Comscore Tracker

7 Bandara yang Jadi Pilihan Kalau Mau Berwisata ke Sumut

Gak hanya Kualanamu lho #LokalIDN

Ingin berlibur ke Sumatra Utara. Kamu bisa menempuhnya baik lewat perjalanan darat, laut dan udara. 

Nah, bicara soal transportasi udara, Sumut gak hanya punya satu bandara lho. Selain Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumut juga punya 6 bandara lainnya.

Berikut ini 7 bandara di Sumatra Utara yang bisa jadi pilihan tergantung lokasi yang mau kamu tuju. Apa saja?

1. Bandara Internasional Kualanamu – Deli Serdang 

7 Bandara yang Jadi Pilihan Kalau Mau Berwisata ke SumutSuasana di Bandara Kualanamu, Deli Serdang (IDN Times/Doni Hermawan)

Kualanamu International Airport merupakan bandar udara yang terletak di Kabupaten Deli Serdang, sekitar 23 km dari pusat kota Medan. KNO merupakan bandara megah yang paling besar di Sumatera Utara dan bandara terbesar ketiga di Indonesia.

Jika kamu ingin berkeliling di pusat kota Medan dan Deli Serdang atau kabupaten yang tak jauh dari kota Medan, maka bandara ini adalah pilihan tepat. Letaknya tak jauh dari pusat kota dan akses yang mudah menuju kota. Baik dengan kereta bandara, bus penumpang, taksi dan juga transportasi online.

2. Bandara Internasional Sisingamangaraja XII – Tapanuli Utara 

7 Bandara yang Jadi Pilihan Kalau Mau Berwisata ke Sumutid.wikipedia.org

Bandara ini dulunya dikenal dengan nama Bandara Internasional Silangit dan terletak di Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara. Bandara ini diresmikan oleh presiden SBY sejak tahun 2005 untuk mempromosikan dan meningkatkan wisatawan ke Danau Toba dan area Tapanuli lainnya.

Peningkatan fasilitas dan pelayanan yang dilakukan membawa bandara ini menjadi satu-satunya bandara kelas IV yang setara dengan bandara kelas II di Indonesia. Kamu bisa memilih terbang dengan berbagai penerbangan komersial dari berbagai maskapai yakni Garuda, Citilink, Batik Air, Sriwijaya, Wings Air dan Air Asia.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Horor di Sumut, Ada Perkampungan Gaibnya

3. Bandara Aek Godang – Tapanuli Selatan

7 Bandara yang Jadi Pilihan Kalau Mau Berwisata ke Sumutindoplaces.com/Antara Sumut

Jika kamu berkunjung ke wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) maka akses tercepat dari kota Medan adalah dengan terbang ke bandara ini. Kamu dapat mengunjungi Candi Portibi dan berbagai tempat menarik lainnya di kota ini. Bandara Aek Godang adalah bandara kelas III yang terletak di Kota Padangsidempuan.

Pesawat yang mendarat juga merupakan pesawat kecil seperti pesawat baling-baling ATR 72-600 milik Wings Air. Namun kini maskapai Citilink juga telah membuka rute penerbangan di bandara Aek Godang. Pendeknya landasan pacu menyebabkan jumlah penumpang yang dapat diangkut harus lebih sedikit dari kapasitas penumpang di dalam pesawat.

4. Bandara Dr. F.L Tobing – Tapanuli Tengah

7 Bandara yang Jadi Pilihan Kalau Mau Berwisata ke Sumutsmartnewstapanuli.com

Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki bandara yang cukup bagus yakni bandara Dr. Ferdinand Lumbantobing. Jika kamu ingin mengunjungi indahnya Kota Sibolga dan tak ingin melalui jalur darat bisa memilih mendarat di bandara ini.

Sejumlah maskapai, yakni Garuda Indonesia, Wings dan Citilink beroperasi melayani berbagai rute penerbangan dengan tujuan Medan, Batam, Jakarta, Gunung Sitoli hingga ke Johor Baru dan Melaka.

5. Bandara Sibisa – Toba

7 Bandara yang Jadi Pilihan Kalau Mau Berwisata ke Sumuttobasamosirkab.go.id

Satu lagi bandara yang bisa menjadi pilihanmu saat berkunjung ke Parapat dan Danau Toba adalah melalui bandara Sibisa. Sangat dekat sekali dengan kota Parapat dan hanya berjarak 10 kilometer saja. Kamu bisa terbang dengan Susi Air, private jet dan pesawat sejenis ATR untuk mendarat di bandara perintis ini.

Dalam hal operasional bandara Sibisa akan berbagi peran dengan bandara Sisingamangaraja XII. Bandara Sibisa akan melayani pesawat dengan tipe kecil seperti ATR-72, sebaliknya bandara Sisingamangaraja XII akan melayani pesawat komersil berukuran besar.

6. Bandara Binaka – Gunung Sitoli 

7 Bandara yang Jadi Pilihan Kalau Mau Berwisata ke Sumuthubud.dephub.go.id

Jika kamu memilih pergi berlibur ke pulau Nias untuk melihat tradisi lompat batu, maka kamu bisa mendarat di bandara Binaka. Bandara ini terletak di kecamatan Gunungsitoli, Nias. Melayani penerbangan dengan maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Susi Air dan juga Wings Air dengan rute Medan, Padang, Lasondre Sibolga dan juga Silangit.

Bandara ini terus berbenah dan telah diperluas pada tahun 2014 silam, landasan pacu bandara kini menjadi 2250 m x 30 m, dan juga bisa melayani penerbangan internasional.

7. Bandara Lasondre – Nias Selatan 

7 Bandara yang Jadi Pilihan Kalau Mau Berwisata ke Sumutkfmap.asia

Pulau Nias yang menyimpan segudang potensi wisata ternyata tak hanya memiiki satu bandara. Bandara Lasondre adalah bandara pengumpan (spoke) dan terletak di ujung utara Pulau Tanah Masa, Kecamatan Pulau-pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan, Sumatra Utara.

Bandara ini disiapkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya pariwisata dan juga sebagai bandara bantuan saat terjadi bencana alam. Jenis pesawat yang bisa mendarat adalah pesawat kecil serta melayani berbagai maskapai seperti Wings Air, Susi Air, Gatari Air Service, Garuda Indonesia, juga Lion Air.

Itulah tujuh bandara yang bisa jadi pilihan saat memutuskan berwisata ke Sumatra Utara. Bisa jadi momen short escape kamu di penghujung tahun ini.

Baca Juga: Selain Danau Toba, Ini 10 Danau Terbesar di Indonesia

Artikel ini pertama kali ditulis oleh It's Me, Sire di IDN Times Community dengan judul Tak Hanya Satu, 7 Bandara Ini Bisa Jadi Pilihan saat Berlibur ke Sumut

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya