Comscore Tracker

Geosite Sipinsur, Tempat Terbaik Memandangi Keindahan Danau Toba

Simak informasi rute dan daya tariknya

Medan, IDN Times- Tak akan pernah bosan bagi kita menikmati keindahan Danau Toba. Apalagi danau vulkanik itu bisa dilihat dari berbagai sisi. Salah satu tempat terbaik wisata menikmati keindahan Danau Toba adalah dari Geosite Sipinsur.

Tempatnya berada di Kabupaten Humbang Hasundutan. Nama Sipinsur sendiri berhasal dari bahasa Batak “pinsur” yang berarti puncak. Lanskap Danau Toba dari ketinggian tidak akan membuat kamu bosan. Apalagi terhampar pemandangan hutan Pinus yang hijau sangat memanjakan mata wisatawan yang datang.

Berikut yang perlu kamu tahu soal Geosite Sipinsur.

1. Rute menuju Sipinsur

Geosite Sipinsur, Tempat Terbaik Memandangi Keindahan Danau TobaGeosite Sipinsur (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Geosite Sipinsur berlokasi di Desa Paerung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbanghasundutan. Kamu bisa memandang Danau Toba dari ketinggian 1.213 meter. Tempat ini juga luas kurang lebih 2 hektare.

Jika kamu berada di Medan, kamu lebih kurang harus menempuh perjalanan selama 6 jam dan menempuh jarak 226 kilometer. 

Selain itu jika tak mau menempuh perjalanan darat kamu bisa naik pesawat ke Tapanuli Utara. Hanya berjarak 18 km dari Bandara Silangit dengan waktu tempuh 30 menit perjalanan.

2. Jam operasional dari pagi hingga sore

Geosite Sipinsur, Tempat Terbaik Memandangi Keindahan Danau TobaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Geosite Sipinsur buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore. Jadi bagi kalian yang tidak memiliki hari libur di akhir pekan tidak perlu khawatir. Untuk menikmati keindahan alam Wisata Sipinsur ini kita hanya memberi uang retribusi.

3. Danau Toba terlihat dari jelas dari atas

Geosite Sipinsur, Tempat Terbaik Memandangi Keindahan Danau TobaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Keindahan Danau Toba dan ceritanya yang melegenda sudah tidak asing bagi wisatawan. Letak wisata Sipinsur yang berada di ketinggian menjadi daya tarik tersendiri untuk menikmati keindahan tersebut. Setiap sudut indahnya Danau Toba terlihat lebih jelas jika dari atas sini. Selain itu juga ada hutan pinus yang sangat menyejukkan untuk dipandang.

Baca Juga: Kolaborasi Ekraf Pemuda Dorong Danau Toba Semakin Mendunia

4. Berburu foto berlatar Danau Toba nan indah

Geosite Sipinsur, Tempat Terbaik Memandangi Keindahan Danau TobaPanorama Pulau Sibandang dari Geosite Sipinsur (IDN Times/Prayugo Utomo)

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan adalah foto berlatar Danau Toba nan indah.
Bagi pecinta fotografi, destinasi wisata Sipinsur tidak boleh terlewatkan. Dari sudut ini wisatawan dapat mengabadikan perpaduan indahnya langit biru Sumatera dan luasnya hamparan air. Berburu foto lanskap berlatarkan alam Danau Toba dapat dieskplor sepuasnya. Spot-spot foto instagramable menjadi pelengkap fasilitas bagi milenial.

5. Kawasan Hutan Pinus juga menjadi spot favorit

Geosite Sipinsur, Tempat Terbaik Memandangi Keindahan Danau TobaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Selain itu, kawasan Hutan Pinus juga menjadi salah satu destinasi bagi wisatawan yang berkunjung ke Sipinsur, pepohonan pinus di kawasan ini menyajikan keindahan alam yang masih asri. Memberikan suasana tenang dengan suara angin yang berbisik pelan, menjadikan kita betah berlama-lama di sini. 

Kawasan Hutan Pinus menjadi tempat yang paling cocok untuk melepas penat dari hiruk pikuknya pekerjaan yang padat. Wisata yang satu ini menjadi tempat yang pas untuk relaksasi jiwa dan raga dengan suasa yang adem.

6. Asyiknya camping di sini dan tersedia playing ground

Geosite Sipinsur, Tempat Terbaik Memandangi Keindahan Danau TobaInstagram.com/Parsamosir

Kawasan yang luas di area Wisata Geosite Sipinsur menjadikan destinasi ini memiliki keunggulan lain. Camping ground dengan latar pepohonan pinus memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Tidak sedikit dari mereka memilih untuk berkemah di kawasan Sipinsur. 

Kemudian, wisata ini juga lengkap dengan playing ground. Bagi yang berwisata dengan keluarga dan ingin menghabiskan waktu bersama anak-anak tanpa bermalam tak perlu khawatir. Di wisata ini terdapat memiliki tempat bermain terbuka yang tentunya aman agar anak dapat bermain dengan bebas. 

7. Jokowi dan Iriana minum kopi di Sipinsur

Geosite Sipinsur, Tempat Terbaik Memandangi Keindahan Danau TobaIDN Times/Prayugo Utomo

Pada Juli 2021 lalu, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo sempat menyinggahi Sipinsur. Saat itu dia mengajak sejumlah menterinya. 

Saat itu Jokowi menyempatkan berfoto dengan latar Danau Toba. Di situ Jokowi dan Iriana disuguhi kopi lokal.

Baca Juga: Syuting di Danau Toba, Film Ngeri-geri Sedap Tayang di Bioskop 2 Juni

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya