Comscore Tracker

Bisa Bikin Sakit, 5 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkas

Pasti ada yang pernah ngelakuin, nih

Kulkas memang jadi tempat menyimpan makanan agar lebih lama. Mulai dari minuman hingga berbagai makanan bisa tahan dari jamur, bahkan bisa tak berbau.

Tapi kamu tahu gak, kalau menyimpan makanan di kulkas juga ada caranya. Kalau salah sedikit, bisa bikin sakit lho. Yuk simak!

1. Jangan menyimpan sisa makanan tanpa penutup

Bisa Bikin Sakit, 5 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkashome.bt.com

Ketika kamu memiliki sisa bahan makanan, pastikan kamu menyimpannya dengan baik. Langsung masukkan ke kulkas dan sebaiknya kamu menutupnya.

Makanan yang kamu simpan tanpa tutup memang tetap awet, tapi gak dijamin bakal bersih dari bakteri. Mulai dari sekarang biasakan tutup kembali bahan makanan yang kamu simpan di kulkas, apalagi yang basah seperti daging-dagingan atau buah-buahan yang telah diiris.

2. Jangan gunakan air hangat atau air panas untuk mencairkan makanan beku

Bisa Bikin Sakit, 5 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkasflickr.com/waiferx

Biasanya kita mencairkan makanan beku langsung dengan air hangat atau air panas, ya kan? Kalau iya, mulai sekarang lebih baik gunakan air biasa saja ya.

Departemen Pertanian Amerika Serikat menjelaskan makanan beku yang langsung dimasukkan ke dalam air dengan suhu antara 40-140 derajat Fahrenheit justru akan membuatmu sakit. Jadi, lebih baik cairkan secara perlahan. Buru-buru sih wajar, tapi jangan sampai kesampingkan kesehatan ya!

3. Mendiamkan makanan di suhu ruangan bisa berbahaya

Bisa Bikin Sakit, 5 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkassafebee.com

Kebiasaan membiarkan makanan di suhu ruang setelah belanja atau ketika akan mengolahnya ternyata juga gak baik, lho. Bakteri akan berkembang biak dengan cepat, apalagi kalau kamu membiarkannya selama dua jam. Lebih baik langsung mengolahnya setelah dikeluarkan, dan harus cepat dimasukkan jika tidak diolah.

Baca Juga: 10 Tips Mudah Membersihkan Kulkas, Bikin Sehat dan Bebas Bau 

4. Ganti tempat penyimpanan susu

Bisa Bikin Sakit, 5 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkasdowntoearth.org.in

Susu ternyata juga punya cara tersendiri dalam penyimpanannya. Normalnya mungkin kamu tinggal menyimpan susu dalam kemasannya selama berhari-hari, tapi coba deh sekarang kamu pindah ke botol lain. Bakteri akan lebih cepat tumbuh di kotak karton daripada botol plastik atau kaca nih. 

5. Posisikan telur dengan benar

Bisa Bikin Sakit, 5 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkasthepioneerwoman.com

Selama ini, mungkin kamu meletakkan telur seadanya di kulkas, tapi ternyata posisi penyimpanan telur juga berpengaruh lho! 

Setelah dicuci bersih, simpan telur di tempat yang ada di kulkas dengan posisi ujung yang kecil berada di sisi bawah. Hal ini akan membuat telur gak mudah busuk, karena kantung udara di atas gak bakal tertekan. 

Sekarang sudah tahu cara menyimpan makanan di kulkas, kan? Biasakan menyimpannya dengan benar ya!

Baca Juga: 10 Makanan yang Tahan Lama Tanpa Masuk Kulkas, Cocok buat Anak Kost!

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya