Comscore Tracker

Biar Kuota Awet, Ini Cara Menghemat Paket Data di HP Android

Gak perlu boros kuota lagi deh

Untuk menikmati berselancar di dunia maya, kamu harus punya kuota yang cukup. Tapi terkadang tanpa kamu sadari, belum sebulan kuota kamu sudah ludes. Bahkan dalam hitungan seminggu kamu sudah harus ke toko pulsa buat nyari paket data.

Tapi jangan khawatir, ada caranya kok biar gak boros kuota. Kamu bisa praktikkan cara yang gampang ini. Tentu tanpa mengurangi asyiknya kegiatan berinternet kamu.

1. Pasang batas penggunaan setiap bulan

Biar Kuota Awet, Ini Cara Menghemat Paket Data di HP Androidting.com

Langkah pertama, kamu harus batasi penggunaan data kamu biar gak berlebihan. Cara ini dapat diterapkan di Android 5.0 Lollipop dan setelahnya. 

Gampang kok, langkah pertamanya kamu harus cek pemakaian internet di Settings > Connections. Melalui data tersebut, kamu bisa memperkirakan berapa data yang kamu butuhkan dalam sebulan.

Jika sudah, klik Set mobile data limit atau Limit mobile data usage. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat tanpa harus memotong habis pemakaian internet.

2. Batasi background data yang berjalan

Biar Kuota Awet, Ini Cara Menghemat Paket Data di HP Androidandroidauthority.net

Ada banyak aplikasi yang berjalan sebagai background di Android. Misalnya WhatsApp, Instagram, Facebook, atau bahkan game yang tidak dimatikan secara sempurna. Maka jangan heran jika mereka menyedot sebagian paket data yang kamu miliki. 

Untungnya, ada cara untuk meminimalisasi background data tersebut. Bagaimana? Buka Settings > Data usage. Kemudian sederet aplikasi pun akan muncul berdasarkan seberapa banyak data yang ia pakai. Klik aplikasi yang ingin kamu batasi, kemudian klik Restrict app background data

Perlu diketahui bahwa cara ini akan membatasi gerak aplikasi. Misalnya, ketika kamu mengaplikasikannya ke Facebook, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi sebanyak sebelumnya. 

3. Pastikan aplikasi tidak update secara otomatis

Biar Kuota Awet, Ini Cara Menghemat Paket Data di HP Android9to5google.com

Biang keladi berikutnya yang menghabiskan paket datamu adalah Play Store. Jika tidak diatur dengan baik, aplikasi tersebut akan melakukan update setiap waktu. Maka dari itu, penting untuk mencermati pengaturannya.

Caranya, bukalah Play Store > Settings > Auto-update apps. Di sana ada tiga pilihan yang bisa kamu gunakan. Jika kamu ingin menghindari update dengan paket data, jangan mengklik pilihan Over any network. Sebagai gantinya, pilihlah Over Wi-Fi only atau Don’t auto-update apps.

Baca Juga: Mulai Rp1 Jutaan, Daftar 8 Smartphone Murah Terbaik 2020 

4. Menghemat data saat browsing menggunakan Chrome

Biar Kuota Awet, Ini Cara Menghemat Paket Data di HP Androidandroidplanet.nl

Jika kamu sering menggunakan Google Chrome untuk browsing dan lainnya, kamu harus tahu bahwa browser tersebut menyedot banyak paket datamu. Namun jangan khawatir, ada cara untuk mengatasinya kok.

Chrome memiliki fitur penghematan data yang akan memperkecil data di setiap laman yang kita buka. Bagaimana caranya? Buka Chrome, kemudian klik tiga titik yang ada di bagian kanan atas. Klik Settings > Lite Mode > On

5. Menghemat data di WhatsApp

Biar Kuota Awet, Ini Cara Menghemat Paket Data di HP Androidytimg.com

Aplikasi pesan instan yang satu ini juga mengambil porsi banyak dari paket datamu. Ada beberapa cara untuk meminimalisasi hal ini.

Cukup buka Settings > Data and storage usage. Di sana kamu dapat mengatur agar download media tidak dilakukan secara otomatis. Kamu juga bisa mengaktifkan Low data usage untuk mengurangi pemakaian paket data saat telepon.

6. Manfaatkan aplikasi yang bisa digunakan secara offline

Biar Kuota Awet, Ini Cara Menghemat Paket Data di HP Androidtechhive.com

Sejumlah aplikasi bisa diakses secara offline tanpa harus menggunakan internet. Contohnya Spotify premium, Google Maps, dan lain-lain.

Kamu bisa mengunduh data-data yang diperlukan ketika tersambung dengan Wi-Fi. Setelahnya, manfaatkan offline mode yang tersedia.

7. Nyalakan mode Data saver

Biar Kuota Awet, Ini Cara Menghemat Paket Data di HP Androidwikihow.com

Cara terakhir yang dapat kamu coba adalah mode Data saver. Ketika menggunakannya, smartphone-mu akan menghentikan semua penggunaan paket data secara otomatis. Seluruh background data yang berjalan pun dihentikan. 

Bagaimana cara megaktifkan mode ini? Bukalah Settings > Connections > Data usage. Setelah itu geserlah toggle Data saver untuk mengaktifkan. Namun kamu harus tahu jika mengaktifkan Data saver, aplikasi tidak akan berjalan sesuai fungsinya.

Nah, kamu bisa pilih cara-cara di atas atau menggabungkannya sesuai dengan kebutuhan kamu. Semuanya tergantung kamu sendiri kok.

Baca Juga: Biar Gak Lemot, 7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Handphone

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya