TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Merawat Sepeda Motor Agar Tetap Aman di Masa PPKM Darurat

Cuci motor yuk mengisi waktu luang selama PPKM

(IDN Times/Dwi Agustiar)

Sebagai armada paling efektif dan efisien menemani aktivitas harian masyarakat khususnya pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang penuh tantangan menjadikan motor dengan kondisi prima sebagai salah satu kebutuhan penting masyarakat saat ini.

Tidak bisa dipungkiri, kondisi kendaraan yang kurang baik berpotensi menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan dan berbagai kondisi yang tidak diinginkan.

Sofian Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan, dalam masa PPKM, motor masih menjadi teman setia masyarakat yang ingin beraktivitas.

Namun jika PPKM darurat mengharuskan untuk melaksakan kegiatan di rumah saja, maka banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu dengan aktivitas yang bermanfaat, seperti halnya merawat dan memastikan kondisi kendaraan kesayangan.

Berikut 5 Tips Merawat Sepeda Motor Agar Tetap Aman di Masa PPKM Darurat:

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, 10 Cowok Kece Ini Ternyata Adik Selebriti

1. Mencuci motor

(IDN Times/Dwi Agustiar)

Pertama, mencuci motor mulai dari body, bagian luar mesin, rantai serta bagian bawah jok/bagasi.

Selain motor jadi bersih, juga dapat mengetahui beragam kemungkinan kerusakan yang terjadi seperti lecet bodi ataupun bagian mesin yang rembes oleh oli, cairan rem, ataupun cairan pendingin mesin, sehingga kita dapat melakukan pengecekan dan perawatan selanjutnya.

2. Memeriksa kondisi oli mesin dan oli CVT pada motor

Kedua, memeriksa kondisi oli mesin dan oli CVT pada motor juga menjadi hal yang sangat penting. Dimana dapat dilakukan dengan membuka tongkat oli atau dipstick untuk mengetahui tingkat keenceran oli dan level tinggi oli. Selanjutnya, jika oli sudah dalam kondisi encer maka Honda lovers sudah wajib untuk menggantinya.

3. Memastikan kondisi rantai dan CVT Fit

unsplash.com/@belart84

Ketiga, memastikan kondisi rantai dan CVT Fit dengan mengecek kondisi kekencangan serta kehausan rantai untuk motor type cub dan sport.

Sedangkan pada motor tipe AT/matic bisa dilakukan dengan menyalakan motor sembari mendengarkan suara mesin dan bagian CVT untuk mendeteksi adanya gangguan

4. Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik

Ilustrasi Ganti Ban Motor Bocor (IDN Times/Dwi Agustiar)

Keempat, pastikan kondisi ban dalam keadaan baik dengan memperhatikan TWI (tread wear indicator) atau tanda segitiga yang terletak pada sisi samping ban sepeda motor yang berfungsi untuk mengetahui kehausan telapak ban pada motor. Jika ketebalan ban motor sudah mencapai batas TWI maka sudah di sarankan untuk melakukan penggantian ban.

Baca Juga: 5 Zodiak Cewek Ini Friendly Banget, Banyak Cowok Jadi Sahabatnya

Berita Terkini Lainnya