Comscore Tracker

5 Tips Merawat Riding Gear Biar Awet dan Nyaman Dipakai

Kalau sembarangan malah jadi sarang kuman

Medan, IDN Times - Ismed Risya, Tim Safety Riding PT Indako Trading Coy mengungkapkan, masih banyak pengendara motor yang mengabaikan kebersihan dengan langsung menyimpan perlengkapan berkendaranya setelah digunakan dalam tempat yang tidak tepat.

Padahal kebiasaan buruk tersebut tidak hanya dapat merusak riding gear, namun dapat menjadikan riding gear tempat bersumbernya virus dan bakteri yang dapat menyerang tubuh kapan saja.

Menyikapi kondisi tersebut, Honda mengajak pada seluruh pecintanya untuk selalu menjaga kebersihan perlengkapan berkendara melalui sejumlah cara, karena kebiasaan baik tersebut tidak hanya mencegah datangnya penyakit, namun juga meningkatkan kenyamanan berkendara. Yuk simak:

1. Riding gear yang basah harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum disimpan

5 Tips Merawat Riding Gear Biar Awet dan Nyaman DipakaiRiding Gear (Dok. IDN Times)

Pertama, riding gear yang basah harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum disimpan di ruangan terbuka dengan kondisi cahaya lampu yang cukup sehingga lebih cepat kering. Namun jika riding gear dalam kondisi kering, maka cukup dibersihkan dengan menggunakan lap yang bersih.

Baca Juga: Makin Gagah, Ini Potret Motor Naked Sport All New CB150R Streetfire

2. Membersihkan bagian kaca helm dengan lap

5 Tips Merawat Riding Gear Biar Awet dan Nyaman DipakaiRiding Gear (Dok. IDN Times)

Kedua, Membersihkan bagian kaca helm dengan lap, dan menjemur bagian dalam helm sehingga keringat yang menempel dapat segera kering.

3. Menjaga kelembaban riding gear

5 Tips Merawat Riding Gear Biar Awet dan Nyaman DipakaiIDN Times/Daruwaskita

Ketiga, menjaga kelembaban riding gear dapat menghindarinya dari kerusakan, mengingat riding gear dapat terkelupas karena terlalu kering. Kelembaban yang berlebihan juga berpotensi membuat jamur dan bakteri tumbuh lebih cepat.

4. Gunakan pengharum khusus untuk riding gear

5 Tips Merawat Riding Gear Biar Awet dan Nyaman DipakaiSafety Riding Lab di SMK Panca Abdi Bangsa (PABA), Kota Binjai, Sumatera Utara (Dok. IDN Times)

Keempat, jika ingin menggunakan pengharum sebaiknya gunakan pengharum khusus untuk riding gear yang juga dapat menjaga kondisi kelembaban permukaan riding gear tersebut.

5. Gunakan cairan disinfektan terutama pada bagian yang seiring disentuh dan terlihat kotor

5 Tips Merawat Riding Gear Biar Awet dan Nyaman DipakaiPetugas sedang menyemprotkan disinfektan di Mapolda Aceh (IDN Times/Humas Polda Aceh)

Kelima, jika dibutuhkan, dapat mengggunakan cairan disinfektan terutama pada bagian yang seiring disentuh dan terlihat kotor, sehingga kondisinya tetap nyaman dan sehat untuk digunakan.

“Dengan semangat Satu Hati, Honda mengajak untuk meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan dan memahami cara merawat riding gear dengan baik dan benar, karena gaya hidup tersebut tidak hanya mendukung gaya berkendara menjadi lebih kece dan stylish, namun kondisi motor yang prima juga mendukung terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di wilayah Sumatera Utara, ‘ ujar Ismed Risya.

Baca Juga: Biar Gak Berbaret, 5 Tips Mencuci Mobil Setelah Diguyur Hujan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya