Comscore Tracker

Paling Dicari Wisatawan, 10 Wisata Indonesia Terpopuler di Google

Kamu sudah kemana aja nih?

Bicara Indonesia tak bisa dilepaskan dari tempat-tempat indah untuk wisata. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia kaya akan alam, adat, dan budaya. 

Maka, gak heran selain turis lokal, banyak turis mancanegara yang selalu berkunjung ke Indonesia. Mesin pencarian google pun menjadi pilihan untuk mencari referensi soal wisata di daerah yang dituju. 

Inilah 10 tempat wisata paling populer yang dicari wisatawan melalui mesin pencarian Google selama 2019.

1. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Paling Dicari Wisatawan, 10 Wisata Indonesia Terpopuler di Googleinstagram.com/farhanghazali.86/

Kawasan Dieng termasuk paket lengkap sebagai destinasi wisata. Banyak hal indah yang bisa kamu jelajahi di sini.

Kamu bisa menikmati keindahan matahari terbit di Bukit Sikunir, napak tilas sejarah di Candi Arjuna, Batu Pandang Ratapan Angin yang cantik dengan alam hijaunya, hingga festival tahunannya berupa Dieng Culture Festival.

2. Gunung Bromo, Jawa Timur

Paling Dicari Wisatawan, 10 Wisata Indonesia Terpopuler di Googleinstagram.com/juni_joyodiningrat

Siapa sih yang gak tahu salah satu wisata andalan Jawa Timur ini? Berburu matahari terbit masih menjadi daya tarik utama Gunung Bromo. Ada beberapa spot untuk berburu sunrise di sini, antara lain Penanjakan I, Bukit Mentigen, Bukit Cinta, dan Puncak Seruni Point.

Terbaru, kini terdapat wahana balon udara dengan membayar sekitar Rp500 ribu. Kamu akan dibawa terbang setinggi 60 kaki di atas tanah selama 15 menit. Cara unik menikmati keindahan kawah Gunung Bromo, Gunung Batok, hamparan pasir berbisik, dan Bukit Teletubbies dari atas balon udara.

3. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Paling Dicari Wisatawan, 10 Wisata Indonesia Terpopuler di GoogleANTARA FOTO/Andreas Fitri Armoko

Candi Buddha terbesar di dunia ini begitu indah dan memesona. Kamu bisa menemukan lebih dari 2.600 relief dan 500 patung Buddha.

Di atas lahan seluas 2.500 meter persegi ini, kamu bisa safari gajah, keliling naik kereta mini, bersepeda, berkunjung Visitor Center dan Audio Visual, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak kalah spesial, kamu bisa menikmati keindahan sunrise, meski harus bayar sekitar Rp350 ribu.

4. Candi Prambanan, Jawa Tengah

Paling Dicari Wisatawan, 10 Wisata Indonesia Terpopuler di GoogleIstimewa/Rajawali Indonesia

Kalau di Yogyakarta, kamu bisa singgah ke candi hindu terbesar di Indonesia, Prambanan. Kawasan ini sangat mengesankan dengan candi utamanya setinggi 47 meter. Panorama matahari terbenamnya cantik banget.

Ada beragam fasilitas memadai yang bisa kamu manfaatkan di sini. Misalnya area selfie, olahraga memanah, berkeliling kereta wisata, memberikan makan rusa, dan sebagainya.

5. Kota Tua Jakarta

Paling Dicari Wisatawan, 10 Wisata Indonesia Terpopuler di GoogleIDN Times/Aulia Fitria

Kawasan Kota Tua di Jakarta ini bisa jadi alternatif liburan murah meriah. Kamu bisa sekadar jalan-jalan sambil menikmati beragam pertunjukan dan bangunan bernilai artistik. Kalau lapar, ada beragam kuliner khas Jakarta yang siap memanjakan lidahmu.

Tak jauh dari Kota Tua, ada Kali Besar yang tampilannya sudah berubah total. Pemandangannya kian cantik karena program revitalisasi.

Baca Juga: Meriahnya Perayaan Hanwoo Festival di Hoengseong, Kota Sapi di Korea

6. Nusa Penida, Bali

Paling Dicari Wisatawan, 10 Wisata Indonesia Terpopuler di GoogleIDN Times/Wayan Antara

Kalau kamu butuh suasana baru saat ke Bali, Nusa Penida bakal jadi pilihan terbaik. Kamu cukup naik kapal dari Pelabuhan Sanur dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Jangan lupa sewa kendaraan untuk memudahkanmu liburan.

Beberapa tempat wisata andalan di Nusa Penida antara lain Air Terjun Peguyangan, Pantai Kelingking, Pantai Atuh, Bukit Teletubbies, dan lain-lain.

7. Gunung Semeru, Jawa Timur

Paling Dicari Wisatawan, 10 Wisata Indonesia Terpopuler di GoogleInstagram.com/sigitprasetyawpd

Sejak tayangnya film 5 CM pada 2012 lalu, para wisatawan Indonesia berbondong-bondong naik gunung. Apalagi Gunung Semeru terbilang relatif mudah bagi pendaki pemula sekali pun. Sebagian lainnya cukup puas dengan berkemah di Ranu Kumbolo.

Sepanjang 2016-2018, kawasan Gunung Semeru terus mengalami peningkatan jumlah pengunjung. Berdasarkan data Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pengunjung lokal pada 2018 naik 36,10 persen dengan total 280.987 orang. Sedangkan, wisatawan mancanegara naik 27 persen dengan total 5.118 orang.

8. Gunung Ijen, Jawa Timur

Paling Dicari Wisatawan, 10 Wisata Indonesia Terpopuler di Googlejejaklangit.com

Ijen termasuk salah satu wisata gunung santai layaknya Bromo. Api biru menjadi daya tarik utamanya, karena hanya ada dua di dunia. Satunya berada di Islandia. Namun, butuh perjuangan untuk bisa melihat fenomena alam tersebut.

Kamu harus mendaki dengan cepat, karena sekitar pukul 03.30, api biru itu berangsur hilang. Di samping jalannya penuh tanjakan, kamu juga harus berjuang melawan asap Kawah Ijen. 

9. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Paling Dicari Wisatawan, 10 Wisata Indonesia Terpopuler di GoogleInstagram.com/sigitprasetyawpd

Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ini memberi kesan tersendiri bagi para pendaki. Mulai dari Puncak Rinjani, Gunung Batu Jari, Danau Segara Anak, dan Palawangan Sembalun, semuanya akan sukses membuatmu takjub.

Mendaki Rinjani bisa dilakukan dua hari semalam, tapi kamu akan kurang puas dan terlalu membebani badanmu. Setidaknya, luangkan waktu selama empat hari tiga malam untuk mendakinya. 

10. Garuda Wisnu Kencana, Bali

Paling Dicari Wisatawan, 10 Wisata Indonesia Terpopuler di GoogleANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Ikon terbaru Garuda Wisnu Kencana setinggi 121 meter sukses membuat Bali semakin populer. Selama di kawasan GWK, terdapat kereta wisata yang memudahkanmu untuk menjelajah.

Di lahan seluas 65 hektare ini, kamu akan menikmati berbagai patung ikonik dengan ukuran besar. Setelah puas menjelajah, banyak makanan khas Bali yang bisa jadi rekomendasi kulineranmu selama di sini.

Itulah sepuluh tempat wisata paling populer berdasarkan mesin pencarian Google. Kamu sudah berkunjung ke mana saja, nih?

Baca Juga: Menko Luhut Targetkan Kunjungan 3 Juta Wisman ke Danau Toba pada 2025 

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You