Comscore Tracker

Dikritik, 8 Game Legenda yang Paling Kontroversial Dalam Sejarah

Tapi beberapa akan dirilis ulang lagi

Bermain video game adalah sarana mengisi waktu luang untuk menyenangkan hati dan pikiran. Ada pula yang bermain game dengan serius karena memang saat ini cukup menjanjikan dengan ditampung dalam E-sport.

Game juga punya berbagai genre. Tapi sejarah game juga gak bisa dilepaskan dari hal-hal kontroversial di dalamnya. 

Ada beberapa game yang disorot karena dianggap mengajarkan kekerasan dan hal-hal buruk lainnya. Game-game kontroversial apa saja yang dimaksud? Ini ulasannya.

1. Grand Theft Auto: San Andreas

https://www.youtube.com/embed/EBeoWBXmgw8

Seluruh judul game GTA sebenarnya selalu kontroversial, tetapi San Andreas adalah yang terparah. Itu karena di dalamnya terdapat mini-game seks yang seharusnya dihapus oleh Rockstar.

2. Death Race (1976)

https://www.youtube.com/embed/iFSkL3W9yRg

Anggaplah ini permainan GTA pada era itu. Walaupun mobilnya tidak jelas terlihat dan begitu pula yang dilindas, Death Race menuai amarah masyarakat hingga harus dilarang permainannya.

3. Mortal Kombat

https://www.youtube.com/embed/3RjvHpfI56k

Semenjak diperkenalkan pertama kali pada 1992, Mortal Kombat langsung mendapat sorotan media karena kekhasan fatality-nya yang sangat brutal. Semenjak itu Mortal Kombat menjadi populer di kalangan gamer.

4. Carmageddon

https://www.youtube.com/embed/yqrftlCAic0

Game balapan buatan Inggris. Game ini dilarang di sana karena memberikan poin tiap kali melindas orang. Seri game ini rencananya akan diluncur ulang untuk bernostalgia.

Baca Juga: Cari 8 Finalis, Serunya Kualifikasi Game First Warriors di Medan

5. Manhunt

https://www.youtube.com/embed/_cLpnTY_Crs

Bisa terbilang Manhunt adalah salah satu game tersadis yang pernah ada. Sebagai pembunuh berantai, kamu akan melakukan eksekusi kepada lawanmu dan itu digambarkan dengan sangat jelas.

6. Call of Duty: Modern Warfare 2

https://www.youtube.com/embed/YoQVCxVgKxo

Yang kontroversial dari game ini adalah adanya misi untuk menghabisi penduduk sipil di bandara.

7. Bully

https://www.youtube.com/embed/88KNf0MtU14

Game yang menampilkan kehidupan sekolah. Sayangnya, kehidupan sekolah ini dipenuhi aksi bullying yang membuat orang-orang geram dan membuat munculnya pergerakan anti-bullying.

8. Postal

https://www.youtube.com/embed/ywFU0fuqE9k

Antara keabsurdan dan kesadisan dikombinasikan menjadi satu dalam game ini. Kontroversial dari Postal adalah kamu bisa menyerang orang-orang tak bersalah di jalan dengan brutal.

Tentu saja game-game di atas cukup populer, dan kemungkinan juga sudah kalian mainkan. Bahkan ada beberapa judul game yang akan dirilis ulang sesuai zaman sekarang. Apa saja?

Baca Juga: Gak Usah Pusing Mikirin Kuota, 10 Game Mobile Offline Terbaik

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya