TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

UKM Lokal Ekspor Singkong Beku ke Curacao dan Belanda

Produk lokal ini akan terus diperluas ke negara lain

ilustrasi ekspor-impor (IDN Times/Aditya Pratama)

Medan, IDN Times- Tren keberhasilan Indonesia menaklukan Curacao kembali berlanjut lewat Usaha Kecil Menengah (UKM) lokal yang berhasil mengekspor singkong beku. 

Riyani Tirtoso, Direktur Eksekutif LPEI, mengatakan baru-baru ini Indonesia berhasil ekspor perdana 27 ton singkong beku ke negara Curacao. 

"Tidak hanya menang atas Curacao di bidang olahraga, baru-baru ini Indonesia kembali membanggakan melalui CV Nusantara Jaya Food yang berhasil ekspor perdana 27 ton singkong beku ke negara tersebut," katanya, Rabu (5/10/2022). 

Baca Juga: Menteri ESDM: Larangan Ekspor Timah Berlaku 2023

1. Selain Curacao dan Belanda, produk UKM lokal ini akan terus diperluas ke negara lain

ilustrasi ekspor-impor (IDN Times/Aditya Pratama)

Riyani menyebutkan, CV Nusantara Jaya Food merupakan salah satu UKM lokal yang 100 persen penjualannya untuk memenuhi pasar luar negeri. Selain Curacao, produk singkong beku hasil produksi CV Nusantara Jaya Food juga telah masuk ke pasar Belanda dan akan terus diperluas ke negara lain seiring dengan keinginan perusahaan untuk mengembangkan produk- produk frozen fruit dan fresh vegetables lainnya untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri.

Selain berhasil mendatangkan devisa bagi negara, CV Nusantara Jaya Food juga diketahui memiliki peran positif dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan serta memberikan pendampingan dan pembinaan bagi para petani di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya.

2. Bantu UKM lokal lewat program Penugasan Khusus Ekspor

ilustrasi ekspor-impor (IDN Times/Aditya Pratama)

Novitha Herawati, pemilik CV Nusantara Jaya Food menyampaikan apresiasi kepada Kementerian dan Lembaga terkait khususnya Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia - Indonesia Eximbank yang telah mendukung UKM seperti CV Nusantara Jaya Food untuk ekspor ke luar negeri.

Ia menyampaikan dukungan yang diberikan melalui kolaborasi pendampingan Kementerian Perindustrian serta akses pembiayaan melalui Program Penugasan Khusus Ekspor (PKE) UKM LPEI yang berhasil membantu pihaknya memperluas pasar ke Curaçao. 

Baca Juga: Diperpanjang, Ekspor CPO Bebas Pungutan Sampai Akhir Tahun

Berita Terkini Lainnya