TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Mudah Memulai Obrolan dengan Orang Asing di Tempat Umum

Wajib percaya diri dan santun memulai percakapan

bercakap bersama (freepik.com/freepik)

Memulai obrolan dengan orang asing atau stranger dapat menjadi suatu cara untuk mengasah kemampuan interaksi sosial. Dalam sehari, ada berbagai kesempatan untuk bertemu dengan orang asing di tempat umum.

Beberapa situasi di antaranya: saat menunggu KRL, berada dalam KRL, duduk di taman, menunggu antrean, saat bersama driver ojek online, dan berbagai situasi lain. Percakapan kecil dengan orang asing bisa saja membuka peluang baru, membangun koneksi, dan menambah teman.

Bahkan bisa saja percakapan ringan dengan orang asing akan membuat hari lebih berwarna. Tak hanya itu, bisa juga kamu mendapatkan inspirasi baik dari orang asing. Jadi tak ada salahnya memulai obrolan dengan orang asing.

Namun, memulai obrolan dengan orang asing bisa menjadi pengalaman menantang. Jika kamu merasa canggung atau tidak tahu harus memulai dari mana, berikut tujuh tips memulai obrolan dengan orang asing!

1. Gunakan topik berkaitan dengan situasi untuk membuka percakapan

Manfaatkan situasi untuk memulai percakapan dengan orang asing di dekatmu. Penerapan cara ini termasuk paling mudah. Kamu tak perlu repot-repot mencari topik karena topik obrolan bisa diawali dari situasi yang saat ini kamu hadapi.

Topik situasi, seperti cuaca, suasana bisa kamu jadikan awalan untuk membuka obrolan. Misalnya, jika kamu sedang menunggu antrean di kafe, maka kamu bisa menyampaikan: "Minuman dingin pas banget buat cuaca panas seperti ini, ya?"

Kalimat sederhana itu bisa membuka pintu untuk percakapan lebih lanjut. Mudah, bukan?

2. Iringi percakapan dengan senyuman ramah

Tips membuka obrolan dengan orang asing berikutnya ialah mengiringi dengan senyuman. Senyuman menunjukkan etika yang santun untuk memulai percakapan dengan orang lain. Tentu akan beda rasanya jika percakapan dilakukan dengan ekspresi tegang, tanpa senyuman sama sekali.

Menerapkan senyuman tidak hanya menunjukkan energi positif ramah pada orang lain, tetapi juga menjadi sinyal positif bahwa kamu terbuka untuk memulai percakapan. Sering kali, respons positif orang lain akan membuatmu lebih percaya diri melanjutkan obrolan.

3. Ajukan pertanyaan terbuka yang tidak sekadar menghadirkan jawaban “ya” atau “tidak”

Kamu bisa membuka obrolan dengan mengajukan pertanyaan terbuka. Jenis pertanyaan ini ialah jenis pertanyaan yang tidak bisa dijawab dengan "ya" atau "tidak."

Membuka obrolan dengan topik ini, akan memungkinkan orang lain untuk memberi jawaban yang lebih luas dan membuka peluang untuk melanjutkan obrolan. Contohnya, saat di taman, kamu bisa bertanya, “Biasanya aktivitas apa yang dilakukan saat di sini?"

Baca Juga: 5 Topik Obrolan Penting sama Pasangan Agar Hubungan Bertahan Lama

4. Ceritakan pengalaman pribadi

Tips memulai obrolan dengan orang asing selanjutnya ialah membahas sedikit pengalaman pribadi yang relevan dengan situasi. Namun, kamu tak perlu terlalu banyak menyampaikan pengalaman pribadi.

Tetap perhatikan bagaimana respons mitra bicaramu. Jika ia terlihat terbuka untuk diajak berbicara, maka kamu dapat menceritakan pengalaman pribadi. Sebaliknya, jika ia menunjukkan ketidaknyamanan, maka kamu bisa membatasi topik percakapan.

Misalnya, jika kamu melihat seseorang membawa buku yang kamu kenal, kamu bisa mengatakan, "Saya pernah membaca buku itu, ceritanya sangat menyentuh, menurutmu bagaimana?" Melalui penerapan ini, kamu bisa menciptakan koneksi yang lebih dalam dan memperlihatkan ketertarikanmu.

5. Perhatikan bahasa tubuh dengan baik

Bahasa tubuh sangat penting dalam berkomunikasi. Terkadang, tanpa kita sadari, sikap tubuh kita bisa menutup kesempatan untuk memulai obrolan.

Cobalah untuk menjaga postur tubuh yang terbuka, seperti tidak menyilangkan tangan atau tidak menghadap ke arah lain saat berbicara. Selain itu, perhatikan juga bahasa tubuh mitra bicaramu. Jika mereka terlihat nyaman dan tertarik, itu tanda baik untuk melanjutkan percakapan.

6. Jangan takut memulai kembali

Tidak semua percakapan akan berjalan mulus dan itu adalah hal yang wajar. Jika kamu merasa percakapan mulai sepi atau canggung, jangan ragu untuk memulai topik baru.

Bahkan kamu bisa bertanya lebih lanjut tentang topik sebelumnya. Ingatlah bahwa tidak ada salahnya mencoba kembali. Sering kali usaha kedua atau ketiga justru menghasilkan percakapan yang lebih hidup.

Verified Writer

Nurul Azizah

Tidak melakukan apa-apa, tidak akan mengubah apa-apa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya