TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bisa Terancam Pidana, Ini Bahaya Berkendara Melawan Arus

Jangan coba berkendara melawan arus, Bro!

Unsplash/James Gillespie

Saat ini masih banyak pengendara motor yang mengabaikan keselamatan saat berkendara. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pelanggaran lalu lintas yang terjadi setiap harinya, sebut saja pengendara motor yang kerap nekat melawan arus lalu lintas demi dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan dan menghindari kemacetan.

Padahal, prilaku melawan arus ini sangat berbahaya tidak hanya si pengendara, namun juga bagi pengendara lainnya. Meski begitu, pelanggaran melawan arah seperti sudah menjadi suatu kebiasaan tersendiri.

Dimana kelalaian dan kurangnya kesadaran pengendara untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang ada tetap menjadi penyebab utama terjadinya pelanggaran berkendara.

1. Pengendara harusnya lebih sadar dan berfikir panjang tentang risikonya

Edukasi safety riding pada pelajar SMP di Indako Safety Riding Center Medan (Dok. IDN Times)

Ismed Risya , tim Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan, memastikan motor dalam kondisi baik sebelum berkendara merupakan hal penting untuk dilakukan, namun prilaku berkendara dan mematuhi peraturan juga tidak kalah penting untuk dicermati dengan baik.

Terkait kesalahan melawan arus, seharusnya para pengendara lebih sadar dan berfikir panjang tentang risiko apa yang dapat terjadi dan mengancam keselamatan, bahkan nyawa menjadi taruhan.

2. Rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas

Ilustrasi kecelakaan (IDN Times/Cije Khalifatullah)

Keselamatan dan kenyamanan berkendara sejatinya adalah yang utama dan menjadi penting. Berikut bahaya yang didapat jika mengendarai motor dengan melawan arus.

Pertama, bahaya yang mengintai adalah rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dimana berisiko terjadinya benturan sesama pengendara yang dapat mengancam keselamatan kedua pengendara.

Berita Terkini Lainnya