta kan sebuah investasi itu,” kata Imran yang sudah bergelut 12 tahun di dunia properti, Sabtu (15/1/2022).

4. Legalitas Developer

Pengantin Baru Pengin Punya Rumah KPR? Berikut Tipnyaindependent.co.uk

Developer atau pengembang properti merupakan jasa yang dibutuhkan saat sedang mencari rumah, tanah dan apartemen. Dalam memastikan bahwa pengembang tidak bermasalah, calon nasabah perlu mengecek semua proses perizinan. Carilah developer yang telah berkerjasama dengan bank.

5. Fasilitas

Pengantin Baru Pengin Punya Rumah KPR? Berikut TipnyaTaman Samarendah di Jalan Bhayangkara, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota jadi salah satu ruang terbuka hijau di Samarinda. Namun jumlahnya masih minim, perlu ditambah lagi (IDN Times/yuda almerio)

Perumahan biasanya menyediakan fasilitas sendiri demi keamanan dan kenyamanan khusus diakses penghuni.  Fasilitas juga merupakan faktor yang mempengaruhi dalam memilih properti. Tak heran banyak developer menawarkan fasilitas yang menarik dan penting seperti ada ruang terbuka hijau, keamanan, air bersih dan asuransi rumah.

Baca Juga: Mengenal Bakhtiar Sibarani, Bupati Tapteng yang Bertabur Prestasi

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya