Comscore Tracker

Jadi Pesaing TikTok, 7 Fakta Unik Instagram Reels

Mulai digemari di Indonesia

Saat ini TikTok sangat digemari, terutama kalangan muda. Tapi TikTok belakangan dapat saingan. Soalnya instagram kini punya Reels. 

Reels saat ini mencuri perhatian karena menjadi aplikasi video yang fiturnya gak kalah kaya. Berikut fakta soal Reels.

1. Apa itu Reels?

Jadi Pesaing TikTok, 7 Fakta Unik Instagram Reelsstartuptalky.com

Singkatnya, Instagram Reels merupakan cara baru untuk menciptakan konten video yang lebih menarik dan menyenangkan di Instagram Stories. Sama seperti TikTok, melalui Reels, pengguna dapat merekam dan mengedit video singkat berdurasi 15 detik, untuk kemudian dibagikan di Stories, Explore Feed maupun tab Reels baru di profil pengguna.

Selain bisa melihat Reels dari akun yang sudah diikuti, pengguna juga dapat melihat Reels dari akun yang sedang trending di Instagram. Isi halaman Explore tiap pengguna akan berbeda, tergantung siapa yang diikuti, jenis konten seperti apa yang dilihat dan di mana lokasi pengguna berada.

2. Perbedaan dengan TikTok

Jadi Pesaing TikTok, 7 Fakta Unik Instagram Reelstechinfa.com

Salah satu perbedaan paling signifikan di antara Reels dan TikTok adalah fakta bahwa Reels hanya membatasi penggunanya untuk membuat video berdurasi maksimal 15 detik. Di sisi lain, TikTok telah memperpanjang durasi maksimum menjadi 60 detik pada awal tahun ini.

Kepala produk Instagram – Vishal Shah, mengatakan bahwa Reels akan berbeda dengan TikTok dalam memberikan pengguna platform augmented reality yang lebih built-out, di samping menawarkan cara baru untuk membuat video-singkat secara langsung dari dalam Instagram, tempat yang telah mereka cintai dan tahu bagaimana menggunakannya.

3. Mengapa Instagram meluncurkan Reels

Jadi Pesaing TikTok, 7 Fakta Unik Instagram Reelsandroidpolice.com

Bisa dibilang, Reels hadir sebagai respons langsung terhadap meningkatkan popularitas TikTok dalam 12 bulan terakhir. Adweek menyebut bahwa TikTok menjadi “aplikasi yang paling banyak diunduh dalam satu kuartal” pada Q1 2020.

Selain itu, demografi TikTok juga berubah dengan cepat, di mana Millennial yang merupakan target terbaik untuk pengiklan, kini memiliki pangsa yang lebih besar dibanding sebelumnya. Karenanya, tak heran jika Instagram kemudian tertarik untuk mengikuti TikTok, terutama di negara di mana TikTok belum begitu booming seperti Brazil.

Baca Juga: Di Reels Bisa Bikin Konten Apa Saja? Coba Dulu 5 Ide Ini

4. Cara membuat video Reels

Jadi Pesaing TikTok, 7 Fakta Unik Instagram Reelsandroidauthority.com

Reels merupakan mode baru pada menu kamera Instagram Stories, yang terletak di bagian bawah di samping “Story.” Jika sudah bisa mengaksesnya, pengguna akan menemukan tiga menu di bagian samping kanan yaitu “Audio” untuk menambahkan lagu, “Speed” untuk mengatur kecepatan video, “Effects” untuk mengaplikasikan efek atau filter AR dan “Timer” untuk mengatur berapa panjang durasi video Reels.

Pada dasarnya, cara menggunakan Reels tidak jauh berbeda dengan cara menggunakan Stories biasa. Jika masih bingung, simak video di bawah untuk lebih lengkapnya.

5. Jadi alternatif baru untuk menjangkau fans bagi para kreator

Jadi Pesaing TikTok, 7 Fakta Unik Instagram Reelsmsn.com

Selain menjadi cara baru untuk menggunakan Instagram, Reels juga menjadi alternatif anyar untuk membangun komunitas dan meningkatkan jangkauan di Instagram – terutama bagi para kreator. Ini merupakan jalan menarik dan menyenangkan untuk berbagi konten kreatif dengan para penggemar.

Meski baru di tahap awal, lewat nama besar Instagram itu sendiri, Reels telah membuktikan bahwa ia dapat menjadi tempat untuk brand dan kreator dalam berkolaborasi. Salah seorang fotografer asal Paris – Janelle Sweeney, bahkan telah melihat ‘engagement’-nya naik, setelah menggunakan Reels hanya selama beberapa minggu.

6. Apa selanjutnya untuk Reels

Jadi Pesaing TikTok, 7 Fakta Unik Instagram Reelsfb.com

Ketika Instagram meluncurkan fitur Stories pada tahun 2016, terdapat 150 juta pengguna. Kini, setelah empat tahun, ada lebih dari 500 juta pengguna yang membuat Stories setiap harinya. Jika hal tersebut merupakan indikasi, maka Reels nampaknya akan memiliki masa depan yang cerah.

Bukan tidak mungkin jika Instagram terus memberikan update menarik, Reels akan dapat mengalahkan TikTok dalam beberapa tahun ke depan. Sementara itu, jika kamu tertarik untuk memanfaatkan Reels sebagai tempat mendulang popularitas, ada baiknya untuk menggunakannya lebih awal saat persaingan masih sangat rendah.  

Nah, itulah beberapa fakta soal Reels, pesaing TikTok yang kini digemari. Kamu sudah main Reels?

Baca Juga: TikTok Hapus 7,3 Juta Akun Pengguna di Bawah Umur

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya