Comscore Tracker

Gampang, Tapi 7 Kesalahan Memasak Telur Ini Sering Dilakukan

Hati-hati gosong lho

Telur menjadi makanan yang enak dan fleksibel. Bisa dipadukan dengan berbagai olahan makanan. Makanan tanpa telur akan terasa kurang nikmat.

Apalagi telur juga menjadi sumber protein. Memasak telur gampang dan mudah pada dasarnya. Baik itu digoreng maupun direbus.

Tapi meski sebenarnya mudah, masih banyak yang salah dalam mengolah telur. Di antaranya seperti beberapa berikut ini.

1. Menggunakan penggorengan besi

Gampang, Tapi 7 Kesalahan Memasak Telur Ini Sering Dilakukanpinterest.com

Telur bisa dibilang seperti lem, karena dapat menempel dan mengering dengan cepat di penggorengan. Cara terbaik untuk memasak telur adalah jangan menggunakan panci berbahan besi, karena bisa membuatnya jadi lengket. Sebaiknya gunakan penggorengan antilengket ya!

2. Merebus telur dengan cara yang salah

Gampang, Tapi 7 Kesalahan Memasak Telur Ini Sering Dilakukanflickr.com

Meski terlihat mudah, telur rebus akan terasa kurang enak jika memasaknya dengan cara yang salah. Merebus telur bisa dibilang susah-susah gampang, karena harus memastikan suhunya dengan tepat.

Jika terlalu panas, telur akan mengeras. Jika kurang panas, tekstur telur menjadi kurang sempurna. Solusinya, kamu bisa menambahkan satu sendok makan cuka ke dalam airnya. Kandungan asam pada cuka akan membantu telur sedikit lebih cepat mempertahankan bentuknya. 

3. Mengaduk telur di wajan

Gampang, Tapi 7 Kesalahan Memasak Telur Ini Sering Dilakukanwww.seriouseats.com

Kalau biasanya membuat telur orak-arik dengan cara memecahkan langsung di atas wajan, sebaiknya jangan lakukan hal itu lagi. Sebab, ini akan menghasilkan telur yang bergaris-garis dan terlihat kurang menarik, bisa juga kematangannya tak sempurna.

Sebaiknya kocok telur terlebih dahulu di dalam wadah sebelum menumpahkannya di atas wajan. 

4. Memasak telur dengan api besar

Gampang, Tapi 7 Kesalahan Memasak Telur Ini Sering Dilakukanmarksdailyapple.com

Meski sedang terburu-buru, memasak telur dengan api besar akan membuat kematangannya tak merata. Sebaiknya masak telur dengan api sedang. Memasak dengan api besar hanya akan menghasilkan telur dengan rasa kurang enak. 

Baca Juga: Gak Sembarangan, Ini 9 Tips Memasak Telur Rebus Setengah Matang

5. Memasukkan telur ke air yang terlalu panas atau terlalu dingin

Gampang, Tapi 7 Kesalahan Memasak Telur Ini Sering Dilakukanspringwellwater.com

Suhu air menjadi hal yang harus diperhatikan saat merebus telur. Jika airnya terlalu mendidih atau terlalu panas, maka bercak putih telur akan berantakan keluar dari cangkang.

Namun jika airnya kurang panas juga akan menghasilkan putih dan kuning telur yang terpisah. Jadi tunggu air rebusan hingga menimbulkan gelembung kecil lalu kamu bisa langsung memasukkan telur tersebut ke dalam panci. 

6. Mengupas telur rebus sebelum didinginkan

Gampang, Tapi 7 Kesalahan Memasak Telur Ini Sering Dilakukanepicurious.com

Setelah merebus telur, hal yang selanjutnya dilakukan adalah mengupas cangkangnya. Kalau masih panas, sebaiknya didiamkan terlebih dahulu hingga benar-benar dingin. Karena jika mengupas telur yang masih panas, justru akan membuat potongan telur menempel di kulit. 

7. Merebus banyak telur dalam satu tempat

Gampang, Tapi 7 Kesalahan Memasak Telur Ini Sering Dilakukanmakeitgrateful.com

Sebaiknya, hindari merebus banyak telur sekaligus dalam satu panci, karena akan membuat telur memiliki kematangan yang tidak merata. 

Nah, semua orang sebenarnya bisa masak telur. Tapi ingat untuk tidak mengulangi kesalahan di atas agar telurmu terasa lebih nikmat disantap.

Baca Juga: Awas Salah! Ini 8 Cara Menyimpan Telur Agar Terhindar dari Bakteri

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya