TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Simak Nih Guys, Kebiasaan Tak Sehat yang Dilakukan saat Puasa

Puasa memang untuk kesehatan jika polanya baik

ilustrasi menyiapkan menu buka puasa atau sahur (pexels.com/Cats Coming)

Medan, IDN Times – Puasa telah memberikan manfaat  kesehatan yang baik untuk tubuh. Bahkan buktinya sudah diketahui secara ilmiah.

Namun ternyata, ada nih guys kebiasaan kurang baik yang dilakukan saat menjalankan puasa. Bahkan bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan.

Simak nih ulasan yang dilansir dari Halodoc.

1. Melewatkan sahur ternyata tidak baik saat berpuasa

Ilustrasi telur gulung sosis (instagram.com/mommiesjj)

Sahur sangat dianjurkan ketika kita hendak menjalankan puasa. Sehingga tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup.

Melewatkan saat sahur saat berpuasa ternyata berdampak tidak baik. Kamu akan rentan mengalami dehidrasi, bau mulut, mudah lelah, cepat merasa lapar, hingga masalah pencernaan.

2. Habis sahur langsung tidur, jangan yah guys

ilustrasi tidur siang (pexels.com/Eren Li)

Tidur setelah sahur ternyata kurang baik. Karena disaat bersamaan oksigen akan berpindah ke lambung. Kondisi ini mengganggu kinerja lambung dalam mencerna makanan.

Jumlah oksigen di dalam otak juga akan berkurang dan makanan yang belum dicerna secara optimal akan berbalik dari lambung ke kerongkongan. Akibatnya, kamu rentan mengalami gangguan pencernaan dan penyakit seperti stroke, maag, hingga refluks asam lambung (GERD).

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Gagal Diet Saat Berpuasa

3. Makanlah secukupnya saat berbuka

ilustrasi Ramadan (pexels.com/Rawpixel)

Pada saat berbuka, biasanya kita akan kalap saat melihat makanan. Semua makanan yang ada akan dikonsumsi langsung.

Ternyata hal ini juga kurang baik bagi kesehatan. Perut bisa dipaksa bekerja keras jika kita makan dalam jumlah banyak saat waktu berbuka.

Waktu ideal untuk makan besar saat puasa adalah selepas melaksanakan salat tarawih. Saat waktu berbuka, lebih baik konsumsi makanan yang ringan ringan saja.

4. Minimalisir makanan yang kurang sehat

Ilustrasi gorengan (instagram.com/senyata.id)

Ada beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama berpuasa. Diantaranya adalah makanan berlemak, bergas, gorengan, dan terlalu manis.

Karena, jika dikonsumsi secara terus menerus bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Peningkatan asam lambung, memicu penumpukan lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga akan terjadi masalah pencernaan di dalam tubuh.

Berita Terkini Lainnya