TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih Circle di Tempat Kerja, Jangan Sampai Menyesal!

Circle di tempat kerja bisa membawa pengaruh buruk untukmu

ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Memilih teman di tempat kerja atau memilih circle merupakan langkah penting yang dapat membantumu memeroleh lingkungan kerja yang produktif dan menyenangkan. Bagaimana pun juga circle yang baik tentu dapat memberikan kolaborasi dukungan dan juga motivasi yang diperlukan untuk mencapai berbagai kesuksesan dalam dunia kerja.

Sayangnya tidak semua rekan kerja ternyata cocok dijadikan sebagai teman dekat, sehingga kamu harus ekstra selektif dan memerlukan pertimbangan yang cermat agar bisa mendapatkan circle yang sesuai dengan harapan. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa tips berikut ini dalam memilih circle di tempat kerja agar nantinya tidak sampai salah pilih.

1. Pilih orang-orang yang postif dan mendukung

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih orang-orang yang memiliki energi positif dan suportif terhadap satu sama lain. Energi positif tentunya dapat memengaruhimu dalam suasana hati, sehingga nantinya kamu dapat terus termotivasi dalam menyelesaikan berbagai tugas-tugas dan juga tantangan yang mungkin dihadapi.

Orang-orang yang positif biasanya juga akan secara otomatis memiliki sifat yang suportif atau mampu memberikan dukungan secara emosional. Bagaimana pun juga dukungan secara emosional ini ternyata bisa menjadi sumber kekuatan tersendiri dalam menghadapi tekanan atau pun kesulitan yang ada, sehingga nantinya tidak akan sampai merasa terbebani dalam bekerja.

2. Bergaul dengan orang yang memiliki tujuan sama

Tidak dapat dimungkiri bahwa setiap pegawai pasti memiliki perbedaan karakter tersendiri dan hal ini harus bisa sama-sama disesuaikan dengan cermat. Namun, kamu bisa berusaha mencari rekan kerja yang mungkin memiliki tujuan dan juga nilai yang sama pada saat bekerja, sehingga nantinya akan membuatmu bisa saling mendukung satu sama lain dalam mencapai hal tersebut.

Nilai-nilai yang sejalan biasanya berkaitan dengan etika kerja, kejujuran, dan juga integritas, sehingga akan membuatmu secara otomatis merasa nyaman dan aman ketika berada dalam circle tersebut. Oleh sebab itu, jangan sampai berada dalam circle yang memiliki tujuan atau pun nilai yang berbeda karena hal ini akan menyulitkanmu dalam mengatasi setiap masalahnya.

Baca Juga: 5 Strategi Sukses dalam Negosiasi Bisnis, Butuh Strategi 

3. Lakukan evaluasi mengenai kemampuan kolaborasi

Satu hal penting yang mungkin perlu kamu pahami dalam memilih circle di tempat kerja adalah dengan selalu tim melakukan evaluasi terhadap kemampuan kolaborasi dan juga komunikasi. Ternyata memang kemampuan kolaborasi dan komunikasi yang dimiliki bersama setiap rekan kerja mungkin akan berbeda-beda, sehingga kamu bisa menentukan sosok yang tepat untuk menemanimu dalam bekerja.

Usahakan untuk memilih rekan kerja yang memang mampu bekerja sama dan berbagi ide, sehingga kolaborasi tersebut akan berjalan dengan efektif dalam menghasilkan solusi yang lebih baik. Selain itu, pilihlah orang orang yang cenderung komunikatif dan mampu menyampaikan pesan dengan jelas, sehingga dapat mencegah berbagai risiko kesalahpahaman dan juga konflik.

4. Dekati orang yang mampu menghargai batasan dan privasi

Kamu harus ingat bahwa sedekat apa pun dengan rekan kerja, namun tetap saja harus memiliki batasan tersendiri. Bagaimana pun juga rekan kerja pasti akan selalu memiliki persaingannya yang membuatmu harus tetap membuat batasan dalam berinteraksi satu sama lain, sehingga jangan sampai justru terkesan melampaui batas dan mengganggu kehidupan personal.

Pilihlah orang yang mampu menghargai privasi dan juga batasan pada saat bekerja, sehingga dapat menjaga nilai nilai professionalisme tersebut. Selain itu, circle yang mampu untuk saling menghormati satu sama lain dapat menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan penuh perhatian, sehingga bisa sama-sama merasa didengarkan dan juga dihargai.

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih suah membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya