TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Manfaat Kesehatan dari Teh Nanas, Kaya Antioksidan!

Sudah coba belum?

ilustrasi teh kulit nanas (freepik.com/user21084936)

Kulit nanas adalah salah satu bahan aktif dalam teh nanas. Kulit nanas dikemas dengan banyak nutrisi kesehatan yang bermanfaat bagi tubuhmu. Sayangnya, banyak orang membuang kulit nanas karena tidak tahu betapa berharganya kulit itu. 

Jika kamu ingin beralih dan menikmati manfaat kesehatan yang luar biasa dari kulit nanas, kamu dapat mencoba membuat teh nanas. Teh ini sudah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Mau tahu apa saja? Simak, yuk!

1. Membantu sistem pencernaan

ilustrasi seseorang yang memegang perut (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Kulit nanas dipercaya mampu membuat sistem pencernaanmu bekerja lebih lancar.  Melansir Potentash, nanas juga membantu mengatasi beberapa masalah pencernaan, seperti sembelit, parasit usus, dan sindrom IBS.

Kulit nanas juga mengandung enzim pencernaan yang disebut bromelain. Inilah yang membantu molekul protein dipecah dalam sistem pencernaan. Ketika molekul rusak, mereka menjadi lebih mudah diserap di seluruh saluran pencernaan.

2. Melawan peradangan

ilustrasi penderita infeksi saluran kemih (freepik.com/8photo)

Menurut Organic Facts, bromelain adalah bahan aktif paling terkenal dalam nanas dan telah dikaitkan langsung dengan pengurangan peradangan. Bromelain bekerja dengan mengurangi pembengkakan setelah cedera atau operasi. Sifat anti-inflamasinya bermanfaat untuk meredakan sinus. Kulit nanas juga kaya akan vitamin C dan bila dikombinasikan dengan bromelain, terbukti sangat efektif melawan dan mencegah infeksi.

Sifat anti inflamasi pada bromelain juga sangat membantu untuk melawan sumber nyeri secara langsung. Jika kamu ingin meredakan nyeri sendi, maka kamu bisa mencoba menyeruput teh nanas.

Baca Juga: Kenali Jenis Penyakit Sinusitis, Agar Tahu Cara Pencegahannya

3. Kaya akan antioksidan penangkal penyakit

ilustrasi antioksidan (freepik.com/rawpixel.com)

Nanas tidak hanya kaya akan nutrisi, tetapi juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk membantu tubuhmu menangkal stres oksidatif. Stres oksidatif umumnya disebabkan oleh banyaknya radikal bebas.

Radikal bebas juga menyebabkan kerusakan sel yang menyebabkan melemahnya kesehatan kekebalan tubuh. Selain itu, hal ini bisa menjadi penyebab penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu.

4. Mengurangi resiko kanker

ilustrasi pasien adenokarsinoma (freepik.com/h9images)

Kanker adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangan penyakit ini umumnya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis.

Berdasarkan situs Healthline, beberapa penelitian mencatat bahwa nanas dan senyawanya, seperti bromelain dapat mengurangi risiko kanker dengan meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi infeksi.  Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu mengobati kanker yang sudah berkembang.

5. Bertindak sebagai penguat imunitas

ilustrasi pemanasan (freepik.com/freepik)

Nanas telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Mereka kaya akan berbagai macam vitamin, mineral, dan enzim, seperti bromelain. Bromelain diyakini efektif meningkatkan kekebalan tubuh.

Melansir Insider, bukan hanya bromelain, kandungan vitamin C dalam nanas juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, nanas memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. 

Baca Juga: Dokter Ungkap Banyak Pasien Muda Terserang Diabetes saat Ini

Verified Writer

Kazu Zuha

Hanya seorang anak SMK yang menyukai pelajaran SMA. Cenderung seperti bunglon, bisa menjadi Kpopers, Wibu, Agamis, Anak Sosiologi, Anak Politik, dan lain lain sesuai situasi dan kondisi hehe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya