TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wajib Dicoba, Resep Pizza Tanpa Telur yang Praktis Banget

Cocok buat camilan anak di rumah, nih!

pizza tanpa telur (pexels.com/Jonathan Petersson)

Pizza merupakan hidangan gurih khas Italia yang cukup populer di Indonesia. Jika kamu kebetulan sedang malas pergi ke luar tapi ingin main bareng anak-anak, cobalah kamu buat sendiri pizza di rumah namun tanpa telur. 

Tenang saja, proses pembuatannya cukup mudah. Kamu bisa simak penjelasan resep pizza tanpa telur di bawah ini. Selamat mencoba, ya!

1. Bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  1. 1 sendok makan gula pasir
  2. 1/2 sendok teh ragi instan
  3. 100 ml air hangat
  4. 20 sendok makan tepung terigu
  5. 1/2 sendok teh garam
  6. 2 sendok makan minyak goreng
  7. Sosis ayam secukupnya
  8. Keju mozzarella secukupnya
  9. Saus spageti secukupnya       

2. Cara membuat pizza tanpa telur

  1. Campurkan gula pasir dengan ragi instan dan air hangat. Aduk-aduk sebentar dan biarkan dengan wadah terutup selama 15 menit. 
  2. Sambil menunggu, iris sosis ayam menjadi beberapa bulatan sesuai selera. Selain itu, sisakan sosis yang diiris lurus dengan ketebalan sesuai selera. 
  3. Tak tertinggal, parutlah keju mozzarella. Lalu, campurkan tepung terigu dengan garam. 
  4. Tambahkan minyak goreng dan aduk-aduk kembali hingga tercampur rata. Setelah 15 menit didiamkan, campurkan adonan cair tadi dengan tepung ini. 
  5. Aduk-aduk dan uleni hingga kalis. Bagilah adonan ini menjadi 2 bagian dan biarkan selama 1 jam dalam wadah tertutup hingga mengembang. 
  6. Setelah 1 jam berlalu, siapkan alas yang sudah ditaburi tepung terigu. Cetak adonan menjadi bulat dan tekan menggunakan rolling pin hingga gepeng dan berbentuk lingkaran. 
  7. Kemudian, tekan masing-masing sisi adonan dengan jari tangan dan isi dengan sosis yang diiris panjang. Tutupi kembali dengan adonan hingga tampak gundukan sosis di sisi adonan. 
  8. Tak berhenti sampai di sana, tekan-tekan juga adonan tengah menggunakan garpu. Lalu, olesi permukaan adonan dengan saus spageti.
  9. Taburi juga sisa sosis dan keju mozzarella. Hasilnya, pangganglah menggunakan air fryer selagi panas atau pada suhu sekitar 150 °C.
  10. Diamkan selama 15 menit hingga adonan matang sempurna. Akhirnya, pizza tanpa telur sudah siap disajikan.

3. Tips memasak

Jika ragi tidak berbuih setelah didiamkan, artinya ragi tidak bisa digunakan. Kamu bisa buat kembali dengan ragi yang baru. Selain itu, jangan lupa beri alas berupa kertas khusus air fryer ketikan akan memanggang adonan. 

Bukan hanya menggunakan air fryer, kamu masih bisa panggang pizza buatanmu menggunakan teflon. Pastikan memasaknya hingga padat dan matang dengan sempurna, ya!

Verified Writer

Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa. Kadang makan, masak, gerak gak jelas, dan melamun. Follow me on instagram @lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya