Comscore Tracker

Produk UMKM Sumut Dipamerkan di Festival Malaysia 

Ada kain songket, ulos dan kuliner khas

Medan, IDN Times- Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memamerkan produk unggulan dari Indonesia, termasuk provinsi Sumatra Utara (Sumut) di Festival Islam dan Halal Internasional Johor (FIJO) 2022 di Johor Baru, Malaysia, Kamis (29/9/2022).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumatra Utara, Nawal Lubis menghadiri FIJO 2022. Sumut salah satu kabupaten/kota di Indonesia yang berpartisipasi dalam kegiatan antarbangsa tersebut.

1. Produk unggulan dari Sumut dipamerkan di event FIJO 2022

Produk UMKM Sumut Dipamerkan di Festival Malaysia Ilustrasi jalanan protokol di Kuala Lumpur, Malaysia (IDN Times/Santi Dewi)

Nawal Lubis mengaku bangga karena banyak produk unggulan dari Sumut dipamerkan di event FIJO 2022 Johor yang di antaranya adalah kain songket, ulos, serta pakaian dan aksesoris dari berbagai daerah. Seperti Melayu, Toba, Silmalungun, Karo, Mandailing, Pakpak dan Nias, yang mencerminkan keberagaman provinsi Sumut.

“Kita juga menampilkan produk kuliner dan herbal dari Sumatra Utara. Kita berharap kerajinan dan produk dari provinsi kita bisa dikenal lebih baik dengan kualitas yang baik. Terutama Malaysia ini kan dekat dengan Sumut, dan banyak wisatawan mancanegara yang datang dari negara ini,” kata Nawal.

Baca Juga: UMKM di Sumut Jumlahnya 2,8 Juta, Tapi Ini Kendalanya

2. Aneka kuliner sambal khas ikut ditampilkan

Produk UMKM Sumut Dipamerkan di Festival Malaysia ilustrasi sambal andaliman (cookmeindonesian.com)

Beberapa produk khas yang menjadi unggulan Sumut di ajang FIJO 2022 tersebut yakni busana kontemporer, etnik dan kemeja batik. Songket Batubara, Tumtuman Toba, Songket Melayu dan Ulos Toba. Serta kuliner seperti aneka sambal khas Medan, andaliman, ikan asin, baby cumi, teri, serta produk herbal yakni gula aren dan keloria.

3. Event ini berlangsung hingga 2 Oktober 2022

Produk UMKM Sumut Dipamerkan di Festival Malaysia Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memamerkan produk unggulan dari Indonesia, termasuk provinsi Sumatra Utara (Sumut) di Festival Islam dan Halal Internasional Johor (FIJO) 2022 di Johor Baru, Malaysia, Kamis (29/9).

Dalam keterangan tertulis, Andresza S Dasuki, Konsul dari KJRI Johor Baru mengatakan bahwa kegiatan yang akan berlangsung sejak 29 September hingga 2 Oktober 2022 ini diharapkan menjadi pusat promosi produk halal internasional, serta penyedia layanan dari berbagai sektor, di antaranya kerajinan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat diikuti lebih banyak perusahaan/UMKM dari Indonesia, sebagai partisipan sekaligus mempromosikan produk khas dari berbagai daerah. Sebab target pengunjung pada event ini sebanyak 90 ribu pengunjung dari berbagai negara, dengan jumlah 300 booth dan 500 sesi pertemuan bisnis.

Baca Juga: Seedbacklink Siap Bantu 65,4 Juta UMKM Go Digital! 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya