Comscore Tracker

Selain Danau Toba, Ini 5 Tempat Wisata Keren di Sumatera Utara

Ga sah ke Sumut kalau belum singgah ke tempat ini

Sumatera Utara dikenal memiliki danau terbesar di Indonesia itu bernama Danau Toba. Ratusan ribu wisatawan lokal dan mancanegara datang ke Danau Toba, Parapat, Simalungun setiap tahun.

Tapi jangan salah, Sumatera Utara tak hanya memiliki Danau Toba lho. Ada beberapa destinasi liburan yang recommended banget buat kamu kunjungi. Berikut list wisata keren di Sumatera Utara!

1. Sungai Dua Rasa Negeri Suah

Selain Danau Toba, Ini 5 Tempat Wisata Keren di Sumatera Utaratabloidwisata.com

Sungai ini berada di Desa Negeri Suah, Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang. Dinamakan Sungai Dua Rasa karena sungai ini memberikan sensasi rasa dingin dan hangat. Penyebabnya adalah adanya pertemuan aliran air panas dari perut bumi dengan air dingin dari aliran air terjun Sampuran Putih. 

Ketika kamu nyemplung ke sungai, kamu akan merasakan sensasi rasa hangat, lalu berganti dingin. Air belerang yang mengalir di bagian bawah sungai juga berkhasiat bagi tubuh. Banyak wisatawan yang santai berendam di dalam sungai. Pemandangan asri di sekitar sungai juga menambah pesona tempat ini.

Baca Juga: 5 Hotel di Sekitar Danau Toba Ini Punya Pemandangan yang Menakjubkan

2. Taman Alam Lumbini

Selain Danau Toba, Ini 5 Tempat Wisata Keren di Sumatera Utaraksmtour.com

Sebagai pagoda, tempat ini sering dikunjungi umat beragama Budha untuk beribadah. Tapi, tempat ini terbuka untuk umum juga kok. Ingat, kamu harus tetap mematuhi aturan-aturan yang berlaku ya. Di dalam Taman Alam Lumbini ini, berdiri kuil Buddha yang sangat megah dan merupakan replika Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar.

Replika Pagoda Shwedagon di Taman Alam Lumbini, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini merupakan replika tertinggi kedua di dunia, sekaligus menjadi pagoda tertinggi di Indonesia. 

Tempat ini juga cocok untuk yang hobi backpacker-an. Ada banyak pilihan bus umum dari Medan. Soal ongkos pun terbilang murah, hanya Rp 10 ribu.

3. Kebun Teh Sidamanik

Selain Danau Toba, Ini 5 Tempat Wisata Keren di Sumatera Utarapanduanwisata.id

Berada di perbukitan, kebuh teh yang berada di Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun ini menawarkan jelajah alam dengan pemandangan perbukitan kebuh teh nan indah. Sepanjang menyusuri kebun, wisatawan juga menikmati aroma teh yang harum dan segar. Udara yang sejuk dan suasana hening yang tenteram. Kebun teh ini berada di Perkebunan PTPN IV Sidamanik.

Ada empat kebun teh yang dapat dinikmati yang masih dalam kawasan PTPN IV. Di antaranya Kebun Bah Birung Ulu, Kebun Sidamanik, Kebun Bah Butong, dan Kebun Toba Sari. 

Baca Juga: Mau Feeds Instagram Kece? Coba Selfie di 5 Danau Cantik Ini

4. Magic Eye 3D Museum

Selain Danau Toba, Ini 5 Tempat Wisata Keren di Sumatera Utaratripadvisor.com

Kalau kamu hobi foto-foto, maka tempat ini yang paling cocok. Kalau dari kota Medan, jarak tempuh sekitar 45 menit. Museum 3D tersebut berada di perkomplekan hotel Wings dan The Crew Hotel, tepatnya di lantai 2 gedung Hub Market.

Magic Eye 3D Museum memiliki beberapa ruangan dengan berbagai tema. Dengan sudut pengambilan foto yang tepat, maka foto akan terlihat begitu nyata. Dengan membayar Rp 100 ribu per orang, kamu bisa sebebas-bebasnya berfoto di dalam. Akan lebih asyik bila kamu datang saat weekend, karena bakal ada pertunjukan sulap di jam tertentu tanpa ada tambahan biaya.

5. Rumah Pengasingan Soekarno

Selain Danau Toba, Ini 5 Tempat Wisata Keren di Sumatera Utarapanduanwisata.id

Sumatera Utara juga menyediakan tempat wisata sejarah buat kamu, yaitu Rumah Pengasingan Soekarno. Tempat ini berlokasi di tepian Danau Toba. Sehingga menyuguhkan pemandangan perairan Danau Toba, dikelilingi perbukitan yang tampak hijau kebiruan serta Pulau Samosir juga terlihat dari kejauhan.

Bangunan ini oleh Belanda pada tahun 1820 dengan ukuran 10 x 20 meter. Di dalamnya terdapat beberapa lukisan dan perabotan rumah yang dulu dipakai Bung Karno. Beberapa di antaranya seperti ruang dan tempat tidur, kursi ukir, lukisan, foto, koleksi buku, dan lainnya masih terawat dengan baik.

Baca Juga: Berkunjung Ke Tanah Batak, Daerah Super WOW!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Arief Hany di IDN Times Community dengan judul Selain Danau Toba, Ini Rekomendasi Liburan di Sumatera Utara

Topic:

  • Arifin Al Alamudi
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya