Comscore Tracker

Umrah Dibuka Lagi, 10 Destinasi Wisata Yang Bisa Dikunjungi di Saudi

Umrah dibuka secara bertahap!

Pemerintah Arab Saudi sudah kembali mengizinkan para jemaah dalam negeri dan luar negeri untuk melaksanakan ibadah umrah secara bertahap. Tahap pertama pada 4 Oktober, tahap kedua 18 Oktober, tahap ketiga 1 November, dan tahap terakhir warga negara dan masyarakat di dalam maupun di luar wilayah kerajaan diizinkan menjalankan umrah, mengunjungi Radwah di Masjid Nabawi di Madinah, dan shalat di dua masjid suci dengan 100 persen kapasitas, baik di Masjidil Haram maupun di Masjid Nabawi.

Selain fokus untuk beribadah, perjalanan umrah juga bisa dimanfaatkan untuk berwisata religi. 

Banyak tempat yang bisa dikunjungi saat umrah, selain Masjidil Haram sebagai tempat utama untuk beribadah. Mulai dari masjid tertua, tempat napak tilas perjuangan Nabi Muhammad SAW, hingga tempat belanja.

Penasaran apa saja? Yuk, intip daftarnya berikut ini!

1. Gua Hira

Umrah Dibuka Lagi, 10 Destinasi Wisata Yang Bisa Dikunjungi di Saudiinstagram.com/helmimeswan

Gua Hira berada di puncak Jabal Nur. Lokasinya cukup ekstrem, karena berada di atas tebing menanjak yang curam.

Di tempat inilah Nabi Muhammad menerima wahyu pertama dari Allah. Jika ingin berkunjung ke Gua Hira, pastikan fisikmu dalam keadaan prima ya.

2. Masjid Jawatha

Umrah Dibuka Lagi, 10 Destinasi Wisata Yang Bisa Dikunjungi di Sauditraveladventures.org

Masjid Jawatha berlokasi di desa Al-Kilabiyah, sekitar 12 kilometer timur laut Hofuf, Al-Ahsa. Meski arsitekturnya sangat sederhana, tetapi masjid ini merupakan tempat yang spesial, karena merupakan masjid tertua yang ada di Tanah Suci.

Sebagian struktur asli Masjid Jawatha sebenarnya sudah hilang, tetapi masih bisa digunakan sebagai tempat ibadah.

3. Masjid Quba

Umrah Dibuka Lagi, 10 Destinasi Wisata Yang Bisa Dikunjungi di Saudiwikipedia.org

Tempat ibadah bersejarah lainnya adalah Masjid Quba, yang berada di tepi kota Madinah. Masjid ini dibangun Nabi Muhammad pada 1 Hijriah (622 Masehi).

Arsitektur Masjid Quba kini terlihat sangat kokoh, dengan warna putihnya yang khas. Di sekitar Masjid Quba kamu bisa menemukan aneka jenis kurma yang unik dan enak.

4. Masjid Nabawi

Umrah Dibuka Lagi, 10 Destinasi Wisata Yang Bisa Dikunjungi di Saudiumroh.com

Masjid Nabawi merupakan tujuan utama selain Masjidil Haram. Masjid Nabawi berada di Kota Madinah. Di sinilah tempat Nabi Muhammad dimakamkan.

Masjid Nabawi dapat menampung hingga 1 juta jemaah. Selain beribadah, kamu juga bisa menemukan payung-payung hidrolik yang sangat ikonik dari Masjid Nabawi.

Baca Juga: Meminta Pertolongan dari Kesulitan Hidup, Yuk Membaca Doa Nabi Yunus

5. Raudhah

Umrah Dibuka Lagi, 10 Destinasi Wisata Yang Bisa Dikunjungi di Saudimuslim.or.id

Masih di area Masjid Nabawi, kamu juga bisa menemukan tempat yang sangat spesial, yakni Raudhah. Tempat yang juga disebut taman surga ini merupakan sebuah ruangan yang banyak dikunjungi jemaah untuk berdoa.

Letaknya berada di antara rumah yang kini menjadi makam Nabi Muhammad dengan mimbar yang beliau gunakan untuk berdakwah. Luasnya kurang lebih 330 meter persegi. Saking istimewanya, banyak jemaah umrah dan haji yang berebut untuk bisa beribadah di Raudhah.

6. Jabal Rahmah

Umrah Dibuka Lagi, 10 Destinasi Wisata Yang Bisa Dikunjungi di Saudiinstagram.com/umiali12

Jabal Rahmah adalah tempat yang romantis. Di sinilah tempat Nabi Adam bertemu dengan Siti Hawa untuk pertama kalinya setelah diusir dari surga.

Jabal Rahmah berbentuk berupa bukit batu setinggi 70 meter dengan sebuah tugu pada bagian puncaknya. Karena kental dengan nilai sejarah, tempat ini selalu ramai pengunjung.

7. Jabal Tsur

Umrah Dibuka Lagi, 10 Destinasi Wisata Yang Bisa Dikunjungi di Saudicheria-travel.com

Jabal Tsur berada di salah satu bukit tertinggi di kota Makkah. Tempat ini dulunya merupakan tempat persembunyian Nabi Muhammad dan Abu Bakar pada saat dikejar kaum kafir Quraisy ketika hendak hijrah ke Madinah.

8. Jabal Magnet

Umrah Dibuka Lagi, 10 Destinasi Wisata Yang Bisa Dikunjungi di Saudidejournal.id

Jabal Magnet berlokasi sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Madinah. Panoramanya sangat memukau.

Selain itu, keunikan lainnya dari tempat ini adalah medan magnet yang sangat tinggi. Saking kuatnya gaya magnetik di sini, mobil bisa bergerak dan membuat jarum kompas tidak bekerja sama sekali.

9. Gunung Uhud

Umrah Dibuka Lagi, 10 Destinasi Wisata Yang Bisa Dikunjungi di Sauditreasuresofmedina.com

Gunung Uhud berlokasi di sebelah utara Kota Madinah. Gunung yang berwarna kecokelatan ini menyuguhkan pemandangan yang sangat mengagumkan.

Gunung Uhud punya kisah sejarah yang menarik. Di sinilah lokasi terjadinya perang besar antara umat Islam melawan tentara Quraisy.

10. Pasar Zakfariyah

Umrah Dibuka Lagi, 10 Destinasi Wisata Yang Bisa Dikunjungi di Saudimoha-mushkil.com

Setelah ibadah umrah, tentu kurang afdal jika tak membeli oleh-oleh. Nah, kamu bisa mengunjungi Pasar Zakfariyah yang lokasinya tak jauh dari Masjidil Haram.

Di pasar ini, kamu bisa menemukan buah tangan yang sangat lengkap. Mulai dari kurma, peralatan ibadah, perhiasan, aksesoris, hingga alat elektronik.

Nah, itulah 10 destinasi wisata di Arab Saudi yang biasa kamu kunjungi saat umrah. Meskipun sudah diizinkan umrah, tetap perhatikan protokol kesehatan ya.

Baca Juga: Gawat! Medan Magnet Bumi Melemah, Ini Dampaknya pada Manusia!

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya