TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Dampak Negatif Jika Saringan Udara Sepeda Motor Kamu Kotor

Karbon sisa pembakaran di ruang bakar bisa menumpuk

Ilustrasi Saringan Udara Motor (Dok. IDN Times)

Saat ini semua sepeda motor Honda menggunakan saringan udara berjenis viscous paper element. Penyaring udara jenis ini dilapisi oli yang mampu menangkap debu dari udara luar.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan, seiring pemakaian, beragam kotoran akan menumpuk pada saringan udara, dan jika tumpukan kotoran itu dibiarkan dalam waktu lama akan memberi dampak buruk bagi sepeda motor.

Yuk simak apa saja dampak negatif jika saringan udara motor kami dibiarkan kotor.

1. Menghambat aliran udara segar ke ruang bakar

Saringan udara Motor (Dok. Otomotifnet)

Pertama, tumpukan udara pada filter akan menghambat aliran udara segar ke ruang bakar. Sementara itu, proses pembakaran akan sempurna jika campuran udara dan bahan bakar terjadi dengan komposisi yang tepat, tidak terlalu banyak bensin atau tidak terlalu banyak udara.

Jika asupan udara ke ruang bakar terhambat, akan membuat proses pembakaran jadi tidak sempurna sehingga tarikan mesin jadi berat atau kurang bertenaga.

2. Proses pencampuran udara dan bensin di ruang bakar jadi tidak seimbang

Premium Matic Day di Medan (Dok. IDN Times)

Kedua, kotoran pada filter udara akan menghambat asupan udara segar yang diperlukan mesin. Akibatnya proses pencampuran udara dan bensin di ruang bakar jadi tidak seimbang.

Volume bahan bakar yang disemprotkan akan lebih banyak dibanding udara. Selain membuat tarikan motor jadi berat, konsumsi bahan bakar pun jadi lebih boros karena banyak bahan bakar yang terbakar sia-sia.

3. Karbon sisa pembakaran di ruang bakar jadi menumpuk

Bengkel AHASS (Dok. IDN Times)

Ketiga, selain masalah tarikan mesin berat dan boros bahan bakar, masalah lain yang ditimbulkan akibat filter udara kotor adalah menumpuknya karbon sisa pembakaran di ruang bakar yang diakibatkan oleh proses pembakaran yang tak sempurna.

Baca Juga: Eksklusif: Sarah Panjaitan Akan Nyanyikan Lagu O Tano Batak di Chicago

Berita Terkini Lainnya