Comscore Tracker

5 Kampung Ini Berubah 180 Derajat, dari Kumuh Jadi Kampung Wisata

Semua bisa diubah kalau mau

Ketimpangan masih terlihat di kota-kota yang ada di Indonesia. Di balik gedung-gedung tinggi dan rumah mewah, masih ada kampung-kampung yang kumuh.

Namun kampung kumuh tak selamanya harus begitu. Bisa diubah dengan indah jika memang ada kemauan. Seperti 5 kampung berikut ini yang bisa berubah dari kumuh menjadi tempat wisata. Apa saja?

1. Kampung Jodipan

5 Kampung Ini Berubah 180 Derajat, dari Kumuh Jadi Kampung Wisatainstagram.com/yopi507

Kampung Jodipan berlokasi di Kecamatan Blimbing, Malang, Jawa Timur. Tempat yang sekarang jadi destinasi hits di Malang ini dulunya adalah permukiman kumuh. Kini, Kampung Jodipan berubah jadi kampung warna-warni yang cantik dan memesona. 

Uniknya lagi, terdapat jembatan kaca yang diklaim sebagai jembatan kaca pertama di Indonesia. Kehadiran jembatan kaca ini menambah daya tarik Kampung Jodipan. Banyak wisatawan yang berfoto di atas jembatan dengan latar kampung warna-warni yang unik.

2. Kampung Teluk Seribu

5 Kampung Ini Berubah 180 Derajat, dari Kumuh Jadi Kampung Wisatabalikpapanpremio.com

Pindah ke Pulau Kalimantan, ada Kampung Teluk Seribu yang dulunya kumuh kini menjelma menjadi sangat cantik. Kampung Teluk Seribu berada di Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Pemerintah setempat sukses menyulap Kampung Teluk Seribu layaknya Venice di Italia. Kampung ini sebenarnya berbentuk sebuah lorong tanpa atap yang menuju destinasi wisata bernama Teluk Seribu. 

Para pengunjung akan disambut lukisan tiga dimensi di sepanjang lorong. Tak cuma itu, rumah-rumah di Kampung Teluk Seribu pun dicat warna-warni dengan sangat cantik.

3. Kampung Katulampa

5 Kampung Ini Berubah 180 Derajat, dari Kumuh Jadi Kampung Wisatainstagram.com/ekyyymasen

Kampung Katulampa berlokasi di Bogor Timur, Bogor, Jawa Barat. Kampung yang dulunya terkenal padat dan kusam ini berubah menjadi sedap dipandang. Semua ini tak lepas dari peran para warga dan anak muda Kampung Katulampa yang berinisiatif untuk mengubahnya menjadi lebih cantik dan bersih. 

Serunya lagi, para pengunjung yang datang ke kampung ini juga dapat menikmati wisata river tubing, yakni mengarungi sungai menggunakan ban karet sembari menikmati keindahan Kampung Katulampa.

Baca Juga: Punya View Keren! 5 Spot Camping Ini Bisa Jadi Pilihan Millennial 

4. Kampung Wonosari

5 Kampung Ini Berubah 180 Derajat, dari Kumuh Jadi Kampung Wisatabbc.com

Kampung Wonosari beralamat di Jalan Dr. Soetomo, Kelurahan Randusari, Semarang Selatan. Berada di pinggir kali persis, Kampung Wonosari dulunya terkenal cukup kumuh. Namun, kini justru jadi destinasi wisata Semarang karena keindahannya. 

Meski bukan yang pertama kali, tapi menariknya kampung ini sukses mendapat perhatian dunia. Bahkan, media asing seperti BuzzFeed, The Independent, dan Mirror ramai membicarakannya.

5. Kampung Code

5 Kampung Ini Berubah 180 Derajat, dari Kumuh Jadi Kampung Wisatainstagram.com/suryojdb

Kampung Code berlokasi di pinggiran Sungai Code, tepatnya di Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta. Dulunya, selain padat penduduk, kampung ini juga terkenal kumuh dan tidak tertata. Namun, sekarang Kampung Code berubah menjadi cantik dan banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun wisatawan asing. 

Sebenarnya, keunikan Kampung Code sudah dilirik dunia sejak puluhan tahun yang lalu. Pada 1992, kampung ini pernah meraih Aga Khan Award for Architecture, sebuah penghargaan internasional di bidang arsitektur. 

Struktur tiang unik berbentuk huruf A di setiap rumah Kampung Code membuat para arsitek dunia jatuh cinta. Kampung Code dianggap mewakili budaya gotong royong dan harmonis masyarakat Kota Yogyakarta. Wow!

Nah, kamu sudah pernah berkunjung ke kampung yang mana nih? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya!

Baca Juga: ‎URaL 28 Jakarta Berhasil Tuntaskan Ekspedisi Kayak di Danau Toba

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You