4 Masjid Ini Dibangun di Bawah Tanah, Sunyi dan Tenang

Sudah pernah ke sini?

Masjid bisa dibangun di mana saja. Rumah Ibadah umat Muslim ini ada yang dibangun di atas laut, ada pula yang di bawah tanah. 

Seperti empat masjid unik di Indonesia ini. Meski dibangun di bawah tanah, namun tak mengganggu kenyamanannya sebagai tempat ibadah. Malah bisa lebih tenang untuk yang ingin itikaf. Yuk, disimak!

1. Masjid Baabul Munawwar, Papua

4 Masjid Ini Dibangun di Bawah Tanah, Sunyi dan Tenangslank.com

Masjid ini sempat menyabet gelar rekor dunia sebagai masjid dengan lokasi terdalam, yakni di kedalaman 1.700 meter di bawah permukaan tanah. Masjid yang dibangun oleh  PT Freeport ini berlokasi di area pertambangannya di Tembagapura, Mimika, Papua.

Uniknya, masjid ini berdampingan dengan Gereja Oikumene Soteria yang juga berada di bawah tanah. Hal ini merupakan upaya untuk mendukung kegiatan rohani karyawannya, agar tak perlu bolak-balik naik dari pertambangan ketika ingin beribadah.

2. Masjid Tamansari, Yogyakarta

4 Masjid Ini Dibangun di Bawah Tanah, Sunyi dan TenangInstagram.com/rdlarasati.23

Meski sebenarnya bernama Masjid Sumur Gumuling, tapi masyarakat lebih familiar meyebutnya Masjid Bawah Tanah Tamansari. Lokasi masjid ini berada di dalam area Keraton Yogyakarta Hadiningrat, tepatnya kompleks Pemandian. 

Selain sebagai tempat ibadah, banyak orang datang untuk berwisata karena tertarik dengan desain bangunannya yang unik. Ada lima tangga yang mengelilingi bangunan sebagai lambang rukun Islam. Untuk masuk ke dalam areal masjid, kamu akan melewati lorong panjang yang kerap dijadikan lokasi berfoto karena suasana vintage-nya.

Baca juga: Merasakan Kearifan Lokal Khas Hong Kong dari Sham Shui Po

3. Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi, Tuban, Jawa Timur

4 Masjid Ini Dibangun di Bawah Tanah, Sunyi dan Tenangpesonaindoe.com

Awalnya lokasi ini merupakan gua alami sebelum disulap K.H. Shubhan menjadi tempat ibadah yang indah dan unik. Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi terletak di Jalan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban, Jawa Timur.

Begitu melangkah ke area masjid, kamu akan menemukan banyak kaligrafi yang terukir indah di sepanjang dindingnya. Masuk lebih dalam, bebatuan alam yang eksotis masih dibiarkan menggantung sebagai langit-langit masjid. Eksotis banget!

4. Masjid Goa Muhammad, Mojokerto, Jawa Timur

4 Masjid Ini Dibangun di Bawah Tanah, Sunyi dan Tenangpictaga.com

Masjid Goa Muhammad terletak tepat di bawah Masjid Agung Wisnu Manunggal, Dusun Losari, Desa Pekukuhan, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Warga menyebutnya demikian sebagai bentuk penghormatan terhadap Nabi Muhammad SAW. 

Untuk menuju ke Masjid Goa Muhammad, kamu harus melewati gapura di sebelah timur yang memiliki tangga menuju bawah tanah. Tempat ini kerap dimanfaatkan untuk itikaf dan mendapat ketenangan.

Wah, keren banget ya! Mumpung bulan suci Ramadan, kamu bisa mengunjunginya untuk beribadah sekaligus wisata religi lho.

Baca Juga: Asyiknya Rebutan Bubur Para Raja di Masjid Raya Al Mashun 

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You