Comscore Tracker

Salut! Ini 7 Karya Indonesia yang Diakui Dunia dan Sudah Dipatenkan

Pemindai Otak 4D ternyata buatan Anak Negeri

Siapa bilang orang Indonesia minim inovasi dan kurang kreatif. Terbukti cukup banyak karya orang Indonesia yang mendunia. Bahkan karya-karya tersebut sudah di-hak patenkan.

Untuk itu sekaligus memperingati Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang diperingati setiap 26 April setiap tahunnya, ini beberapa inovasi dari Indonesia yang sudah diakui dunia.

1. Konstruksi cakar ayam

Salut! Ini 7 Karya Indonesia yang Diakui Dunia dan Sudah Dipatenkanpinterest.co.uk

Ini adalah teknologi dalam bidang konstruksi yang mana berbentuk pondasi bangunan. Ditemukan oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo pada 1961, pondasi ini memungkinkan sebuah bangunan dapat dibangun di atas tanah yang memiliki struktur lunak, seperti rawa. Teknologi ini sudah dipatenkan di lebih dari 40 negara.

Baca Juga: Anak Medan Jadi Pemenang Online Qualifier FIFA 19 FUT PS4

2. Metode Habibie

Salut! Ini 7 Karya Indonesia yang Diakui Dunia dan Sudah Dipatenkanyoutube.com ruudabiyoga

Namanya sudah jelas langsung mengarahkan kita ke mantan presiden Indonesia B.J. Habibie. Sumbangannya ke Indonesia tak hanya berupa kepimpinannya dalam pemerintahan, namun juga teori dan metode penerbangan. Lewat penemuan teknologi ini, Habibie menjadi orang pertama di dunia yang menunjukkan cara bagaimana menghitung keretakan pesawat hingga ke tingkat atom-atomnya.

3. Pemindai Otak 4D

Salut! Ini 7 Karya Indonesia yang Diakui Dunia dan Sudah Dipatenkanpond5.com

Warsito P. Taruno adalah orang pertama di dunia yang menemukan pemindai aktivitas otak. Memiliki singkatan ECVT, teknologi memungkinkan para ilmuwan untuk melakukan riset tentang otak dengan mengukur sinyal-sinyal listrik yang dihasilkan, lalu merekonstruksi kembali volumetrik dan aktivitas otak. Sayangnya, hak paten untuk ECVT itu dimiliki oleh Amerika.

4. Bahan bakar membran sel

Salut! Ini 7 Karya Indonesia yang Diakui Dunia dan Sudah Dipatenkanarstechnica.com

Sulit dipahami teknologi ini, tetapi intinya bahan bakar membran sel ini akan dapat menghasilkan listrik yang ramah. Eniya Listiani Dewi menemukan cara bagaimana mengubah hidrogen menjadi listrik. Tidak seperti bahan bakar minyak yang datang dari fosil yang dapat habis sewaktu-waktu, teknologi Eniya ini memungkinkan kita untuk terus menggunakannya, tanpa perlu khawatir akan kehabisan.

5. Teknik Sosrobahu

Salut! Ini 7 Karya Indonesia yang Diakui Dunia dan Sudah Dipatenkangoodnewsfromindonesia.id

Jika kalian melihat adanya pembangunan flyover, namun tetap bisa berjalan, maka berterimakasihlah kepada Sosrobahu. Sosrobahu adalah teknik konstruksi jalan yang memungkinkan membangun flyover dengan kemacetan yang minimal. Teknik ini didesain oleh Tjokorda Raka Sukawati dan digunakan oleh negara-negara di Asia.

6. Kontainer limbah nuklir

Salut! Ini 7 Karya Indonesia yang Diakui Dunia dan Sudah Dipatenkanjapantimes.co.jp

Teknologi kontainer nuklir ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Ir. Yudi Utomo Imardjoko. Teknologi ini bisa ada berkat adanya permintaan Amerika untuk membuat teknologi ini, dikarenakan adanya kekhawatiran limbah nuklir yang makin menumpuk di sana.

Keberhasilan Yudi sangat membanggakan. Namun sangat disayangkan, teknologi ini belum terpakai di Indonesia, karena belum adanya penggunaan nuklir untuk pembangkit listrik.

7. Teori dua Fast Fourier Transform

Salut! Ini 7 Karya Indonesia yang Diakui Dunia dan Sudah Dipatenkanprimesatellitebroadband.com

Siapa yang menyangka jika sinyal 4G yang kita nikmati menggunakan smartphone sekarang ini merupakan pengaplikasian konsep dari teori yang ditemukan anak bangsa. Khoirul Anwar dari Kediri mendapatkan konsep Fast Fourier Transform yang memungkinkan terciptanya 4G dengan kecepatan jauh lebih tinggi dari 3G.

Karya-karya tersebut membuat kamu semua termotivasi kan? Untuk menciptakan karya-karya baru yang juga bisa diakui dunia. Jangan lupa di-hak patenkan ya.

Baca Juga: Demam Avengers di Medan, Ada yang Sampai Pakai Kostum Spiderman

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya