TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Alasan Mengapa Harus Rutin Ganti Oli Sepeda Motor Kesayanganmu

Rutin Ganti Oli Agar Motor Kesayangan Selalu Prima

Ilustrasi Service Motor, Ganti Oli (Dok. IDN Times)

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan melihat besarnya manfaat oli untuk menjaga performa motor, maka dibutuhkan kepedulian para pengguna motor untuk memahami pentingnya melakukan penggantian oli secara berkala, karena dampak dari kelalaian mengganti oli dapat menyebabkan komponen di dalam mesin menjadi rusak sehingga motor harus turun mesin.

Kepedulian pada pecintanya terus ditunjukkan Honda dengan mengajak pecntanya untuk tidak hanya melakukan perawatan pada motornya di bengkel resmi, namun juga memperkaya wawasan dan pengetahuan terkait fungsi dan manfaat berbagai komponen pada motor kesayangan. Seperti halnya berbagi pengetahuan tentang pentingnya peranan oli mesin pada kinerja motor:

1. Oli mesin memiliki fungsi sebagai pendingin

dayaauto.co.id

Pertama, tidak hanya melindungi komponen mesin dari gesekan, namun oli mesin juga memiliki fungsi sebagai pendingin. Hal ini untuk menjaga mesin tetap pada suhu ideal. Suhu mesin yang ideal tentunya akan membuat kinerjanya lebih optimal.

Baca Juga: Jangan Asal Sebut, Klub Motor Beda Loh dengan Geng Motor

2. Membersihkan komponen motor, khususnya dari kotoran sisa pembakaran

Ilustrasi Service Motor, Ganti Oli (Dok. IDN Times)

Kedua, oli motor berkualitas tentunya tak hanya berfungsi sebagai pelumas saja. Namun, mampu membersihkan komponen motor, khususnya dari kotoran sisa pembakaran. Selain itu, oli juga berfungsi mengendalikan akibat gesekan antar komponen , sehingga tidak menempel pada bagian-bagian penting mesin.

3. Meredam dan menghaluskan suara mesin motor

Service sepeda motor Honda Pit Express AHASS (Dok. IDN Times)

Ketiga, oli juga bermanfaat untuk meredam dan menghaluskan suara mesin motor. Karena, jika mesin motor terdengar kasar, kemungkinan diakibatkan dari oli yang sudah lama terpakai atau karena spesifikasi oli tidak sesuai dengan yang dianjurkan.

Baca Juga: Dear Pencinta Motor, Ini 5 Tip Modifikasi Motor Anti Tilang

Berita Terkini Lainnya