Comscore Tracker

Berkunjung ke Nias, 5 Pulau Eksotis Ini Wajib Kamu Singgahi

Bikin males liburan ke tempat lain!

Sumatera Utara punya sejuta tempat wisata. Salah satu yang paling sering disebut adalah Danau Toba.

Selain Danau Toba, banyak lagi tempat wisata memesona dan eksotis di Sumatera Utara. Namun sayang belum dieksplore terlalu luas, seperti pantai di Nias dan juga pulau.

Satu di antaranya adala tempat wisata di Pulau Nia7s. Nias terletak di bagian barat pulau Sumatera yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Nias memiliki pesona wisata yang tak kalah menariknya dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Maka tidak heran jika Nias menjadi destinasi favorit para wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

Berikut ini terdapat lima rekomendasi pulau eksotis di Nias yang menawarkan keindahan alam terbaik dan wajib kamu sambangi saat berkunjung ke Nias. Dijamin bisa bikin liburanmu lebih berkesan. 

1. Pulau Tello

Berkunjung ke Nias, 5 Pulau Eksotis Ini Wajib Kamu Singgahiinstagram.com/travellingsumut

Pulau Tello terletak di Nias Selatan. Meskipun sangat terpencil, namun pulau Tello memiliki pemandangan yang keindahannya tidak kalah dengan pulau-pulau lain di luar negeri. Air lautnya sangat bening dan pasir pantainya berwarna putih halus.

Beberapa daerah yang terpencil di pulau Tello bahkan hanya bisa diakses menggunakan perahu dan pesawat pribadi. Maka tidak heran jika pulau Tello sering disebut sebagai surga yang tersembunyi.

2. Pulau Asu

Berkunjung ke Nias, 5 Pulau Eksotis Ini Wajib Kamu Singgahiinstagram.com/visitniasbarat

Pulau Asu terletak di kecamatan Sirombu, kabupaten Nias, provinsi Sumatera Utara. Memiliki keindahan alam yang luar biasa menjadikan pulau Asu sebagai salah satu destinasi wisata paling indah di Nias Barat. Air lautnya berwarna biru jernih dengan hamparan pasir putih yang bersih membuat wisatawan betah berlama-lama berada di pulau ini. 

Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi pulau Asu, mulai dari sekadar duduk santai ditemani angin sepoi-sepoi dari nyiur daun kelapa, trekking menjelajahi pulau, memancing, snorkeling, diving hingga surfing. Memiliki ombak dengan ketinggian 4 hingga 7 meter dan lebar 200 meter membuat pulau Asu menjadi tempat yang paling dicari para penyuka surfing, lho. Kamu juga bisa melihat secara langsung keindahan terumbu karang yang berwarna-warni dan aneka macam jenis ikan.

Baca Juga: Jalan-Jalan ke Nias? Ini 5 Kuliner Khasnya yang Wajib Kamu Coba!

3. Pulau Wunga

Berkunjung ke Nias, 5 Pulau Eksotis Ini Wajib Kamu Singgahiinstagram.com/lost_at_sea_visuals

Pulau Wunga yang terletak di Nias bagian utara ini adalah surga bagi para pecinta pantai. Pulau Wunga memiliki air laut yang bening seperti kristal sehingga bisa memantulkan warna birunya langit.

Selain berenang dan memancing, pemandangan di bawah lautnya juga sangat cocok untuk aktivitas snorkeling. Jika ingin menuju pulau Wunga yang juga merupakan pembatas bagi negara Indonesia dengan India, kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 6 jam dari kecamatan gunung Sitoli.

4. Pulau Hinako

Berkunjung ke Nias, 5 Pulau Eksotis Ini Wajib Kamu Singgahiinstagram.com/genpi_sumut

Pulau Hinako merupakan gugusan yang terdiri dari pulau-pulau kecil. Keindahan yang dimiliki pulau Hinako tidak perlu diragukan lagi. Pulau Hinako banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing. Memiliki ombak yang cukup menantang membuat pulau Hinako dianggap sebagai surga bagi para peselancar.

Tak perlu risau jika tidak bisa berselancar karena kamu masih bisa mengeksplor keindahan biota bawah laut dari pulau Hinako dengan cara snorkeling. Hanya dengan sekali datang saja, pasti kamu akan langsung jatuh cinta dengan pulau Hinako. 

5. Pulau Bawa

Berkunjung ke Nias, 5 Pulau Eksotis Ini Wajib Kamu Singgahiinstagram.com/milkysaputra12

Pulau Bawa masih termasuk ke dalam bagian dari gugusan kepulauan Hinako. Pulau ini di kekelingi oleh Samudera Hindia. Penduduk asli pulau Bawa adalah suku Nias yang memiliki marga Maruhawa. Di pulau Bawa selain pemandangannya yang sangat luar biasa, kamu juga bisa menikmati keindahan terumbu karang berwarna-warni, aneka macam ikan karang dan megabenthos. 

Nah, itulah lima pulau paling eksotis yang ada di Nias. Jadi, pulau mana yang ingin kamu kunjungi pertama kali? 

Baca Juga: 6 Pantai yang Wajib Dikunjungi Ketika Berlibur ke Nias Selatan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Sinta Listiyana di IDN Times Community dengan judul 5 Pulau Eksotis yang Wajib Kamu Kunjungi di Nias

Topic:

  • Arifin Al Alamudi
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya