Comscore Tracker

Gak Hanya Ronaldo, Egy Maulana Vikri juga Dipotong Gajinya di Polandia

Gaji pesepakbola asal Medan ini dipotong 50 persen

Jakarta, IDN Times - Perekonomian klub-klub sepak bola turut terimbas karena mewabahnya virus corona di dunia. Cerita pemotongan gaji yang dilakukan klub harus dilakukan karena pemasukan klub tersendat seiring dengan terhentinya kompetisi. 

Bukan hanya Cristiano Ronaldo dkk yang dipotong gajinya oleh Juventus. Pemotongan gaji juga dilakukan klub Polandia, Lechia Gdansk. Imbasnya pesepakbola asal Medan, Egy Maulana Vikri yang tengah berkarier di kompetisi tertinggi Polandia, Ekstraklasa harus rela gajinya dipotong.

1. Lechia Gdanks sudah umumkan pemotongan gaji pemain 50 persen

Gak Hanya Ronaldo, Egy Maulana Vikri juga Dipotong Gajinya di Polandialechia.pl

Pihak Lechia Gdansk pun sudah mengumumkan secara resmi terkait pemotongan gaji pemain 50 persen sampai Juni 2020 nanti melalui rilis di laman resmi klub pada Senin (30/3). Hal itu dilakukan mereka demi keberlangsungan hidup klub yang tak memiliki pendapatan usai kompetisi ditangguhkan.

"Epidemi virus corona saat ini telah menyebabkan awan hitam menaungi banyak organisasi olahraga, tak ketinggalan sepak bola Ekstraklasa, yang menangguhkan yang harus menangguhkan kompetisi. Kurangnya pendapatan dari tiket, penjualan hak siar televisi, sampai permasalahan beberapa sponsor menyebabkan klub mulai mencaricara untuk menyeimbangkan neraca keuangannya," kata Presiden Lechia Gdansk, Adam Mandziara.

Gaji pemain yang dibayar setengahnya ini bisa jadi terus diperpanjang jika pandemik tersebut terus berlangsung dan liga belum berjalan.

Baca Juga: Edy Rahmayadi Serahkan Bonus SEA Games untuk Egy Maulana Vikri dkk 

2. Presiden Lechia Gdansk tak punya pilihan lain untuk selamatkan keuangan klub

Gak Hanya Ronaldo, Egy Maulana Vikri juga Dipotong Gajinya di PolandiaPresiden, Lechia Gdanks, Adam Mandziara. (echia.pl).

Adam mengungkapkan manajemen bertanggung jawab aras keberlangsungan klub dalam situasi yang baru terjadi ini, dan itu merupakan prioritasnya. Klub tak memiliki pilihan lain selain memangkas gaji Egy Maulana Vikri dan kolega lantaran tak ada pertandingan, walau pada akhirnya harus ada pengorbanan.

"Kita mulai dengan diri kita sendiri, meski pun kita bekerja lebih dari biasanya. Kami tidak dapat berpura-pura bahwa tak ada yang berubah, karena dari sudut pandang kami semuanya telah berubah dan situasi ini membutuhkan tindakan radikal," ujar Adam.

3. Dua klub Ekstraklasa lain tengah bernegosiasi untuk memotong gaji pemainnya 50 persen

Gak Hanya Ronaldo, Egy Maulana Vikri juga Dipotong Gajinya di PolandiaKlub Ekstraklasa, Slask Wroclaw. (wroclaw.pl)

Dalam beberapa hari ke depan, manajemen Lechia Gdanks pun bakal berbicara dengan para pemain dan karyawan untuk membicarakan pengurangan gaji selama tiga bulan ini, sesuai dengan resolusi Dewan Pengawas Ekstraklasa yang memungkinkan klub untuk mengurangi upah pemain hingga 50 persen, tapi tak lebih dari zł10 ribu atau setara dengan Rp39,8 juta.

Di Liga Polandia sendiri, ada tim yang melakukan inisiatif untuk menunda pembayaran gaji pemain, yakni Polonia Bytom , klub Divisi Tiga. Lalu ada juga klub Ekstraklasa lain seperti Slask Wroclaw dan Wisla Krakow yang tengah bernegosiasi untuk memotong gaji pemainnya 50 persen seperti yang dilakukan klub Egy, Lechia Gdanks.

Baca Juga: 5 Fakta Debut Starter Egy Maulana Vikri di Lechia Gdansk

Baca Juga: Dapat Rp30 Juta, Ini Hal yang akan Dilakukan Egy Maulana Vikri

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya