TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

SPS Sumut Dorong Pemerintah Bantu Industri Media Cetak

Pengurus SPS Sumut periode 2004-2008

Ketua Umum SPS Januar P. Ruswita (tengah) bersama Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik didampingi  Sekretaris SPS Sumut, Hendrik Prayitno (dok.istimewa)

Medan, IDN Times- Ketua Umum Serikat Perusahaan Pers (SPS) melantik Pengurus SPS provinsi Sumatera Utara Periode 2024-2028 di Hotel Savoy Homann Jalan Asia Afrika Bandung, Jumat (20/9/2024).

SPS Sumut kembali dipimpin Farianda Putra Sinik. Ia dibantu Hendrik Prayetno (Harian Waspada), Asih Astuti (Harian Sumut Pos). 

Farian berharap Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota berkenan membantu perusahaan Pers, khususnya media cetak bisa tetap eksis. Menurut Farianda, bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota itu berupa kerja sama di bidang pemberitaan, periklanan, dan peningkatan kualitas sumber daya insan pers.

1. Industri pers jangan dibiarkan gulung tikar

Farianda menyebut, selain berperan sebagai sosial kontrol, pers juga memiliki fungsi edukasi, yang sejak zaman dahulu sudah ikut serta mencerdaskan anak bangsa dan turut pula berkontribusi membantu perjuangan para pahlawan, sehingga kita terbebas dari kolonialisme.

"Mencermati urgensi dan peran strategis pers dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sejak dulu hingga sekarang, tidak sepatutnya industri pers dibiarkan gulung tikar dan terancam tinggal nama," kata Farianda.

2. Industri koran diharap tak pernah mati

Hal senada juga disampaikan Ketua SPS Pusat Januar P Ruswita. Ia juga menyinggung peran pemerintah dalam menjaga eksistensi media cetak. 

"Apabila pemerintah pusat dan daerah mampu menjaga keberlanjutan industri media cetak, insya Allah Pers yang sehat dan berkualitas akan dapat kita wujudkan," ujarnya.

3. SPS harus berbuat untuk jaga industri surat kabar

Januar tidak lupa menyampaikan apresiasi kepada para pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bandung, mitra kerja dan berbagai pihak yang berkenan hadir menyemarakkan perayaan HUT ke-78 Serikat Perusahaan Pers tersebut.

"Terima kasih dan apresiasi juga saya sampaikan kepada 18 pengurus SPS Provinsi yang telah jauh-jauh datang ke Kota Bandung yang bersejarah dan kaya dengan berbagai kulinernya ini," kata Januar.

Kepada pengurus SPS Sumut yang baru dilantik, Januar berharap terus berbuat yang terbaik, demi tetap tumbuh dan berkembangnya industri Pers arus utama di Sumatra Utara.

Baca Juga: Penutupan PON 2024 Aceh-Sumut Meriah, Sampai Jumpa di NTT-NTB 2028

Berita Terkini Lainnya