Diangkat Jadi Plh Sekda Medan, Paman Bobby: Pak Wakil Bisa Menjawab

Kata Aulia penunjukan karena prestasi

Medan, IDN Times – Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menunjuk Benny Sinomba Siregar menjadi pelaksana harian (Plh) Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Medan, Rabu (24/4/2024). Benny sendiri masih memiliki hubungan keluarga dengan Bobby. Benny merupakan paman Bobby.

Penunjukan ini menjadi pembahasan di tengah publik. Lantaran hubungan kekerabatan itu membuat orang menduga-duga soal Bobby yang mencoba membangun dinasti politik di Pemko Medan.

Benny yang disinggung soal kekerabatannya dengan Bobby hanya melempar senyum. Dia mengatakan akan bekerja maksimal.

"Ya saya memang beberapa hari ini dapat SK (Surat Keputusan) Plh, jadi mungkin beberapa hari ini masih mencoba untuk mempelajari ke depan. Tapi yang pasti kami ingin meningkatkan kemajuan  Kota Medan," ujar Benny saat ditanya wartawan usai beraudiensi dengan buruh di Gelanggang Remaja Kota Medan, Rabu (1/5/2024).

1. Benny meminta awak media menanyakan kepada wakil wali kota

Diangkat Jadi Plh Sekda Medan, Paman Bobby: Pak Wakil Bisa MenjawabPlh Sekda Kota Medan Benny Sinomba (dok.istimewa)

Dia lalu meminta awak media menanyakan hal tersebut kepada Wakil Kota Medan Aulia Rachman, yang berada di sampingnya.

"Pak wakil mungkin bisa menjawab, lebih baik," ujar Benny.

2. Kata Aulia, Benny menjadi Sekda karena usulannya

Diangkat Jadi Plh Sekda Medan, Paman Bobby: Pak Wakil Bisa MenjawabWakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman saat memimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVIII di halaman Kantor Wali Kota Medan (Dok. Diskominfo Medan)

Kata Aulia, penunjukan Benny menjadi Plh Sekda berdasarkan usulannya. Aulia kemudian meminta pengangkatan itu tidak disangkutpautkan dengan kekerabatan Benny dengan Bobby.

Kata dia penunjukan ini murni atas dasar prestasi Benny. "Kita harus buang (penunjukan ini) terkait saudara atau apa ini, kan kita fungsi pengawasan jatuh di wakil (Walikota). Saya sebagai wakil mengusulkan (Benny jadi Plh Sekda)," ujar Aulia.

3. Ada sejumlah indikator yang bikin Benny jadi Sekda

Diangkat Jadi Plh Sekda Medan, Paman Bobby: Pak Wakil Bisa MenjawabPlh Sekda Kota Medan Benny Sinomba (dok.istimewa)

Aulia menjelaskan ada beberapa indikator pengusulan Benny menjadi Plh Sekda. Salah satunya, semasa dia menjabat menjadi Kepala Dinas Badan Pengelola Pendapatan dan Retribusi Daerah (BP2RD) di tahun 2021.

Kala itu Benny berhasil menjalankan fungsi pengawasan, sehingga pendapatan daerah naik signifikan. "Saya lihat bukan karena pak Benny saya kenal tapi saya tahu, beliau kinerjanya beliau waktu megang Kadis Pendapatan Daerah,  pendapatannya hampir 100 persen peningkatannya. Rp 900 miliar pak Kadis ini bisa meningkatkan pendapatan daerah," ungkap Aulia.

Menurut Aulia, dengan penunjukan  Benny, diharapkan fungsi pengawasan kinerja jajaran Pemkot Medan berjalan  baik.

"Jadi Saya ambil sikap itu dan saya minta kepada pak Sekda yang baru ini tolong, awasi fungsi pengawasan di internal kita agar pemerintahan berjalan dengan baik," katanya. 

Baca Juga: Soal Cagub Sumut, Ijeck Ajak Bobby Berjuang Bukan Ciptakan Perpecahan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya