TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BPS Sumut Kerahkan Ribuan Fasilitator untuk Forum Konsultasi Publik

Pelaksanaan FKP Regsosek dilakukan hingga 21 Mei 2023

Badan Pusat Statistik (BPS) melaksanakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Registrasi Sosial (Regsosek) mulai 2 hingga 21 April 2023. (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Medan, IDN Times- Badan Pusat Statistik (BPS) melaksanakan Forum Konsultasi Publik  Registrasi Sosial (FKP Regsosek) mulai 2-21 Mei 2023.

Adapun Forum Konsultasi Publik merupakan kegiatan konsultasi dengan tokoh komunitas di wilayah setempat mengenai ketepatan hasil pengelompokan kesejahteraan keluarga, sebagai bentuk partisipasi dan kontrol sosial dalam penyusunan basis data. 

Kepala BPS Sumatra Utara, Nurul Hasan mengatakan di Sumut, ada sebanyak 7.774 FKP. Dikarenakan jumlah lingkungan yang banyak, FKP tidak dapat dilakukan dalam satu waktu.

"Ini merupakan kegiatan konsultasi dengan tokoh komunitas di wilayah setempat mengenai ketepatan hasil pengelompokan kesejahteraan keluarga. Sebagai bentuk partisipasi dan kontrol sosial dalam penyusunan basis data," katanya, Rabu (3/5/2023).

Baca Juga: Dirjen IKMA Nilai Produk di Sumut Berpotensi Tembus Pasar Mancanegara

1. Fasilitator dibantu asisten

unsplash.com/Damian Zaleski

Hasan mengatakan peserta FKP terdiri dari Ketua RT, Kepala Dusun, atau perwakilan yang memahami kondisi setempat. Tidak hanya itu, tokoh lain juga diundang, seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, Babinsa, dan Babinkamtibmas. “Dalam struktur ini fasilitator dibantu asisten,” kata Hasan, Rabu (3/5/2023).

2. Di Kota Medan, ada sebanyak 696 FKP

Pixabay.com/StartupStockPhotos

Hasan menyebutkan, dari 33 kabupaten kota yang ada di Sumut, paling banyak FKP Regsosek di Deliserdang, yaitu ada 732. Kemudian dilanjutkan dengan Kota Medan, sebanyak 696 FKP. "Jumlah itu terbesar kedua di Sumut setelah Deliserdang, dan ketiga di Simalungun, 509 FKP," ucapnya.

Lebih lanjut, kata Hasan, FKP dimulai dari tanggal 2-21 Mei 2023. "Mudah-mudahan cuaca dan akses menuju lokasi bisa dimitigasi, perlu dipertimbangan cukup matang,” ujarnya.

Baca Juga: BPS: Inflasi April 2023 Tembus 0,33 Persen

Berita Terkini Lainnya