Comscore Tracker

5 Tips Menyimpan Daging Agar Tahan Lebih Lama

Kualitasnya daging juga terjaga

Sebentar lagi hari raya Iduladha tiba! Kulkas kamu mendadak akan penuh daging. Ya, mendapatkan daging kurban seperti lembu dan kambing terkadang membuat kita tidak mungkin langsung memasaknya sekaligus.

Paling tidak, daging akan disimpan berhari-hari sebelum dimasak. Nah, agar daging kurban awet ada beberapa cara menyimpannya. Kualitasnya pun akan tetap segar. Mau tahu caranya? Berikut tips menyimpan daging kurban agar tahan lebih lama.

1. Pastikan kulkas dan freezer dalam keadaan bersih

5 Tips Menyimpan Daging Agar Tahan Lebih Lamawww.pexels.com/rawpixel.com

Sebelum menyimpan daging kurban ke dalam freezer, pastikan bahwa kulkas dan freezer kamu dalam keadaan bersih. Kalau freezer dipenuhi dengan salju es atau menyimpan makanan beku lainnya, ada baiknya kamu membersihkan dan menatanya dengan benar. Hal ini perlu kamu lakukan karena bakteri yang terdapat pada rak freezer kamu dapat mengkontaminasi dan menurunkan kualitas daging kurban. 

Selain itu, suhu kulkas dan freezer juga perlu diperhatikan. Suhu yang baik untuk menyimpan bahan makanan di kulkas adalah -4 derajat celcius. Sementara untuk freezer -10 derajat celcius. 

2. Bersihkan daging dari kotoran

5 Tips Menyimpan Daging Agar Tahan Lebih Lamawww.pexels.com/Pixabay

Kebanyakan orang menganggap mencuci daging akan membuatnya bersih dan terbebas dari kuman. Faktanya, mencuci daging dengan air justru dapat meningkatkan kadar air dalam daging dan risiko terpapar mikroba semakin besar.

Terus bersihinnya gimana? 

Nah, untuk membersihkannya kamu cukup menyerap lendir dan kotoran-kotoran lain menggunakan tisu. Dengan begitu tidak ada risiko penyebaran mikroba pada daging dan kualitasnya pun terjaga. 

Baca Juga: 3 Cara Memilih Hewan Kurban untuk Iduladha, Perhatikan Syariat Ya!

3. Potong daging sesuai kebutuhan

5 Tips Menyimpan Daging Agar Tahan Lebih Lamawww.pexels.com/rawpixel.com

Setelah daging selesai dibersihkan, selanjutnya ambil dan potong daging sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya daging kambing ingin kamu olah menjadi soto, kamu bisa memotongnya menjadi ukuran dadu atau sesuai selera kamu. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa menjaga kesegaran dan kualitas daging yang tidak akan kamu olah dalam waktu dekat. 

Sebelum memotong daging kurban, pastikan dulu kalau tangan kamu sudah bersih dan peralatan yang kamu gunakan juga dalam keadaan bersih, ya.

4. Simpan daging sesuai dengan jenisnya

5 Tips Menyimpan Daging Agar Tahan Lebih Lamawww.pexels.com/ElleHughes

Selesai dipotong dan di porsi sesuai dengan kebutuhan kamu, masukkan ke dalam wadah. Ingat ya jangan pernah simpan dua jenis daging dalam satu wadah sekali pun dalam wadah tersebut ada pembatasnya.

Kenapa? Karena setiap jenis daging memiliki aroma dan tekstur masing-masing. Perlakuannya pun berbeda-beda. 

Kalau kamu masih mau memaksakan diri untuk menyimpan dua jenis daging dalam satu wadah, bisa-bisa daging kamu menjadi beraroma aneh dan rasanya pun tidak enak.

5. Simpan dalam wadah tertutup dan kedap udara

5 Tips Menyimpan Daging Agar Tahan Lebih Lamawww.pexels.com/EllaOlsson

Setelah semuanya beres, tutup wadah dan pastikan tidak ada udara masuk ke dalam wadah. Tanpa udara, bakteri yang masih tertinggal dalam daging akan mati. Kualitas dan kesegaran daging pun semakin terjaga. 

Jangan lupa untuk memberi label berisi tanggal daging tersebut dimasukkan ke dalam freezer agar kamu bisa memantau kesegaran stok daging kurban kamu.

Ingat ya, daging yang pertama kali masuk adalah daging yang pertama kali dikeluarkan. Teknik ini dikenal dengan istilah first in first out dan sudah diterapkan di dunia industri baik itu makanan maupun yang lainnya untuk waktu yang lama. 

Mudah bukan tips menyimpan daging kurban agar lebih tahan lama? Jangan lupa untuk diterapkan, ya! 

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Arab Saudi Selain Kurma, Ada Buah Kesukaan Nabi

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Febby Arshani di IDN Times Community dengan judul Terapkan 5 Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lebih Lama

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Septi Riyani
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya