Comscore Tracker

Banyak Pengeluaran, 5 Cara Atur Keuangan Usai Lebaran 

Lakukan ini untuk hindari kantong bocor

Medan, IDN Times- Hari Raya Idul Fitri telah berlalu. Tentu saja, banyak biaya kebutuhan yang telah dikeluarkan selama lebaran karena banyaknya biaya tak terduga. Mulai dari biaya konsumsi makanan spesial saat lebaran, persiapan parcel untuk keluarga dan uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang diberikan kepada anggota keluarga. 

Nah, jika keuangan mulai menipis, maka sudah saatnya kamu memikirkan kembali cara mengatur keuangan untuk kebutuhan pasca lebaran. Hal ini perlu dilakukan agar kondisi keuangan bisa kembali sehat untuk persiapan kebutuhan mendatang. Berikut lima hal yang bisa kamu lakukan. 

1. Periksa semua pengeluaran

Banyak Pengeluaran, 5 Cara Atur Keuangan Usai Lebaran (Ilustrasi uang) IDN Times/Sukma Shakti

Cara mengatur keuangan usai lebaran adalah dengan memeriksa keuangan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan mengecek kembali kondisi keuangan yang telah dikeluarkan agar bisa disesuaikan dengan uang yang tersisa. 

2. Periksa keuangan

Banyak Pengeluaran, 5 Cara Atur Keuangan Usai Lebaran Ilustrasi transaksi (IDN Times/Aditya Pratama)

Setelahnya, hitung semua dana yang dimiliki, namun pastikan dana telah disisihkan untuk tabungan atau investasi. Untuk melakukan beberapa hal itu, baiknya kamu membuat catatan kecil agar memudahkan penghitungan pengeluaran. Dengan mencatat, kamu juga akna lebih mudah memilah kebutuhan dan keinginan. Analisis kondisi keuangan dengan perkiraan kebutuhan yang harus dipenuhi. 

Baca Juga: Keuangan Membengkak saat Puasa? Coba 5 Tips Keuangan Ini 

3. Menyusun anggaran

Banyak Pengeluaran, 5 Cara Atur Keuangan Usai Lebaran ilustrasi meyusun to do list (pexels.com/Ivan Samkov)

Kemudian, langkah selanjutnya dengan menyusun kembali anggaran. Dalam hal ini, kamu bisa membuat daftar kebutuhan atau pengeluaran yang harus dibayarkan. Buat daftar tersebut setidaknya sampai jadwal penerimaan gaji berikutnya masuk dalam rekening kamu. Pastikan, kamu memprioritaskan kebutuhan pokok bulanan atau pos pegeluaran lain, seperti cicilan bulanan. Teliti semua pengeluaran yang diperlukan setiap bulannya. 

4. Batasi keinginan

Banyak Pengeluaran, 5 Cara Atur Keuangan Usai Lebaran pexels.com/@belart84

Hal berikutnya yang termasuk cara mengatur keuangan usai lebaran yang perlu dilakukan adalah membatasi keinginan. Dengan membatasi keinginan tentu saja kamu telah membatasi pengeluaran tidak terduga. Dalam hal ini, sebaiknya kamu menetapkan berapa biaya yang boleh dikeluarkan dan prioritaskan investasi. 

5. Menabung

Banyak Pengeluaran, 5 Cara Atur Keuangan Usai Lebaran Ilustrasi Uang. (IDN Times/Aditya Pratama)

Momen lebaran bagi sejumlah orang adalah waktu di mana pengeluaran tidak terduga lebih banyak dari hari-hari biasa. Meskipun demikian, menabung adalah hal yang tidak boleh terlupakan. Jika selama ini menabung uang sisa hasil dari pengeluaran belanja bulanan, maka tentu saja, biaya menabung bisa masuk dalam prioritas bulanan. Ya, dengan menyisihkan uang terlebih dulu untuk menjadi tabungan. Lalu kemudian, uang yang selebihnya dianggarkan sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: Anak yang Diduga Tertular Hepatitis Misterius di Sumut Meninggal 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya