Comscore Tracker

Ternyata Dulu hanya Ritual Agama, Ini 6 Fakta Seputar Olahraga Sumo

Dulu banyak diikuti wanita juga!

Kamu kenal sumo? Ini adalah olahraga tradisional asal Jepang yang populer. Bahkan kabarnya sudah ada sejak 1.500 tahun lalu. 

Ternyata sumo awalnya bukan bagian dari cabang olahraga. Melainkan ritual agama. Termasuk shinto, ring sumo dan ditemukan banyak kuil di Jepang.

Namun tahukah kamu jika ada beberapa fakta unik tentang olahraga sumo yang banyak digeluti orang-orang berbadan besar ini? Berikut fakta-faktanya.

1. Pemain wanita

Ternyata Dulu hanya Ritual Agama, Ini 6 Fakta Seputar Olahraga Sumocdns.klimg.com

Dahulu, sumo tidak hanya dimainkan oleh laki-laki saja. Sumo juga dimainkan oleh wanita. Namun, saat ini Asosiasi Sumo Jepang melarang adanya pemain wanita bertanding di dalam ring. Hal ini disebabkan karena sumo identik dengan kekuatan fisik dan kekerasan.

Meski tidak diperbolehkan mengikuti kejuaraan, pementasan sumo wanita masih dapat dilakukan jika dengan tujuan hanya untuk hiburan semata.

Baca Juga: Memesona, 10 Potret Body Goals Amanda Manopo Berkat Rajin Olahraga

2. Nggak harus gemuk

Ternyata Dulu hanya Ritual Agama, Ini 6 Fakta Seputar Olahraga Sumoinstructables.com

Jika mendengar olahraga sumo, orang pasti akan langsung membayangkan para pemainnya yang berbadan gemuk. Namun, ternyata pemain sumo tidak harus gemuk, lho. Pesumo zaman dahulu bahkan cenderung berbadan kurus namun harus memiliki otot dan tenaga yang kuat.

3. Pemain sumo berasal dari luar Jepang

Ternyata Dulu hanya Ritual Agama, Ini 6 Fakta Seputar Olahraga Sumomentalfloss.com

Meski merupakan olahraga tradisional Jepang, gak hanya orang Jepang asli yang boleh mengikuti olahraga ini. Orang asing-pun diperbolehkan mengikuti olahraga ini meski harus mengikuti beberapa syarat seperti fasih berbahasa Jepang dan mengerti budaya-nya. Sekarang ini pemain asing sumo cukup banyak yang berasal dari luar Jepang, mereka biasanya berasal dari Mongolia, Rusia, Turki, Eropa Timur, atau Korea.

4. Latihan yang keras

Ternyata Dulu hanya Ritual Agama, Ini 6 Fakta Seputar Olahraga Sumoandywlms.com

Jangan karena para pemain yang kebanyakan gemuk, membuatmu berpikir bahwa kehidupan para pesumo hanya makan tidur saja, ya. Justru para pesumo harus rajin olahraga dan latihan yang sangat keras agar memiliki tenaga yang kuat untuk menjatuhkan lawan di ring.

5. Hidup tradisional

Ternyata Dulu hanya Ritual Agama, Ini 6 Fakta Seputar Olahraga SumoOtakunoculture.files.wordpress.com

Karena merupakan olahraga tradisional Jepang, para pesumo juga memiliki aturan untuk selalu menggunakan kimono dan sandal kayu setiap hari. Mereka harus selalu hidup tradisional dan bertingkah laku sopan.

6. Rambut panjang

Ternyata Dulu hanya Ritual Agama, Ini 6 Fakta Seputar Olahraga SumoAsianews.it

Seorang sumo diharuskan untuk memanjangkan rambutnya agar bisa diikat membentuk chonmage, yakni gaya rambut mirip samurai di zaman edo. Mereka tetap menghargai banget budayanya ya.

Ternyata gak semua pesumo diwajibkan untuk berbadan besar, namun justru harus memanjangkan rambut.. Dari keenam daftar di atas, fakta tentang sumo manakah yang belum kamu tahu?

Baca Juga: Garangnya Hilang, 10 Potret Young Lex dengan Putrinya Zaenab Alexander

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Kenny Riana di IDN Times Community dengan judul 6 Fakta Unik Olahraga Sumo yang Perlu Kamu Tahu!

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya