TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Harga Tiket Kapal Laut Pelni Medan Naik, Cek Harga Terbarunya

Penyesuaian tarif diyakini tidak pengaruhi jumlah penumpang

Ilustrasi Kapal Feri (Kapal Penyeberangan) (IDN Times/Sukma Shakti)

Medan, IDN Times - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) melakukan penyesuaian tarif armada transportasi kapal laut. Penyesuaian tarif ini telah berlaku mulai 1 Juli 2023.

Kepala Cabang (Kacab) PT Pelni Medan, Biwa Abi Laksana mengatakan, penyesuaian tarif diyakini tidak memengaruhi jumlah penumpang dengan berbagai tujuan.

Menurutnya, penyesuaian tarif ini telah disosialisasikan sebelum 1 Juli 2023. Sehingga, para calon penumpung tidak lagi kaget. Nantinya, penyesuaian tarif seiring dengan perbaikan pelayanan secara bertahap.

Baca Juga: Pengangguran di Sumut Turun, Iklim Investasi Jadi Faktor

1. Persentase penyesuaian tarif ini di angka 23 persen dari penyesuaian tarif sebelumnya tahun 2016

Monitoring pelayanan Kapal Pelni (Dok. Istimewa)

Penyesuaian harga tiket kapal telah sesuai regulasi atau peraturan baru, berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 7 dan Nomor 8 Tahun 2023 perihal Tarif Penumpang dan uang Tambang Barang Angkutan Perintis dan Tarif Batas Atas Angkutan Penumpang Laut Dalam Negeri Kelas Ekonomi.

Persentase penyesuian tarif hingga 23 persen dari penyesuaian tarif sebelumnya di tahun 2016. Jumlah calon penumpang belum ada perubahan, diharapkan ada penambahan trayek perjalanan dari Medan-Batam dan Batam-Medan 2 kali seminggu.

2. Dari lima ruas terpadat, wilayah Belawan-Pulau Batam mendominasi

Ilustrasi Kapal (IDN Times/Sukma Shakti)

Tercatat sampai dengan Kamis (20/7/2023) perusahaan mencatat telah mengangkut sebanyak 3.042.507 penumpang yang berpergian dengan kapal penumpang dan kapal perintis.

Ada lima ruas terpadat, yang meliputi wilayah Belawan-Pulau Batam sebanyak 73.410 penumpang, Pulau Batam-Belawan sebanyak 57.585 penumpang, Makassar-Bau Bau sebanyak 40.694 penunpang, Bau Bau-Makassat sebanyak 39.570 penumpang, dan Makassar-Surabaya 35.775 penumpang.

Selain itu juga, diharapkan ada penambahan kapal agar menghindari kuota penumpang yang berlebih. Mengingat selama ini para penumpang kapal telah melebihi batas kuota dan kapal yang semakin tua. Meskipun, sudah melalui izin dari Kementrrian Perhubungan untuk kelebihan tersebut.

Baca Juga: Serunya Berkompetisi Memanah Sambil Berkuda di Taman Cadika Medan

Berita Terkini Lainnya