Comscore Tracker

Berkat Inovasi Hebat, 7 Game PC Ini Berhasil Mengubah Dunia Game

Kamu harus mencoba setidaknya sekali

Pada tahun 1990-an kita hanya bisa memainkan game bawaan PC seperti Solitaire, FreeCell, Minesweeper, dan lainnya.

Era 2000-an sudah mulai hadir game-game yang bisa di install ke PC. Sejak saat itu perkembangan game di dunia melaju pesat.

Hingga kini ada banyak game yang bisa kita install. Tinggal sebut mau genre apa, semuanya ada. 

Dalam beberapa dekade perkembangannya, ternyata ada game tertentu yang berhasil mengubah tren yang ada. Tentunya ini membuat dunia game semakin menarik dan maju. Apa saja ya? Yuk cek daftarnya berikut ini!

1. Doom

Berkat Inovasi Hebat, 7 Game PC Ini Berhasil Mengubah Dunia Gamevox-cdn.com

Game yang dirilis pada 10 Desember 1993 ini memelopori game first-person shooter atau FPS. Dilansir dari Quartz, ini adalah salah satu game paling signifikan sepanjang sejarah. Dalam kurun waktu dua tahun saja, Doom telah dimainkan 15 hingga 20 juta orang yang tersebar di berbagai negara.

Cara memainkannya cukup sederhana. Kamu mengendalikan pesawat luar angkasa, memegang senjata, dan bekerja di labirin militer untuk mengalahkan lawan yang disebut sebagai demons

2. World of Warcraft

Berkat Inovasi Hebat, 7 Game PC Ini Berhasil Mengubah Dunia Gameblizzard.com

World of Warcraft (WoW) adalah salah satu massively multiplayer online role-playing games (MMORPG) terpopuler dalam sejarah. Sejak tahun 2004 popularitasnya tidak pernah redup. Ia berhasil menghubungkan banyak orang secara global untuk bermain di dunia fantasinya.

Dilansir dari Gadgets 360, hingga tahun 2017 WoW berhasil mendapatkan pemasukan sebesar US$9.23 miliar atau setara dengan Rp132,2 triliun. Ini membuatnya mendapatkan gelar sebagai video game terlaris sepanjang masa.

3. The Sims

Berkat Inovasi Hebat, 7 Game PC Ini Berhasil Mengubah Dunia Gameytimg.com

Siapa yang tidak kenal The Sims? Game yang diluncurkan pada tahun 2000 itu dengan cepat menjadi fenomena global. Padahal awalnya banyak pihak yang menyangsikan apakah game itu akan terjual di pasaran. Namun nyatanya, beberapa saat setelah peluncuran, ia menjadi best-seller.

Hingga saat ini masih banyak orang yang menggemari The Sims. Terbukti dengan munculnya sekuel hingga The Sims 4 (2014). Orang-orang menyukai game ini karena mereka bisa membangun kehidupan sesukanya. Saking serunya, pemain The Sims bisa menghabiskan waktu berjam-jam.

Baca Juga: Mobile Legends: Adventure, 8 Pengalaman Seru Memainkan Gamenya!

4. Half-Life 2

Berkat Inovasi Hebat, 7 Game PC Ini Berhasil Mengubah Dunia Gamegamewatcherstatic.com

Half-Life 2 adalah game first-person shooter (FPS) yang dipublikasikan oleh Valve Corporation di tahun 2004. Selain menembak, kamu akan mendapatkan jalan cerita yang menarik. Karaktermu pun terlibat di dalamnya sehingga banyak orang yang tidak bisa lepas dari game ini.

Banyak aspek yang membuat game ini inovatif. Mulai dari animasi, suara, kecerdasan buatan, grafis, dan naratif, semuanya telah dipuji oleh kritikus game. Selain itu, ada banyak prestasi yang sudah diraih Half-Life 2. Salah satunya adalah “Game of the Decade” di Spike Video Game Awards 2012.

5. The Secret of Monkey Island

Berkat Inovasi Hebat, 7 Game PC Ini Berhasil Mengubah Dunia Gamelasalaoscura.com

The Secret of Monkey Island adalah game petualangan yang dirilis pada tahun 1990 oleh Lucasfilm. Dilansir dari Tech Radar, ia adalah pelopor dari point-and-click adventure game. Tidak hanya itu, pemain juga menyukai perpaduan antara grafis, suara, dan plot yang dimilikinya.

Pemain akan diminta untuk mengontrol Threepwood, seorang bajak laut yang ingin menemukan harta karun. Di sepanjang permainan, kamu akan disuguhi komedi, cerita, dan tantangan yang menarik. 

6. Grand Theft Auto

Berkat Inovasi Hebat, 7 Game PC Ini Berhasil Mengubah Dunia Gameexpress.co.uk

Grand Theft Auto atau yang dikenal sebagai GTA adalah game kontroversial yang sangat berpengaruh. Pasalnya pemain harus melakukan berbagai macam kejahatan dan kekerasan di dalamnya. Mulai dari mencuri, menerobos tempat tertentu, hingga membunuh orang.

Saking kontroversialnya, GTA V yang dirilis tahun 2013 sempat dihentikan di Australia. Walaupun begitu, game ini tetap diminati banyak orang. Terbukti dengan angka penjualan yang berhasil dicetak. Hanya dalam tiga hari, penjualan GTA V berhasil menembus US$ 1 miliar atau setara dengan Rp14,3 triliun.

7. Civilization

Berkat Inovasi Hebat, 7 Game PC Ini Berhasil Mengubah Dunia Gameytimg.com

Civilization adalah game strategi yang dirilis pada tahun 1991. Kamu akan berada di tahun 4.000 SM dan ditantang untuk membangun kerajaan. Dilansir dari Tech Radar, ia terinspirasi dari board game

Ciri khasnya adalah ia menggunakan 4X genre. Pemain akan dinyatakan menang jika telah melalui 4 rute, yaitu “eXplore, eXpand, eXploit, and eXterminate". Walaupun dulunya ia memiliki grafis yang kurang menarik, Civilization terus dikembangkan. Kini tampilannya tidak diragukan lagi. 

Nah dari ketujuh game tersebut, mana nih yang paling sering kamu mainkan?

Baca Juga: Ini 10 Game Bertema Ice Hockey Terbaik untuk Android, Coba Aja deh!

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You