TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Violetha Agryka Sianturi, Anggota Paskibraka IKN Asal Sumut

Violetha Agryka Sianturi berasal dari SMA Negeri 1 Sibolga

76 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) nasional 2024 telah dikukuhkan (Foto: Muchlis Jr - BPMI Setpres)

Medan, IDN Times - Dari 76 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) nasional 2024 telah dikukuhkan. Dua diantaranya, adalah Violetha Agryka Sianturi dan Ibnu Aswan. Mereka berdua berasal dari Sumatera Utara.

Ibnu Aswan dari SMA Negeri 1 Tanjung Balai, sedangkan Violetha Agryka Sianturi berasal dari SMA Negeri 1 Sibolga. Ibnu Azwan kelahiran Tanjung Balai, pada 10 Juni 2006 yang tengah menempuh pendidikan ini merupakan anak dari pasangan Zulkifli Sihotang dengan Lina Budiarti.

Sementara itu, Violetha tengah menjadi sorotan setelah dirinya memimpin upacara pengukuhan Paskibraka di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada, Rabu (13/8/2024). Yuk simak profil Violetha Agryka Sianturi 

1. Sang Presiden sematkan lencana pada Violetha sebagai perwakilan dari Paskibra 2024

Violetha mendapat kesempatan langsung bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada momen pengukuhan tersebut. Sang presiden menyematkan lencana kepada Violetha sebagai perwakilan dari Paskibraka 2024.

Violetha juga mewakili rekan-rekan Paskibraka lain untuk memegang bendera Merah Putih saat pengucapan ikrar Putra Indonesia yang dipimpin oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

Presiden Jokowi bertindak selaku pembina upacara, sedangkan Violetha Agryka Sianturi anggota Paskibraka 2024 dari Provinsi Sumatra Utara bertindak selaku pemimpin upacara.

Rasa bangga dan sangat senang pastinya tengah dimiliki keduanya, untuk mengembang tanggungjawab yang besar melaksanakan atau mengibarkan maupun menurunkan Sang Saka Merah Putih tanggal 17 nantinya.

2. Tidak hanya aktif di Paskibra, Violetha juga memiliki sejumlah prestasi

Violetha merupakan siswa kelas 10 di SMA Negeri 1 Sibolga. Tidak hanya, aktif di paskibra. Namun, dirinya juga memiliki sejumlah prestasi.

Pada saat SMP, Violetha juga berhasil mengukir prestasi. Ia menjadi salah satu peserta terpilih untuk mengikuti Program Sabang Merauke Kemenkeu yang kegiatannya turut diisi oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

Selain itu, gadis ini kembali terpilih untuk mengikuti program American Field Service Global STEM di Jakarta, untuk belajar mengenai kepemimpinan dan penyelesaian isu-isu global. 

Dia juga meraih posisi 1st Runner Up Miss Remaja Indonesia 2023, dan mendapat gelar Putri Cagar Budaya Sumatera Utara 2024.

Berita Terkini Lainnya