TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Merawat Riding Gear Biar Awet dan Nyaman Dipakai

Kalau sembarangan malah jadi sarang kuman

Riding Gear (Dok. IDN Times)

Medan, IDN Times - Ismed Risya, Tim Safety Riding PT Indako Trading Coy mengungkapkan, masih banyak pengendara motor yang mengabaikan kebersihan dengan langsung menyimpan perlengkapan berkendaranya setelah digunakan dalam tempat yang tidak tepat.

Padahal kebiasaan buruk tersebut tidak hanya dapat merusak riding gear, namun dapat menjadikan riding gear tempat bersumbernya virus dan bakteri yang dapat menyerang tubuh kapan saja.

Menyikapi kondisi tersebut, Honda mengajak pada seluruh pecintanya untuk selalu menjaga kebersihan perlengkapan berkendara melalui sejumlah cara, karena kebiasaan baik tersebut tidak hanya mencegah datangnya penyakit, namun juga meningkatkan kenyamanan berkendara. Yuk simak:

Baca Juga: 7 Cara Merawat Remote Sepeda Motor Biar Tetap Awet

1. Riding gear yang basah harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum disimpan

Riding Gear (Dok. IDN Times)

Pertama, riding gear yang basah harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum disimpan di ruangan terbuka dengan kondisi cahaya lampu yang cukup sehingga lebih cepat kering. Namun jika riding gear dalam kondisi kering, maka cukup dibersihkan dengan menggunakan lap yang bersih.

2. Membersihkan bagian kaca helm dengan lap

Riding Gear (Dok. IDN Times)

Kedua, Membersihkan bagian kaca helm dengan lap, dan menjemur bagian dalam helm sehingga keringat yang menempel dapat segera kering.

3. Menjaga kelembaban riding gear

IDN Times/Daruwaskita

Ketiga, menjaga kelembaban riding gear dapat menghindarinya dari kerusakan, mengingat riding gear dapat terkelupas karena terlalu kering. Kelembaban yang berlebihan juga berpotensi membuat jamur dan bakteri tumbuh lebih cepat.

4. Gunakan pengharum khusus untuk riding gear

Safety Riding Lab di SMK Panca Abdi Bangsa (PABA), Kota Binjai, Sumatera Utara (Dok. IDN Times)

Keempat, jika ingin menggunakan pengharum sebaiknya gunakan pengharum khusus untuk riding gear yang juga dapat menjaga kondisi kelembaban permukaan riding gear tersebut.

Baca Juga: Biar Gak Berbaret, 5 Tips Mencuci Mobil Setelah Diguyur Hujan

Berita Terkini Lainnya